backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Manfaat Buah Pinang Muda, Baik untuk Pencernaan dan Tulang

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

10 Manfaat Buah Pinang Muda, Baik untuk Pencernaan dan Tulang

Sejak zaman dahulu, sebagian masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan buah pinang muda dalam tradisi menyirih. Hal ini karena buah pinang muda dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Ketahui berbagai manfaat buah pinang muda berikut ini. 

Kandungan gizi buah pinang muda

Buah pinang muda (Areca catechu) merupakan jenis tanaman palem-paleman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia, termasuk Cina, Malaysia, Myanmar, India, dan Indonesia. 

Di Indonesia sendiri, buah pinang secara tradisional digunakan dalam tradisi menyirih (mengunyah sirih), yakni tradisi mencampurkan pinang muda bersama kapur yang kemudian dilapisi dengan daun sirih.

Buah pinang muda dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena kandungan zat gizinya yang beragam.

Berikut ini kandungan gizi di dalam 100 gram buah pinang muda.

  • Kalori: 245 kkal.
  • Karbohidrat: 46, 2 gram (g).
  • Protein: 4,2 g.
  • Lemak: 4,2 g.
  • Zat besi: 1,4 milligram (mg).
  • Fosfor: 119 mg.

Selain kandungan zat gizi tersebut, buah pinang mengandung alkaloid dan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan tanin. 

Manfaat buah pinang muda untuk kesehatan

Studi langsung yang membahas mengenai manfaat buah pinang muda masih terbatas. Meski begitu, kandungan gizi buah pinang diketahui memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini khasiat buah pinang muda berdasarkan kandungan gizinya

1. Menjaga kesehatan pencernaan

hormon yang membuat sistem pencernaan bahagia

Mengunyah pinang muda diketahui dapat meningkatkan sekresi air liur serta merangsang otot-otot saluran pencernaan dan gerak peristaltik usus, sehingga proses pencernaan makanan menjadi lancar. 

Selain itu, buah pinang muda dapat bermanfaat untuk mengatasi diare. Manfaat buah pinang muda ini disebutkan oleh studi yang terbit dalam Jambura Journal of Health Science and Research.

Dalam penelitian laboratorium ini, ekstrak buah pinang muda memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri Escherichia coli dan Vibrio cholerae yang menjadi penyebab diare dan penyakit kolera.  

2. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat buah pinang lainnya adalah memelihara kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan fosfor di dalamnya. 

Fosfor merupakan mineral penting yang dapat membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Selain itu, senyawa arekolin pada buah pinang muda dapat mencegah pengeroposan tulang dengan menghambat pembentukan sel osteoklas, yakni sel yang bertanggung jawab atas pemecahan tulang.

Senyawa arekolin juga dapat membantu mendorong pembentukan osteoblas, yakni sel-sel yang berfungsi membangun tulang. 

3. Meningkatkan suasana hati

Manfaat buah pinang muda selanjutnya untuk kesehatan adalah meningkatkan suasana hati. Hal ini karena jenis buah ini mengandung senyawa alkaloid bernama arekolin.

Mengutip studi dalam jurnal Nutrients, senyawa arekolin yang terdapat di dalam buah pinang muda dapat menstimulasi neuron dopaminergik VTA, yaitu area saraf yang berfungsi untuk menghasilkan dopamin 

Dopamin merupakan pembawa pesan kimiawi di otak yang bertugas untuk meningkatkan motivasi dan kepuasan.  

4. Berpotensi menurunkan kadar gula darah

cek kadar gula darah

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal IOP Conference Series Earth and Environmental Science menunjukkan bahwa ekstrak biji buah pinang bermanfaat menurunkan kadar gula darah.

Potensi manfaat buah pinang muda ini diketahui berasal dari kandungan senyawa pyridine dan piperidine alkaloid yang memiliki sifat anti-diabetes dan mampu menurunkan kadar gula darah

Akan tetapi, penelitian ini baru dilakukan pada hewan. Oleh sebab itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat buah pinang muda ini. 

5. Mencegah anemia

Buah pinang muda mengandung zat besi yang dapat bermanfaat untuk mencegah anemia, yakni kondisi menurunnya sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh akibat kurangnya zat besi. 

Hemoglobin merupakan protein di dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, suplai oksigen ke organ-organ dan sel tubuh menjadi berkurang. 

Kandungan zat besi di dalam buah pinang muda dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Dengan begitu, Anda bisa mencegah risiko penyakit anemia. 

6. Mengurangi gejala skizofrenia

Skizofrenia adalah kondisi mental serius yang memengaruhi perasaan, pikiran, dan perilaku penderitanya. Kondisi ini ditandai dengan halusinasi, delusi, serta gangguan cara berpikir. 

Studi dalam The British Journal Psychiatry mengungkapkan bahwa mengunyah buah pinang dapat berpotensi mengurangi gejala skizofrenia. 

Potensi manfaat buah pinang muda ini kemungkinan berasal dari senyawa alkaloid di dalamnya yang dapat bekerja langsung pada saraf di otak untuk membantu mengurangi gejala skizofrenia.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikkan efektivitas buah pinang muda ini.   

7. Mengurangi gejala depresi

Manfaat buah pinang muda lainnya untuk kesehatan adalah mengurangi gejala depresi. Hal ini disebutkan dalam jurnal Biomedicine and Pharmacotherapy.

Dalam penelitian tersebut, ekstrak etanol buah pinang memiliki efek anti-depresi yang dapat mengurangi aktivitas berlebihan pada hipotalamus pituitari adrenal (HPA) yang berkaitan dengan respons stres tubuh.

Selain itu, buah pinang muda dapat melindungi sel-sel saraf di otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat memicu munculnya gejala depresi.

8.  Menjaga daya tahan tubuh

Buah pinang muda juga dapat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh berkat sifat antioksidan yang dimilikinya. 

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah pinang muda seperti flavonoid dan tanin dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel kekebalan tubuh. 

Dengan begitu, sel kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik untuk melindungi tubuh dari risiko infeksi bakteri atau virus penyebab penyakit. 

9. Menjaga kesehatan gigi

gigi taring

Secara tradisional, sebagian masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan mengunyah biji pinang atau menyirih.

Hal ini karena mengunyah buah pinang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mengurangi bau mulut karena jenis buah ini memiliki sifat anti-bakteri. 

Sifat anti-bakteri pada buah pinang muda dapat menekan pertumbuhan bakteri di gigi dan mulut yang bisa menyebabkan bau mulut dan gigi berlubang. Namun, sebaiknya hindari terlalu sering mengunyah buah pinang. 

Pasalnya, studi dalam International Journal of Dental Hygiene mengungkapkan bahwa kebiasaan mengunyah buah pinang muda dikaitkan dengan risiko infeksi pada gusi.

10. Meningkatkan gairah seksual pria

Buah pinang dipercaya meningkatkan gairah seksual pada pria. Hal ini karena kandungan senyawa kimia di dalam buah pinang mampu meningkatkan gairah seksual.

Cara mengolah buah pinang muda untuk meningkatkan gairah seksual pria adalah dengan dibuat jus. Namun, potensi manfaat buah pinang muda ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

Studi dalam jurnal Sexual Medicine justru menunjukkan bahwa mengunyah buah pinang muda dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi (impotensi).

Efek samping buah pinang muda

Kebiasaan mengunyah buah pinang dalam jangka panjang dikaitkan dengan risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti aritmia, nyeri di dada, penyakit ginjal kronis, hingga kanker mulut.

Cara konsumsi buah pinang muda

Buah pinang muda bisa dikonsumsi secara langsung. Namun, karena rasanya yang cenderung agak pahit membuat kebanyakan orang lebih suka mengolahnya terlebih dahulu.

Jenis buah ini bisa diolah sebagai tambahan dalam salad atau dibuat jus. Cara membuat jus buah pinang juga cukup mudah.

Anda hanya perlu menghaluskan buah pinang dengan menggunakan blender, lalu tambahkan sedikit gula atau madu sebagai pemanis. 

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar penelitian mengenai manfaat buah pinang muda masih diuji coba pada hewan.

Dengan demikian, belum diketahui secara pasti efektivitas buah pinang muda sebagai obat untuk menangani berbagai masalah kesehatan. 

Selain itu, kebiasan mengunyah buah pinang muda dalam jangka panjang dapat berpotensi menyebabkan kanker mulut, luka pada rongga mulut, dan gangguan pada janin.

Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin menjadikan buah pinang muda sebagai pengobatan alternatif.

Kesimpulan

  • Ada berbagai potensi manfaat buah pinang muda untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan suasana hati, memelihara kesehatan tulang, menurunkan kadar gula darah, hingga mencegah anemia.
  • Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi buah pinang secara langsung atau dibuat menjadi jus.
  • Hindari kebiasaan mengunyah buah pinang dalam jangka panjang karena dapat meningkatkan risiko luka pada rongga mulut, gangguan pada janin, hingga kanker mulut.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan