Haid Pertama Anak Perempuan Bisa Datang Lebih Cepat Jika Sering Minum Soda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah sering dengar kalau anak-anak tidak dianjurkan untuk sering-sering minum soft drink, di antaranya adalah soda. Akan tetapi, tahukah Anda penelitian menunjukkan bahwa ternyata anak perempuan yang sering minum soda berisiko mengalami pubertas dini? Pubertas yang datang lebih cepat daripada normalnya ini ditandai dengan haid pertama kalinya. Bagaimana bisa minum soda mempercepat datangnya haid pertama?

Soda terbukti bisa mempercepat haid pertama anak perempuan 

Studi pada jurnal Human Reproduction tahun 2015 menunjukan bahwa konsumsi soft drink dapat menyebabkan menstruasi pertama kali pada remaja putri di Amerika Serikat (AS) dimulai lebih cepat. Menstruasi anak atau remaja perempuan yang pertama kali dalam hidupnya disebut dengan istilah menarche.

Studi ini melibatkan 5.500 anak perempuan usia 9-14 tahun. Penelitian ini mengikuti anak-anak tersebut sejak mereka belum menstruasi hingga hari pertama mereka mengalami menstruasi.

Studi ini menunjukan bahwa anak perempuan yang sering minum soda dalam penelitian ini, yakni 1,5 sajian soda per hari, punya peluang 22 persen lebih cepat mengalami menarche alias menstruasi pertama.

Anak-anak perempuan yang sering minum soda ini rata-rata mengalami usia menarche lebih cepat 2,7 bulan dibandingkan anak perempuan dengan kategori konsumsi soda rendah. Konsumsi rendah dalam penelitian ini adalah dua gelas atau kurang minuman soda setiap minggunya.

Apa dampaknya jika haid pertama lebih awal dari anak perempuan seusianya?

Dilansir dalam Harvard T.H. Chan School of Public Health, semakin dini usia menarche berkaitan dengan semakin tingginya risiko mengalami kanker, misalnya kanker payudara.

Akan tetapi, belum diketahui dalam studi Human Reproduction di atas apakah perbedaan kecil yaitu 2,7 bulan lebih cepat mengalami haid pertama bisa meningkatkan risiko kanker atau tidak. Namun, secara keseluruhan minum soda yang terlalu sering atau terlalu banyak tetap bisa berdampak pada kondisi kesehatan anak dan remaja perempuan. Obesitas, diabetes melitus, serta kanker bisa dipicu karena terlalu banyak konsumsi soft drink disertai dengan pola makan yang tak seimbang.

Selain itu, dilansir dari Medscape, datangnya menstruasi yang terlalu dini berkaitan dengan peningkatan risiko depresi pada saat anak memasuki usia remaja.

Hubungan antara minum soda dengan usia haid pertama

Sebenarnya belum ada penelitian yang menyatakan minuman bersoda sudah pasti mengakibatkan menstruasi pertama lebih cepat terjadi. Namun, ada beberapa dugaan yang bisa mengaitkan hubungan keduanya. Pertama, konsumsi minuman bersoda yang terlalu sering berperan besar dengan penambahan berat badan. Kedua, konsumsi minuman bersoda dapat memicu lonjakan gula darah.

Begini, minuman bersoda mengandung kalori yang sangat tinggi. Jika diminum terlalu sering dan dalam jumlah banyak, maka akan menumpuk kalori yang besar juga di dalam tubuh. Hal ini pun bisa menyebabkan kelebihan berat badan hingga obesitas.

Menurut dr. Julie Powell, seorang spesialis ginekologi anak dan remaja di AS, jika mengalami berat badan berlebih atau obesitas, usia menarche pun lebih mungkin terjadi semakin cepat.

Semakin banyak sel lemak di dalam tubuh, semakin banyak hormon estrogen yang diproduksi. Estrogen merupakan hormon seksual yang utama pada perempuan. Berlimpahnya estrogen di dalam tubuh dapat memicu menstruasi lebih awal.

Selain itu, salah satu syarat seorang perempuan bisa mengalami haid pertamanya adalah kecukupan jumlah hormon leptin. Pada anak yang obesitas atau kelebihan berat badan, jumlah leptin akan semakin banyak dibandingkan dengan yang berat badannya normal. Itulah kenapa anak yang obesitas lebih mungkin mengalami menstruasi pertama duluan.

Dugaan kedua, hubungan minuman bersoda dengan usia menarche bisa dipicu karena lonjakan gula darah setelah mengonsumsi minuman ini. Lonjakan gula darah yang cepat dan tinggi ini akan meningkatkan lonjakan hormon insulin.

Nah, peningkatan insulin ini dapat memicu tingginya produksi hormon seks wanita yang dinamakan hormon estrogen. Seperti dijelaskan sebelumnya, tingginya estrogen dalam tubuh anak perempuan akan merangsang datangnya haid.

Ada banyak faktor yang memengaruhi datangnya haid pertama

Konsumsi minuman soda yang tinggi memang berkaitan dengan terjadinya menarche yang lebih cepat, tapi bukan semata-mata karena itu saja. Asupan makanan, faktor psikologis, dan paparan zat kimia juga bisa memengaruhi kapan haid pertama akan dialami seorang anak dan remaja perempuan.

Pola hidup sehat sejak dini yang menyeluruh (holistik) bisa melindungi anak perempuan Anda dari menarche yang terlalu cepat. Batasi konsumsi soft drink, hindari makanan tinggi lemak tapi rendah nutrisi, berolahraga secara rutin, dan tidur yang cukup agar anak perempuan mengalami masa puber yang sehat dengan menstruasi pertama tepat pada rentang usia seharusnya, yakni sekitar 11-14 tahun.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Angiosarkoma, Kanker yang Sering Menyerang Kulit Kepala dan Leher

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang kanker payudara, kanker serviks, dan jenis kanker lainnya. Bagaimana dengan angiosarkoma?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Kanker Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
mencium bau

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
mudah dihipnotis

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit