5 Minuman Sehat yang Cocok Buat Anda Memulai Hari Lebih Semangat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Setelah tidur semalaman, tubuh rentan dehidrasi karena tidak mendapatkan asupan cairan apa pun. Itu kenapa Anda sebaiknya langsung minum setelah bangun tidur. Nah, apa sih yang biasanya Anda teguk di pagi hari? Secangkir kopi hitam? Psstt… nyatanya beragam penelitian sudah menunjukkan bahwa waktu paling sehat untuk minum kopi ternyata bukan pagi hari. Sebagai gantinya, coba racik beberapa pilihan minuman sehat di pagi hari ini agar Anda bisa lebih segar dan bersemangat memulai segudang aktivitas seharian.

1. Air jeruk atau lemon

air lemon untuk maag

Masih ngantuk tapi harus buru-buru berangkat di pagi buta? Segarkan tubuh dan pikiran Anda dengan segelas air lemon atau air jeruk yang kaya akan vitamin! Rasa asamnya tentu akan membuat Anda makin melek. Kandungan vitamin C-nya juga sekaligus membantu meningkatkan stamina tubuh Anda sepanjang hari.

Tak hanya itu. Antioksidan dan mineral yang terkandung dalam air lemon ikut membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga Anda tidak gampang sakit.

Cara membuatnya mudah. Malam sebelumnya Anda bisa membuat infused water dengan memasukkan irisan buah lemon ke dalam sebotol air putih, kemudian dinginkan di kulkas selama Anda tidur. Atau jika ingin yang hangat-hangat, peras air lemon ke dalam secangkir air hangat. Anda bisa tambahkan madu jika ingin rasa yang lebih manis.

2. Air kelapa

minum air kelapa

Jika Anda kurang suka rasa asam atau takut pagi-pagi sakit perut karena minum air lemon, cobalah air kelapa. Air kelapa adalah salah satu alternatif minuman sehat di pagi hari yang punya banyak manfaat buat tubuh.

Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah semalaman Anda tidak makan dan minum. Dilansir dari laman Healthline, air kelapa kaya antioksidan untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Tidak hanya itu. Air kelapa juga menjaga detak jantung tetap teratur dan melancarkan metabolisme tubuh. Rutin minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida (lemak jahat dalam tubuh).

Semua manfaat ini akan lebih baik lagi jika Anda minum air kelapa segar, bukan yang kemasan. Anda bisa membeli stok air kelapa segar dan kemudian simpan di kulkas untuk Anda nikmati setiap hari.

3. Jus atau smoothies

jus buah sehat

Jika Anda punya cukup waktu luang di pagi hari, kenapa tidak coba racik segelas jus? Minuman satu ini tidak hanya membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, tapi juga memberikan asupan beragam vitamin dan mineral yang Anda butuhkan sepanjang hari.

Selain itu, tingginya serat dari jus membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengurangi keinginan makan banyak.

Hebatnya lagi, jus adalah minuman sehat yang fleksibel. Anda bisa membuat jus kombinasi beberapa buah, atau kombinasi jus sayuran yang dipadukan dengan buah favorit.

Jika ingin versi yang lebih mengenyangkan, kreasikan jus buat atau sayur favorit sebagai smoothies dengan menambahkan pengental seperti yogurt, susu, bubuk oatmeeal, atau protein powder. Psstt… Jangan tambahkan gula pasir ya! Alternatifnya Anda bisa gunakan madu sebagai pemanis.

4. Teh jahe

cara mengatasi nyeri haid

Apabila Anda adalah tipe orang yang selalu memulai hari dengan minuman hangat, rasanya teh jahe bisa jadi alternatif teh manis kesukaan.

Teh jahe adalah minuman sehat di pagi hari yang dapat memberikan Anda segudang manfaat buat sepanjang hari. Sejak dulu kala, jahe dikenal sebagai rempah yang membantu meredakan mual serta menyembuhkan nyeri dan sakit otot. Jahe juga dikenal mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu tubuh mengatur respon insulin dengan lebih baik.

Cara buatnya mudah. Rebus air selama 5 menit dan masukkan beberapa sendok parutan jahe segar. Saring air jahe tersebut, kemudian masukkan teh celup. Sajikan selagi hangat.

5. Jus lidah buaya

Lidah buaya dikenal dengan efeknya yang menyehatkan kulit. Namun, minum jus lidah buaya juga tak kalah menyehatkannya untuk tubuh. Lidah buaya kaya akan zat gizi yang penting buat Anda memulai hari, seperti vitamin B, C, E, asam folat, dan vitamin B-12.

Berkat kandungan enzim dan bakteri baiknya, jus lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sembelitperut kembungirritable bowel syndrome (IBS), radang usus, hingga gangguan asam lambung (GERD). Lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah dan meredakan gejala radang tenggorokan.

Anda bisa mencampurkan potongan daging lidah buaya ke dalam segelas air atau teh tawar hangat sebagai minuman sehat di pagi hari.

 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Segudang Manfaat Masker Lidah Buaya dan Tips Membuatnya

Buat Anda yang sedang cari cara alami untuk merawat tubuh, kenapa tidak coba membuat masker lidah buaya? Ada segudang manfaat yang sayang jika terlewatkan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

Tidak semua orang ingin melakukan extension bulu mata. Namun Anda bisa memanjangkan bulu mata dengan cara yang aman dan murah meriah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Selain Lidah Buaya, Inilah Daftar Bahan Alami untuk Obat Ketombe

Satu di antara banyaknya bahan alami yang digadang-gadang dapat menjadi obat ketombe adalah lidah buaya. Apa ada obat ketombe alami yang lain?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Bisakah Lidah Buaya Dipakai untuk Mengobati Jerawat?

Bisa dicampur lemon, bisa dijadikan masker, dan sebagainya. Simak berbagai cara menggunakan lidah buaya untuk jerawat dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat asam lambung alami dan herbal

10 Obat Asam Lambung Alami yang Bisa Anda Temukan di Dapur

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
jus untuk ibu hamil

6 Jus untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan Kehamilan dan Janin

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 16 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Cuka Apel: Manfaat Bagi Kesehatan, Efek Samping, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit
perbedaan manfaat kelapa muda dan tua bagi kesehatan

Kelapa Muda vs Kelapa Tua: Beda Umurnya, Beda Pula Manfaatnya Bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit