Mungkinkah Manusia Bertahan Hidup Tanpa Tidur? Ini Faktanya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ada segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau tidur cukup setidaknya selama 7-8 jam dalam sehari. Jika terlalu banyak atau bahkan sedikit, tentu ada efek buruk yang mengintai kesehatan tubuh. Lalu, bagaimana kalau aktivitas Anda masih normal seperti biasa, tapi tanpa tidur sama sekali? Berapa lama Anda mampu tetap hidup?

Berapa waktu maksimal manusia bisa tetap hidup tanpa tidur?

Total waktu tidur yang diperlukan masing-masing orang setiap harinya tidaklah sama. Umumnya, bayi dan anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama ketimbang orang dewasa. Namun, apa jadinya kalau Anda tidak tidur berhari-hari? Mungkinkah masih bisa tetap hidup?

Jawabannya tentu saja bisa. Dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Occupational Medicine and Environmental Health. Hasilnya menemukan bahwa waktu paling lama seseorang dapat hidup tanpa tidur yakni sekitar 264 jam alias 11 hari berturut-turut.

Meski begitu, kisaran waktu tersebut hanyalah perkiraan waktu saja. Penelitian tersebut didapat dari rekor seseorang tanpa tidur paling lama di tahun 1965, yang mampu terjaga selama sekitar 11 hari.

Singkatnya, sebenarnya sejauh ini belum ada pernyataan yang benar-benar memastikan berapa lama waktu Anda akan tetap hidup tanpa tidur sama sekali. Namun kemungkinan, 11 hari adalah jawabannya.

dampak stres bikin tidur tidak nyenyak

Adakah dampak jika seseorang tidak tidur sama sekali?

Kurang tidur saja bisa berakibat buruk terhadap kesehatan, apalagi tetap beraktivitas sehari-hari tapi tanpa tidur sama sekali. Ada orang yang mungkin bisa tetap terjaga meski tidak tidur sampai 3 hari alias 72 jam. Namun, tidak dengan sebagian orang lainnya yang justru merasakan efek buruk dari tidak tidur selama berhari-hari.

Selain merasakan kantuk parah, tidak tidur lebih dari 3 hari dapat menghambat fungsi otak dalam berpikir, berkonsentrasi, mengingat, memerhatikan sesuatu, dan lain sebagainya. Itu sebabnya, beraktivitas tanpa tidur sama sekali bisa mengacaukan semua kegiatan yang Anda lakukan.

Selain itu, emosi orang yang tidak tidur selama beberapa hari pasti akan kacau balau. Contoh mudahnya, Anda akan sangat mudah tersinggung oleh perkataan maupun sikap orang lain, yang sebenarnya terbilang sepele. Tak menutup kemungkinan, beraktivitas tanpa tidur sama sekali bisa membuat Anda mengalami depresi, kecemasan, hingga paranoid.

Lebih dari itu, Anda mungkin saja mengalami halusinasi yang membuat Anda melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Bahkan, Anda harus menuai efek jangka panjang jika sering bertahan tidak tidur dalam waktu yang cukup lama.

Ini akan membuat kekebalan tubuh menurun sehingga memperbesar risiko Anda terserang penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, serta gangguan kejiwaan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Remaja SMP dan SMA Ternyata Butuh Waktu Tidur Lebih Banyak, Lho!

Anak remaja khususnya yang masih duduk di bangku sekolah membutuhkan waktu tidur yang cukup. Remaja juga membutuhkan tidur yang lebih lama. mengapaM

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Remaja, Kesehatan Remaja, Parenting 25 November 2018 . Waktu baca 4 menit

Gampang Tidur di Segala Situasi, Ada yang Salah Tidak, Sih, Dengan Jam Tidur Saya?

Padahal baru beberapa detik menyentuh kasur. Akan tetapi, kok, sudah langsung tertidur begitu saja? Coba cek kembali, sudah benarkah jam tidur Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Pola Tidur Sehat 13 November 2018 . Waktu baca 4 menit

8 Hal Tak Terduga yang Diam-Diam Membuat Anda Sulit Tidur Nyenyak

Masih saja susah tidur, padahal sudah menghindari ngopi sore-sore? Coba ingat-ingat kembali, apakah Anda baru saja mendapat kabar bahagia hari itu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Pola Tidur Sehat, Insomnia 8 Juli 2018 . Waktu baca 6 menit

Istirahat Sebentar Saat Otak Bekerja Keras Bisa Mempertajam Ingatan

Daripada memforsir otak terus-terusan, luangkan waktu sekejap untuk istirahat. Istirahat di sela-sela pekerjaan berat bisa mempertajam ingatan Anda, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Otak dan Saraf 27 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mitos tentang tidur

Mengenal 4 Tahapan Tidur: Dari “Tidur Ayam” Hingga Tidur Pulas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
tidur siang bikin gemuk

Benarkah Tidur Siang Bisa Bikin Badan Gemuk?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Waktu istirahat untuk anak

Tak Melulu Bermain, Waktu Istirahat Juga Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 30 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
efek tidak tidur

Apa Akibatnya Jika Kita Tidak Tidur Selama Berhari-hari?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit