Penyebab Ambeien yang Sebaiknya Anda Ketahui

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Ambeien atau dikenal juga dengan wasir memang umum terjadi, terutama pada orang dewasa. Gejalanya cukup mengganggu aktivitas. Pada beberapa kasus, ambeien bisa menyebabkan BAB berdarah. Sebenarnya, apa saja penyebab ambeien? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Penyebab ambeien yang mungkin Anda alami

penyebab anus panas saat bab setelah makan pedas

Ambeien atau dikenal dengan istilah wasir dan hemoroid adalah peradangan dan pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus. Adanya pembengkakan dapat menyebabkan nyeri dan gatal pada anus.

Terkadang wasir juga disertai gejala lain, salah satunya adalah BAB berdarah. Jika tipe ambeien yang dimiliki adalah ambeien eksternal, pembengkakan berada di luar anus. Kondisi ini menandakan bahwa pembuluh darah yang membengkak telah pecah atau adanya luka akibat gesekan dengan feses yang mengeras.

Guna mencegah ambeien, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang diketahui jadi penyebab ambeien.

1. Kehamilan (penyebab umum ambeien)

Kehamilan adalah satu penyebab ambeien atau wasir pada wanita. Setelah diselidiki, ternyata ini ada hubungannya dengan perubahan fisik pada ibu hamil.

Saat hamil, ukuran rahim akan membesar karena janin juga berkembang. Membesarnya rahim ini memberikan tekanan pada pembuluh darah di dekat anus sehingga menghambat aliran darah. Akibatnya, darah jadi tidak lancar dan membuat pembuluh darah membengkak. Pembengkakan inilah yang bisa membuat ibu hamil rentan terkena ambeien.

Di samping itu, kehamilan juga menjadi penyebab ambeien karena perubahan hormon dalam tubuh. Selama kehamilan, hormon progesteron dan volume darah meningkat.

Kondisi ini dapat melemaskan dinding pembuluh darah. Tentunya hal ini akan menimbulkan masalah mengingat volume darah yang meningkat saat hamil juga membuat aliran darah lebih banyak. Pada akhirnya, pembuluh darah di anus jadi lebih mudah membengkak dan jadi penyebab wasir.

2. Penuaan

Usia seseorang yang bertambah tua juga bisa menjadi penyebab wasir. Semakin tua umur seseorang, semakin rentan dirinya terkena sembelit.

Ini terjadi karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di anus jadi melemah dan meregang. Akibatnya, aliran darah jadi terhambat dan memicu pembengkakan.

Dikutip dari situs Mayo Clinic, ambeien sangat umum terjadi pada orang dewasa yang berusia 45 hingga 65 tahun, meskipun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang yang usianya lebih muda.

3. Diare kronis

Diare yang tidak sembuh-sembuh bisa jadi penyebab wasir yang mungkin tak pernah Anda sadari. Terlebih apabila Anda bolak-balik BAB menggunakan toilet jongkok.

BAB yang sering dan terlalu lama, terlebih bila Anda mengejan terlalu keras, akan memberikan tekanan berlebih pada dinding pembuluh darah di sekitar anus dan rektum. Bahkan, diare kronis bisa membuat ambeien yang telah ada menjadi semakin teriritasi.

Penyebab ambeien ini kemungkinan besar terjadi pada orang yang memiliki masalah pada usus, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit crohn, kanker usus besar, atau keracunan makanan.

4. Sembelit kronis

Sama seperti diare kronis, sembelit yang kronis juga bisa jadi penyebab ambeien (wasir). Pasalnya, kondisi ini juga membuat Anda lebih lama menghabiskan waktu di kamar mandi karena susah mengeluarkan feses.

Tekanan yang besar saat mengejan ini bisa membuat aliran darah di pembuluh vena pada sekitar usus jadi terhambat, membengkak, dan akhirnya menyebabkan ambeien.

Penyebab ambeien ini sangat mungkin terjadi pada orang dengan masalah pada usus, seperti diabetes, IBS, atau depresi. Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antasida atau suplemen kalsium juga bisa jadi penyebab sembelit yang meningkatkan risiko wasir.

5. Kurang serat

Selain masalah kesehatan, sembelit yang jadi penyebab ambeien juga bisa disebabkan oleh asupan makanan berserat yang tidak mencukupi. Padahal serat berfungsi untuk melunakkan feses sehingga BAB jadi lebih lancar.

Maka dari itu, hindari konsumsi makanan yang jadi pemicu ambeien seperti produk olahan susu, daging merah, dan roti putih. Perbanyak makan makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

5. Kegemukan

Kegemukan bisa jadi penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk ambeien. Diketahui bahwa kelebihan berat badan pada tubuh bisa memberikan tekanan pada pembuluh darah di anggota tubuh bagian bawah.

Tekanan tersebut mempersempit aliran darah di pembuluh darah vena sehingga akhirnya terbentuklah pembengkakan. Pembengkakan vena di anus inilah yang Anda kenal sebagai ambeien.

7. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dengan posisi yang sama bisa menyebabkan ambeien. Pasalnya hal ini dapat memberikan tekanan berlebih pada pinggul yang memicu pembengkakan pada vena hingga akhirnya menimbulkan benjolan wasir.

Anda mungkin saja duduk lebih lama karena pekerjaan, sering melakukan perjalanan panjang, atau memang bermain ponsel ketika sedang buang air besar.

8. Mengangkat barang berat

Terlalu sering mengangkat barang berat bisa menekan perut dan pembuluh vena di sekitar anus dan rektum. Apalagi jika Anda melakukannya dengan teknik yang salah, maka risikonya pun akan meningkat. Membawa barang berat ini sama efeknya ketika Anda hamil atau kelebihan berat badan.

9. Faktor keturunan

Ambeien bisa menjadi salah satu penyakit yang diturunkan. Jika orangtua atau anggota keluarga dekat Anda yang lain pernah mengalami wasir, maka risiko Anda terkena penyakit ini pun akan meningkat.

Penyebab ambeien seperti ini memang tidak bisa dihindari. Namun, Anda masih punya kesempatan untuk mengurangi risiko terjadinya. Kuncinya dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan mentaati pantangan yang akan menjauhkan Anda dari risiko penyakit ini.

10. Melakukan seks anal

Seks anal adalah memasukkan penis, jari, atau benda asing ke dalam anus untuk meningkatkan kepuasaan seksual. Praktik seks ini ternyata dapat menjadi salah satu penyebab ambeien.

Ini kemungkinan terjadi karena anus tidak dapat melumasi areanya secara alami saat penetrasi, sehingga menimbulkan adanya gesekan dan tekanan besar pada pembuluh darah vena di anus.

Tahu penyebab ambeien itu penting

cara mengatasi ambeien

Memahami penyebab ambeien adalah hal yang penting. Hal ini akan mempermudah proses pemeriksaan dan diagnosis, sehingga ke depannya Anda bisa mengurangi untuk melakukan hal yang membuat ambeien kembali kambuh. Menghindari penyebab juga bisa mendukung penyembuhan Anda dari ambeien.

Misalnya, wasir yang Anda alami dipicu dari sembelit. Maka, seseorang dengan penyebab wasir ini perlu tahu caranya meredakan sembelit, misalnya meningkatkan asupan makanan berserat, olahraga, dan minum air putih.

Jangan ragu untuk segera periksa ke dokter bila Anda mulai mengalami gejala wasir yang mengganggu. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi atau kebiasaan yang sering Anda lakukan sebelumnya. Dokter akan membantu Anda untuk mencari tahu penyebab sekaligus menentukan pengobatan wasir yang tepat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ciri-Ciri Hamil dari yang Paling Sering Muncul Sampai Tak Terduga

Telat haid dan mual-mual adalah tanda-tanda hamil yang paling umum. Namun, tahukah Anda, mimisan dan sakit kepala juga termasuk ciri-ciri hamil muda?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Aborsi boleh saja dilakukan apabila ada indikasi medis. Apa saja pilihan cara menggugurkan kandungan yang aman? Simak selengkapnya di halaman ini. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Benjolan di Anus

Benjolan di anus bisa terasa sangat mengganggu, terutama bila Anda sedang duduk. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesehatan Pencernaan, Gangguan Pencernaan Lainnya 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mitos ambeien

5 Mitos Tentang Penyakit Ambeien yang Perlu Dicek Ulang

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
bercak darah tanda hamil atau menstruasi

Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
garis hitam di perut linea nigra

Kenali Linea Nigra, Garis Hitam “Khas” di Perut Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit