Definisi

Apa itu cerebral palsy?

Cerebral palsy adalah nama sekelompok kondisi yang memengaruhi otot dan saraf. Penyakit ini bukan bawaan, tapi dimulai dari tahap awal kehidupan yaitu sejak lahir. Ada tiga jenis cerebral palsy (CP) adalah spastic (paling umum), athetoid, dan ataxic.

CP adalah kondisi seumur hidup yang tidak akan memburuk, dan kebanyakan anak dengan CP memiliki aktivitas sehari-hari yang normal pula.

Beberapa orang terkena penyakit yang ringan dan dapat hidup cukup normal. Yang lainnya mengalami gejala yang lebih parah. Banyak orang memiliki tingkat kecerdasan yang normal meskipun mengalami cacat fisik yang para

Seberapa umumkah cerebral palsy?

Cerebral palsy adalah kondis yang bisa terjadi pada bayi baru lahir dan anak kecil.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala cerebral palsy?

Cerebral palsy adalah kondisi yang bisa terjadi dengan tingkat ringan, sedang, atau parah. Gejala termasuk pergerakan lengan dan kaki yang abnormal, bayi sulit makan, bentuk otot yang buruk pada awal kehidupan, perkembangan berjalan dan berbicara yang lambat, postur tubuh abnormal, kejang otot, tubuh kaku, koordinasi yang buruk, dan mata yang terlihat marah.

Pada anak dengan cerebral palsy spastic, biasanya memiliki otot yang menyempit, dengan pergerakan yang kaku, terutama pada kaki, lengan, dan punggung.

Sedangkan cerebral palsy athetoid adalah kondisi yang memengaruhi seluruh tubuh sehingga anak memiliki masalah keseimbangan dan koordinasi. Mereka memiliki pergerakan yang lambat dan tidak terkendali serta bentuk otot yang buruk yang membuat mereka sulit duduk tegap dan berjalan.

Gejala CP campuran adalah kombinasi kedua jenis ini. Terkadang anak dengan CP bisa memiliki kesulitan belajar, mendengar, atau melihat, atau keterbelakangan mental. Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang tanda ini, konsultasikanlah kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis awal dapat membantu mencegah banyak gejala dan mengontrol penyakit dengan lebih baik. Bila Anda melihat adanya tanda dan gejala di atas atau masalah koordinasi dan fungsi otot pada anak Anda, konsultasikanlah kepada dokter.

Penyebab

Apa penyebab cerebral palsy?

Penyebab cerebral palsy adalah karena adanya cedera pada bagian otak yang mengontrol kemampuan untuk menggunakan otot. Cerebral berarti berhubungan dengan otak. Palsy berarti kelemahan atau kesulitan menggunakan otot. Ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan anak mengalami cerebral palsy:

  • Ibu mengalami cedera pada masa hamil, atau bayi mengalami cedera dalam proses persalinan atau masa awal kanak-kanak
  • Tidak mendapatkan cukup oksigen selama atau setelah lahir
  • Infeksi (misalnya campak jerman) yang menular dari ibu ke bayi
  • Infeksi serius pada bayi yang baru lahir

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk cerebral palsy?

Ada banyak faktor risiko yang meningkatkan risiko Cerebral palsy seperti:

  • Ibu mengalami cedera atau infeksi selama kehamilan.
  • Anak tidak mendapatkan cukup oksigen di dalam kandungan.
  • Cedera atau infeksi pada masa awal kanak-kanak.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk cerebral palsy?

Cerebral palsy adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan, tapi gejala dan cacat dapat dibantu dengan terapi fisik, terapi okupasi, konseling psikologi, dan operasi. Terapi fisik membantu anak mengembangkan otot yang lebih kuat dan bekerja dengan keahlian seperti berjalan, duduk, dan keseimbangan. Alat tertentu seperti penyangga logam untuk kaki, atau pembebat, mungkin juga bermanfaat bagi anak. Dengan terapi okupasi, anak mengembangkan kemampuan motorik yang baik, misalnya untuk memakai baju, makan, dan menulis. Terapi bicara dan bahasa membantu anak dengan kemampuan berbicara. Anak dan keluarga dibantu dengan pendukung, pendidikan khusus, dan servis yang terkait.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk cerebral palsy?

Dokter akan memeriksa fisik dan pergerakan anak dengan hati-hati. Dokter mungkin menyuruh tes untuk memastikan CP, termasuk CT dan MRI otak, ultrasound, dan tes konduksi saraf.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi cerebral palsy?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin membantu mengatasi cerebral palsy:

  • Hindari risiko seperti campak jerman selama kehamilan.
  • Hubungi dokter tentang pengobatan yang membantu mengurangi gejala.
  • Cari tahu sekolah dengan pendidikan khusus dan layanan yang terkait untuk anak
  • Bersikap positif tentang orang dengan CP.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 14, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 14, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan