Topiramate

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 12 menit
Bagikan sekarang

Topiramate Obat Apa?

Untuk apa topiramate?

Topiramate adalah obat yang digunakan secara tunggal atau dengan obat lain untuk mencegah dan mengontrol kejang (epilepsi). Obat ini juga digunakan untuk mencegah sakit kepala migrain dan menurunkan intensitas Anda mengalaminya. Topiramate tidak akan mengobati migrain jika digunakan saat terjadi migrain. Jika Anda menngalami sakit kepala migrain, perlakukan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda (misalnya dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit, berbaring di ruangan gelap).

Topiramate dikenal sebagai antikonvulsan atau obat antiepilepsi.

Bagaimana cara penggunaan topiramate?

Baca Panduan Obat dan Leaflet Informasi Pasien yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan topiramate dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Minumlah obat ini dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya dua kali sehari. Telan tablet keseluruhan karena jika tidak dapat meninggalkan rasa pahit. Untuk mencegah pembentukan batu ginjal, minum banyak air saat minum obat ini kecuali dokter Anda menginstruksikan Anda hal lainnya.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Untuk anak-anak, dosis juga didasarkan pada berat badan. Dokter Anda secara bertahap akan meningkatkan dosis untuk mengurangi risiko efek samping. Untuk beberapa kondisi, Anda dapat mulai pengobatan dengan topiramate sekali sehari pada waktu tidur dan perlahan-lahan meningkatkan dosis untuk dua kali sehari. Obat ini mungkin memakan waktu beberapa minggu atau bulan untuk mencapai dosis terbaik bagi Anda dan untuk mendapatkan manfaat penuh dari obat ini.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari. Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Beberapa kondisi bisa menjadi lebih buruk ketika penggunaan obat ini tiba-tiba dihentikan. dosis Anda mungkin perlu diturunkan secara bertahap.

Katakan kepada dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau jika semakin memburuk.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan topiramate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Topiramate

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis topiramate untuk orang dewasa?

Dosis pemeliharaan: 50 mg secara oral 2 kali sehari, pagi dan di malam hari.

Titrasi untuk 100 mg:

  • minggu 1: 25 mg secara oral sekali sehari di malam hari
  • minggu 2: 25 mg secara oral 2 kali sehari, pagi dan malam hari
  • minggu 3: 25 mg secara oral di pagi hari dan 50 mg secara oral di malam hari
  • minggu 4: 50 mg secara oral di pagi hari dan 50 mg secara oral di malam hari

Penggunaan pada interval yang lebih panjang antara penyesuaian dosis dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Bagaimana dosis topiramate untuk anak-anak?

Untuk kejang (digunakan dengan obat lain):

Anak-anak usia 2 tahun dan lebih tua: pada awalnya, 25 miligram (mg) sekali sehari di malam hari. Dokter mungkin menyesuaikan dosis yang diperlukan. Namun, dosis biasanya tidak lebih dari 5 sampai 9 mg per kilogram (kg) dari berat badan per hari.

Anak-anak lebih muda dari 2 tahun-penggunaan tidak dianjurkan.

Untuk kejang (digunakan tanpa obat lain):

Anak-anak lebih muda dari 10 tahun: penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

Untuk sakit kepala migrain:

Anak-anak lebih muda dari usia 12 tahun: penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

Dalam dosis apakah topiramate tersedia?

Kapsul 25 mg; 50 mg; 100 mg; 150 mg; 200 mg

Efek samping Topiramate

Efek samping apa yang dapat dialami karena topiramate?

Kelelahan, mengantuk, pusing, hilangnya koordinasi, kesemutan tangan/kaki, kehilangan nafsu makan, rasa tidak enak di mulut, diare, dan penurunan berat badan mungkin terjadi. masalah mental seperti kebingungan, lambat berpikir, kesulitan berkonsentrasi atau menaruh perhatian, gugup, masalah ingatan, atau masalah bicara juga dapat terjadi. Jika salah satu dari efek-efek ini berlanjut atau semakin memburuk, beritahu dokter atau apoteker Anda segera.

Ingatlah bahwa dokter telah memberikan resep obat ini karena dia telah menilai bahwa manfaat kepada Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang menggunakan obat ini tidak mengalami  efek samping yang serius.

Katakan kepada dokter Anda segera jika ada efek samping tidak mungkin namun serius terjadi seperti: tanda-tanda batu ginjal (seperti nyeri pada punggung/sisi/perut/selangkangan, demam, menggigil, nyeri/sering buang air kecil, kencing berdarah/merah muda).

Sejumlah kecil orang yang menggunakan antikonvulsan untuk kondisi apapun (seperti kejang, gangguan bipolar, nyeri) mungkin mengalami depresi, pikiran bunuh diri/usaha, atau masalah mental/suasana hati lainnya. Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda atau keluarga Anda/pengasuh melihat ada yang tidak biasa/perubahan mendadak dalam suasana hati Anda, pikiran, atau perilaku termasuk tanda-tanda depresi, pikiran bunuh diri/usaha, pikiran tentang merugikan diri sendiri.

Katakan kepada dokter Anda segera jika salah satu efek samping yang jarang namun serius terjadi: napas cepat, denyut jantung cepat/lambat/tidak teratur, nyeri tulang, patah tulang, kehilangan kesadaran.

Topiramate jarang namun mungkin menyebabkan masalah mata yang sangat serius, namun kondisi ini dapat terjadi umumnya dalam waktu 1 bulan saat mulai pengobatan. Jika tidak diobati, masalah mata ini dapat menyebabkan kebutaan permanen. Oleh karena itu, dapatkan bantuan medis segera jika salah satu efek samping berikut terjadi: perubahan penglihatan mendadak (seperti penglihatan berkurang, penglihatan kabur), sakit mata/kemerahan.

Obat ini jarang namun mungkin menyebabkan masalah metabolisme yang serius (jumlah amonia yang tinggi dalam darah), terutama jika Anda juga menggunakan asam valproik. Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda mengalami  kelelahan secara tiba-tiba tanpa alasan, muntah, atau perubahan mental (seperti penurunan kewaspadaan).

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, dapatkan bantuan medis segera jika Anda merasakan gejala-gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama wajah/lidah/tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Topiramate

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan topiramate?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Untuk topiramate, berikut harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap topiramate atau obat-obatan lainnya. Selain itu, beritahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, baca label atau paket bahan penyusun dengan hati-hati.

Anak-anak

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek kapsul atau tablet topiramate, atau Qudexy ™ kapsul penggunaan diperpanjang untuk pengobatan kejang pada anak lebih muda dari 2 tahun (bila digunakan sendiri atau bersamaan dengan obat-obatan lainnya) . Keamanan dan kemanjuran belum didirikan.

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek kapsul Trokendi ™ penggunaan diperpanjang  untuk pengobatan kejang pada anak-anak lebih muda dari 6 tahun.

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek kapsul topiramate atau tablet untuk pencegahan sakit kepala migrain pada anak-anak yang lebih muda dari 12 tahun. Keamanan dan kemanjuran belum ditetapkan.

Lansia

Meskipun studi yang sesuai pada hubungan usia terhadap efek topiramate belum dilakukan pada populasi manula, masalah khusus pada orang tua tidak diharapkan untuk membatasi kegunaan topiramate pada lansia. Namun, pasien lanjut usia lebih mungkin untuk memiliki masalah ginjal yang berkaitan dengan usia, yang mungkin memerlukan kehati-hatian dan penyesuaian dosis untuk pasien yang menerima topiramate.

Apakah topiramate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko,
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C=Mungkin berisiko,
  • D=Ada bukti positif dari risiko,
  • X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Interaksi Obat Topiramate

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan topiramate?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau melakukan tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Beritahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat lain yang beredar di pasaran.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau mengubah seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Buprenorphine
  • Carbinoxamine
  • Citalopram
  • Clozapine
  • Cobicistat
  • Elvitegravir
  • Fentanyl
  • Hydrocodone
  • Ketorolac
  • Morphine
  • Morphine Sulfate Liposome
  • Nifedipine
  • Orlistat
  • Oxycodone
  • Oxymorphone
  • Piperaquine
  • Sodium Oxybate
  • Suvorexant
  • Tapentadol

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan terbaik untuk Anda. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau mengubah seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Amitriptyline
  • Carbamazepine
  • Desogestrel
  • Dienogest
  • Drospirenone
  • Estradiol Cypionate
  • Estradiol Valerat
  • Etinil Estradiol
  • Ethynodiol Diacetate
  • Etonogestrel
  • Fosphenytoin
  • Ginkgo
  • Hydrochlorothiazide
  • Levonorgestrel
  • Medroksiprogesteron Asetat
  • Mestranol
  • Norelgestromin
  • Norethindrone
  • Norgestimate
  • Norgestrel
  • Fenobarbital
  • Fenitoin
  • Pioglitazone
  • Posaconazole
  • Asam Valproik

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan topiramate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan topiramate?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

  • depresi, riwayat
  • masalah mata atau penglihatan (misalnya, glaukoma)
  • gangguan mood, riwayat atau
  • asidosis metabolik (terlalu banyak asam dalam darah), atau riwayat
  • osteoporosis (tulang lemah) – gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk
  • diare
  • masalah paru-paru atau masalah pernapasan
  • pasien dengan diet ketogenik – dapat meningkatkan risiko asidosis metabolik
  • penyakit ginjal
  • penyakit hati – gunakan dengan hati-hati. Efek samping dapat meningkat karena pembersihan lebih lambat obat dari tubuh
  • pasien dengan asidosis metabolik yang juga menggunakan metformin – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini

Overdosis Topiramate

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin termasuk:

  • kejang
  • kantuk
  • masalah bicara
  • penglihatan kabur
  • penglihatan ganda
  • kesulitan berpikir
  • kelelahan
  • kehilangan koordinasi
  • hilang kesadaran
  • pusing
  • sakit perut
  • muntah
  • agitasi
  • depresi
  • kehilangan selera makan
  • detak jantung berdebar atau detak jantung tidak teratur
  • pernapasan cepat atau pernapasan dangkal

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Dislokasi

Dislokasi adalah pergeseran yang terjadi pada tulang dan sendi. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, serta pengobatan dislokasi di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit

Tendinitis

Tendinitis adalah peradangan yang terjadi pada tendon. Lalu, bagaimana kondisi ini bisa terjadi? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Bursitis

Bursitis adalah peradangan bursae yaitu kantung berisi cairan pelumas di sekitar bahu, siku, pinggul, lutut, kaki. Berikut informasi lengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit

Berbagai jenis Penyakit yang Dapat Menyerang Sendi dan Tendon

Sendi dan tendon tubuh manusia bekerja keras menopang berat badan dan membantu berbagai gerakan. Tak heran sendi dan tendon rentan mengalami gangguan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tekanan darah normal berdasarkan usiaasarkan usia

Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
sakit maag

Panduan Memilih Makanan yang Tepat Kalau Maag Anda Sering Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Pendidikan seks cegah HIV/AIDS

Pentingnya Edukasi Seksual dan Potensi HIV/AIDS pada Remaja

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
menu brunch adalah, resep brunch

5 Resep Brunch Lezat, Buat Anda yang Suka Sarapan Siang-Siang

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit