home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Ambeien

5 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Ambeien

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang umum terjadi pada banyak orang, terutama orang dewasa. Untungnya, masalah pencernaan ini bisa disembuhkan dengan berbagai cara, seperti salep, operasi, hingga obat alami. Namun, apa saja obat alami yang direkomendasikan untuk meredakan gejala wasir atau ambeien?

Obat alami meringankan gejala wasir

Ambeien (hemoroid) biasanya menandakan adanya pembengkakan pada pembuluh darah vena dekat anus. Penyebab ambeien pun beragam, mulai dari kekurangan serat, duduk terlalu lama, atau kehamilan.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya gumpalan dekat anus, BAB berdarah, dan rasa gatal pada anus yang disertai nyeri.

Guna meredakan gejala wasir, Anda bisa mencoba berbagai obat alami. Berikut ini beberapa obat alami untuk mengatasi ambeien.

1. Cuka sari apel

manfaat cuka apel

Cuka sari apel merupakan salah satu bahan yang bisa dijadikan obat herbal untuk meredakan gejala wasir. Bahan alami ini terbuat dari fermentasi apel yang diubah menjadi asam asetat.

Berkat kandungan asam asetat di dalamnya, cuka apel diduga dapat membantu mengecilkan jaringan. Selain itu, jenis asam ini memiliki sifat antibakteri.

Itu sebabnya, beberapa orang percaya bahwa cuka apel bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan pada ambeien.

Sayangnya, sari cuka apel dapat memicu iritasi bila dioleskan langsung, dilansir dari studi pada Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Jadi, banyak dokter yang mungkin tidak merekomendasikan obat alami ini untuk meredakan gejala ambeien.

2. Witch hazel

Dikenal sebagai bahan dalam toner skincare, witch hazel ternyata termasuk bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk wasir.

Hal ini dikarenakan witch hazel mengandung tanin yang diklaim bersifat anti-peradangan dan anti-bakteri.

Maka dari itu, pemakaian witch hazel mungkin dapat mengurangi rasa gatal dan sakit yang dialami penderita ambeien. Anda bisa mendapatkan witch hazel sebagai obat alami ambeien dalam bentuk tisu, sabun anti gatal, atau cairan.

Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah yang melaporkan tingkat efektivitas witch hazel sebagai obat wasir. Namun, penggunaan witch hazel secara topikal sejauh ini dianggap aman dan memiliki efek samping minimal.

3. Lidah buaya

manfaat lidah buaya untuk rambut

Obat alami untuk wasir selanjutnya yakni gel lidah buaya. Tanaman alami ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, terutama pada kulit.

Bagaimana tidak, lidah buaya mengandung zat sifat anti-inflamasi yang menawarkan sensasi sejuk. Alhasil, tanaman hijau ini mungkin bisa menenangkan dan melemaskan pembuluh darah yang meradang.

Kandungan arakuinon pada lidah buaya pun memiliki khasiat mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Obat herbal ini pun berpotensi dapat mencegah sembelit yang bisa menyebabkan ambeien.

Walaupun demikian, obat alami untuk ambeien ini bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Oleh sebab itu, selalu lakukan tes tempel pada kulit sebelum menggunakan lidah buaya.

4. Garam epsom dan gliserin

Sebenarnya, kebanyakan dokter merekomendasikan penderita wasir untuk duduk dalam rendaman air hangat selama 15 menit. Hal ini dilakukan beberapa kali sehari terutama setelah buang air besar.

Metode yang dikenal dengan Sitz Bath ini diklaim dapat membantu menghilangkan rasa gatal, sensasi terbakar, dan peradangan yang dialami wasir.

Anda juga bisa menambahkan garam Epsom dan gliserin sebagai obat alami untuk meredakan wasir sementara waktu. Selain berendam, Anda bisa memanfaatkan kedua obat herbal ini dengan cara:

  • campurkan 2 sdm garam epsom dengan 2 sdm gliserin,
  • oleskan campuran pada kain kasa dan tempelkan pada area kulit yang terasa,
  • diamkan selama 15-20 menit, dan
  • ulangi setiap 4 atau 6 jam sekali hingga rasa nyeri mereda.

5. Minyak kelapa

khasiat minyak kelapa

Tak hanya digunakan sebagai bahan masakan, minyak kelapa ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk meringankan gejala wasir secara alami.

Begini, minyak kelapa dikenal memiliki sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat analgesik pada minyak ini pun berpeluang mengurangi rasa tidak nyaman akibat wasir.

Sementara itu, efek pencahar pada minyak kelapa juga membantu meredakan sembelit. Sebab, sembelit atau mengejan ketika BAB merupakan penyebab wasir, sehingga bahan alami ini mungkin bisa mencegahnya.

Meski belum terbukti sepenuhnya, tidak ada salahnya mencoba minyak kelapa karena menawarkan berbagai manfaat lainnya. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengobati wasir dengan cara:

  • tambahkan minyak kelapa ke roti panggang atau sebagai minyak goreng,
  • campur minyak kelapa dengan witch hazel,
  • masukkan minyak kelapa ke bak mandi, atau
  • gabungkan minyak kelapa cair dan kunyit.

Hal yang perlu diperhatikan saat memakai obat alami wasir

Walaupun bahan alami di atas memiliki potensi sebagai obat herbal untuk wasir atau ambeien, Anda tidak boleh sembarangan menggunakannya.

Obat-obatan yang telah disebutkan belum tentu sepenuhnya aman. Terlebih lagi, setiap orang menunjukkan reaksi yang berbeda-beda terhadap suatu pengobatan.

Itu sebabnya, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai obat alami, terutama ketika kondisi tidak membaik setelah pengobatan.

Dengan begitu, dokter mungkin akan menganjurkan cara mengatasi wasir yang tepat guna mencegah ambeien kambuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

7 Best and Worst Home Remedies for Your Hemorrhoids. (2017). Cleveland Clinic. Retrieved 24 February 2017, from https://health.clevelandclinic.org/7-best-and-worst-home-remedies-for-your-hemorrhoids/ 

Keckskes, A.A. (n.d). Soothing Natural Cures Hemorrhoids. Pacific College of Health and Science. Retrieved 24 February 2017, from https://www.pacificcollege.edu/news/blog/2014/11/01/soothing-natural-cures-hemorrhoids 

Feldstein, S., Afshar, M., & Krakowski, A. C. (2015). Chemical Burn from Vinegar Following an Internet-based Protocol for Self-removal of Nevi. The Journal of clinical and aesthetic dermatology, 8(6), 50. Retrieved 23 April 2021. 

Treatment of Hemorrhoids. (2016). National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Retrieved 23 April 2021, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/hemorrhoids/treatment 

Gotter, A. (2018). Coconut oil for Hemorrhoids. Healthline. Retrieved 23 April 2021, from https://www.healthline.com/health/coconut-oil-for-hemorrhoids 

Solan, M. (2021). Natural remedies for hemorrhoids. Harvard Health. Retrieved 23 April 2021, from https://www.health.harvard.edu/blog/natural-remedies-for-hemorrhoid-2021022321942 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 02/03/2017
x