Apa itu kutu air (athlete's foot)?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu kutu air (athlete’s foot)?

Kutu air, yang dikenal juga dengan istilah tinea pedis atau athlete’s foot, adalah infeksi jamur yang biasa terjadi antara telapak kaki dengan bagian samping kaki.

Seberapa umumkah kutu air (athlete’s foot)?

Kutu air merupakan salah satu infeksi jamur paling umum yang terjadi pada kulit, biasanya ditemukan pada orang yang suka memakai sepatu yang sempit dan berkeringat. Hal ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor risikonya. Silahkan konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kutu air (athlete’s foot)?

Gejala kutu air yang mungkin terjadi meliputi ruam merah dan gatal di antara telapak kaki, sensasi panas, kulit pecah-pecah dan terkelupas. Beberapa tipe kutu air menyebabkan lecet dan bisul sementara yang lain mungkin menyebabkan kekeringan yang kronis yang dapat menyebabkan eksim.

Jika Anda menggaruk atau menyentuh telapak kaki, infeksinya dapat menyebar ke tangan Anda. Hal ini juga dapat menginfeksi kuku Anda, di mana hal ini akan lebih sulit diatasi karena kuku kebal terhadap pengobatan

Ada gejala lain yang tidak tertera di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai gejala apapun, silahkan konsultasikan pada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mengalami tanda atau gejala yang tertera di atas atau punya pertanyaan, silahkan konsultasikan dengan dokter Anda. Tubuh setiap orang memiliki reaksi berbeda-beda. Jalan terbaik adalah dengan mengkonsultasikannya dengan dokter tentang apa yang terbaik untuk situasi Anda.

Penyebab

Apa penyebab kutu air (athlete’s foot)?

Kutu air atau athlete’s foot disebabkan oleh pertumbuhan jamur pada lapisan teratas kulit. Jamur yang menyebabkan penyakit ini biasanya ada di kaus kaki lembab, sepatu basah, dan kelembaban di antara telapak kaki Anda. Anda dapat tertular dari orang yang terinfeksi atau objek lain yang terkontaminasi seperti handuk, sepatu, kaus kaki, dan bahkan lantai.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kutu air (athlete’s foot)?

Ada dua macam faktor yang meningkatkan risiko Anda untuk terkena kutu air, seperti:

Faktor risiko yang tidak dapat Anda ubah:

  • Pria
  • Riwayat keluarga dengan infeksi jamur
  • Memiliki sistem imun yang lemah
  • Tinggal di iklim hangat dan lembab
  • Memasuki fase dewasa akhir.

Faktor risiko yang dapat Anda ubah:

  • Kaki Anda lembab
  • Anda mengenakan sepatu sempit dengan ventilasi yang sedikit
  • Anda menggunakan pancuran mandi umum atau ruang loker tanpa menggunalan sepatu mandi
  • Anda beraktivitas di air untuk waktu yang lama.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana kutu air (athlete’s foot) didiagnosis?

Dokter mendiagnosis gejala Anda dengan melihat kaki Anda. Dokter juga akan bertanya gejala Anda dan infeksi jamur lain yang pernah Anda alami.

Jika gejala Anda tidak biasa atau jika tidak bisa ditangani, mereka akan mengumpulkan sampel kulit atau kuku untuk memeriksanya di laboratorium seperti KOH atau budaya jamur.

Apa saja pengobatan untuk kutu air (athlete’s foot)?

Pada kebanyakan kasus, kutu air dapat ditangani dengan krim di apotek biasa. Jika kondisi Anda tidak membaik, Anda dapat meminta obat atau pil resep kepada dokter. Sangatlah penting untuk menjaga kaki Anda tetap bersih dan kering selalu karena jamur memerlukan kelembaban untuk tumbuh.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutu air (athlete’s foot)?

Selain menjaga kaki tetap kering, sangatlah penting juga untuk mengganti kaus kaki Anda secara teratur, terutama jika Anda banyak berkeringat. Hentikan pemakaian sepatu yang terbuat dari bahan sintetis dan jangan gunakan sepatu yang sama setiap harinya. Berbagi sepatu tidak direkomendasikan. Jangan pernah berjalan tanpa alas kaki ketika Anda berada di tempat umum.

Jika Anda telah terinfeksi, Anda harus ditangani secepat mungkin. Ikuti arahan dokter Anda tentang bagaimana menggunakan pengobatan topical agar jamur benar-benar sepenuhnya mati.

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan konsultasikan pada dokter untuk pengertian yang lebih lanjut tentang solusi terbaik untuk Anda.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 28, 2017 | Terakhir Diedit: April 28, 2017

Yang juga perlu Anda baca