5 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Ambeien

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 November 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang cukup umum diderita banyak orang, terutama orang dewasa. Untungnya, penyakit ini bisa disembuhkan dengan berbagai cara, seperti salep, operasi ambeien, bahkan obat alami. Namun, apa saja obat herbal yang biasanya digunakan untuk meredakan gejala ambeien (wasir)? Yuk, lihat rekomendasinya obat alami untuk wasir berikut ini.

Obat alami untuk mengatasi gejala wasir

mitos ambeien

Ambeien atau dikenal juga dengan istilah hemoroid menandakan adanya pembengkakan pada pembuluh darah vena di dekat anus. Penyebab terjadinya ambeien beragam, mulai dari kurangnya konsumsi serat, duduk terlalu lama, atau kehamilan.

Penyakit ini akan menyebabkan adanya gumpalan di dekat anus, BAB berdarah, dan anus terasa gatal disertai nyeri. Nah, untuk meredakan gejala wasir, Anda bisa mencoba obat alami, di antaranya:

1. Cuka apel

Cuka sari apel adalah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat herbal untuk meredakan gejala ambeien. Bahan alami ini terbuat dari fermentasi apel yang diubah menjadi asam asetat.

Asam asetat diketahui memiliki potensi untuk mengecilkan jaringan, seperti kulit. Selain itu, bahan aktif pada cuka apel ini juga memiliki sifat antibakteri. Beberapa ahli berpendapat bahan alami ini sebagai obat alami untuk ambeien ini karena bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Salah satu studi pada Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, menunjukkan bahwa sari cuka apel dapat meredakan gatal-gatal dan nyeri akibat wasir. Namun, beberapa ahli kesehatan juga memperingatkan bahwa penggunaan sari cuka apel bisa menyebabkan iritasi.

Bila Anda tertarik menggunakan obat wasir herbal ini, Anda bisa mencampurkan sari cuka apel dengan air dingin atau es batu. Kemudian, tempelkan ke area kulit sekitar anus yang meradang dan gatal akibat ambeien.

Pilihan lain, Anda juga bisa berendam dengan air hangat dan sari cuka apel. Tambahkan 2 gelas kecil suka ke dalam bak mandi, kemudian berendam selama 15 menit.

Akan tetapi, efek pengobatan dari obat ambeien alami ini tidak selalu sama pada setiap orang. Periset mengingatkan bahwa obat alami untuk wasir ini juga berisiko menyebabkan iritasi pada kulit sehingga kerap kali tidak direkomendasikan.

2. Lidah buaya

Obat alami untuk wasir selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah gel lidah buaya. Tanaman alami ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, terutama pada kulit.

Telah diteliti, bahwa lidah buaya mengandung zat sifat anti inflamasi. Dengan rasa gel yang sejuk, lidah buaya juga dapat menjadi obat ambeien alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien tersebut.

Kandungan arakuinon pada lidah buaya memiliki khasiat mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini membuat lebih kotoran tinja pada usus akan lebih mudah bergerak mencegah sembelit yang akan menyebabkan ambeien.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa obat alami untuk wasir ini bisa juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Terutama pada orang yang alergi dengan bawang-bawangan.

Oleh karena itu, lakukan uji sensitivitas terlebih dahulu. Caranya, oleskan sedikit lidah buaya pada kulit dan tunggu selama seharian. Jika tidak ada reaksi, lidah buaya aman digunakan sebagai obat wasir alami.

3. Gliserin dan garam epsom

Jika tidak ada lidah buaya atau sari cuka apel, Anda bisa memanfaatkan campuran gliserin dengan garam epsom sebagai obat alami untuk wasir. Dilansir dari situs Cleveland Clinic, Anda bisa membuat obat ambeien alami ini dengan cara berikut.

  • Campurkan 2 sendok makan garam epsom dengan 2 sendok makan gliserin.
  • Oleskan campuran ini dengan kain kasa dan tempelkan di area kulit yang terasa.
  • Tempelkan kain kasa tersebut selama 15 hingga 20 menit.
  • Ulangi setiap 4 atau 6 jam sekali hingga rasa nyeri mereda.

3. Bawang putih

Bawang putih atau allium sativum, ternyata juga bisa menjadi obat alami untuk ambeien alias wasir. Bawang putih sangat kaya belerang, antara lain mengandung asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Tumbuhan ini juga memiliki zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi.

Pada asam amino yang disebut alliin, ketika bawang putih dihancurkan, alliin diubah menjadi allicin oleh enzim allinase.

Allicin jni bertanggung jawab sebagai zat antibakteri yang ampuh  untuk menghilangkan bau. Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah.

Sebagai obat alami untuk wasir, bawang putih bisa dioleskan langsung ke daerah yang terkena ambeien, atau juga dapat dimakan secara mentah.

4. Kulit pohon ek putih

Mungkin Anda jarang mengenal nama kulit ek putih, tapi jika Anda mencari di toko herbal, ek putih mudah untuk ditemukan. Obat alami wasir yang satu ini berasal dari kulit kayu ek yang berwarna putih dan dikenal dengan nama quercus alba. Tanaman ini memiliki kandungan zat alami yang bisa diandalkan sebagai obat ambeien internal dan eksternal.

Kulit kayu ek putih memiliki sifat antiseptik, tonik, dan hemostatik yang mampu menyembuhkan ambeien pada tingkatan parah hingga ambeien tersebut mengeluarkan darah. Tingginya kandungan kalsium dan tannin dari kulit kayu ek dapat memperkuat kapiler usus dan menjaga jaringan lunak dari rektum yang terdapat pada lubang anus.

Selain itu, obat wasir alami ini juga memiliki efek pembersihan pada permukaan mukosa yang bengkak dan sakit, sehingga efektif untuk menghilangkan setiap gatal dan iritasi yang disebabkan oleh ambeien.

Kulit pohon ek putih biasanya direbus atau dikukus untuk menghasilkan cairan yang dapat dioleskan pada daerah anus yang terdapat ambeien atau dijadikan teh herbal untuk menyembuhkan wasir.

5. Akar batu

Akar batu juga dikenal dengan nama collinsonia canadensis. Racikan minuman tanaman akar batu ini dapat digunakan sebagai obat wasir alami karena bisa mengurangi ambeien dan mengurangi tekanan yang terlalu besar pada pembuluh darah pada bagian anusr. Efek ini mengurangi peradangan wasir dan bahkan bisa mencegah varises.

Obat wasir alami juga dikenal dengan sifat zat diuretik, antioksidan, antispasmodic, astringent, tonik dan sifat sedatif.

Zat tersebut berguna untuk melindungi dan memperkuat lapisan usus serta pembuluh darah pada dinding anus. Cara pemakaiannya, ekstrak air akar batu yang telah direbus dapat dioleskan langsung pada anus yang ambeien.

Gunakan obat wasir alami dengan bijak

tes untuk dermatitis kontak

Meskipun bahan alami di atas memiliki potensi sebagai obat herbal untuk wasir atau ambeien, Anda tidak boleh sembarangan menggunakannya. Pasalnya, obat-obatan tersebut belum sepenuhnya aman. Apalagi setiap orang juga menunjukkan reaksi yang berbeda-beda terhadap suatu pengobatan.

Langkah bijaknya Anda harus konsultasi lebih dahulu dengan dokter. Terlebih jika memang setelah pengobatan, kondisi tidak juga membaik. Dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan wasir yang tepat untuk mencegah ambeien kembali kambuh.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Mitos Tentang Penyakit Ambeien yang Perlu Dicek Ulang

Masalah kesehatan yang sangat umum seperti ambeien biasanya rawan dikaitkan dengan mitos yang menimbulkan salah kaprah. Apa saja mitos tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Pencernaan, Ambeien 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Berlari tidak boleh sembarangan. Ada sejumlah kesalahan saat lari yang patut dihindari supaya waktu berolahraga Anda tak terbuang sia-sia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit