home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Lansia Susah Makan? Ikuti 6 Cara yang Ampuh Mengatasinya

Lansia Susah Makan? Ikuti 6 Cara yang Ampuh Mengatasinya

Salah satu keluhan dalam merawat lansia adalah mereka kerap kali susah untuk makan. Padahal, makanan yang sehat menyediakan berbagai nutrisi yang membantu fungsi tubuh lansia bekerja dengan normal, dan menjaga lansia sehat dan bahagia. Kenapa ya, lansia tidak nafsu makan? Lantas, bagaimana cara Anda, sebagai keluarga atau pengasuh, mengatasi lansia yang susah makan? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini!

Kenapa lansia susah makan?

nafsu makan

Sebelum Anda mencoba cara untuk mengatasi lansia yang susah makan, Anda perlu tahu penyebabnya lebih dahulu.

Ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan lansia tidak mau makan, seperti dikutip dari studi pada jurnal Nursing older people. Pertama, nafsu makan yang menurun berkaitan erat dengan melambatnya metabolisme tubuh sehingga proses pengosongan lambung ikut melambat dan membuat perut jadi kenyang lebih lama. Di samping itu, hormon yang mengirim sinyal rasa lapar ke otak juga ikut menurun. Keduanya membuat lansia jadi tidak nafsu makan.

Kedua, pengaruh kesehatan fisik dan emosional lansia juga memengaruhi nafsu makan. Jika lansia memiliki masalah pada mulut, mengalami efek samping mual dan muntah dari pengobatan tertentu, atau lansia memiliki gangguan mental, dampaknya akan menurunkan keinginan mereka untuk menyantap makanan.

Cara mengatasi lansia yang susah makan

persiapan puasa untuk lansia

Lansia yang tidak mau makan, tentu tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan lansia mengalami malnutrisi alias kekurangan gizi. Padahal, berbagai zat gizi sangat lansia butuhkan untuk menjaga fungsi organ dan jaringan tubuhnya tetap sehat.

Jangan khawatir, Anda bisa mencoba beberapa trik berikut ini agar lansia mau makan dengan baik.

1. Sediakan makanan bergizi dan sesuai dengan kondisi mereka

Agar lansia tidak kekurangan zat gizi, Anda perlu menyediakan berbagai makanan padat gizi. Pilihan makannya cukup beragam, seperti buah-buahan, sayur-mayur, gandum utuh, biji-bijian, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, Anda juga perlu menyajikan makanan sesuai dengan kondisi lansia agar mereka mau makan dengan lahap. Lansia lebih mudah mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut, potongan makanannya kecil, dan suhu makananya tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Cara ini cukup jitu untuk mengatasi lansia yang susah makan, jadi sangat perlu Anda terapkan.

Nah, menu makanan lansia untuk sarapan, coba berikan selembar roti gandum panggang dengan selai kacang di atasnya. Menjelang siang hari, sajikan sepiring nasi putih hangat dengan sup sayuran favoritnya supaya nafsu makannya bertambah. Berikan porsi makan sedikit, tapi lebih sering.

Batasi penggunaan garam, gula, dan lemak yang tidak baik untuk kesehatan lansia. Apalagi jika lansia mengidap hipertensi atau penyakit degeneratif lainnya. Sebaiknya, ganti dengan rempah-rempah pengganti garam dan gula untuk meningkatkan cita rasa makanan dan menambah nafsu makan lansia.

2. Berikan camilan sehat

Agar pola makan sehat untuk lansia semakin sempurna, Anda juga perlu memperhatikan camilan yang mereka konsumsi. Hal ini bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi lansia jika sebelumnya ia tak nafsu makan.

Anda dapat memberikannya satu buah pisang atau segelas jus buah sebagai camilan sehat. Tidak hanya mengatasi lansia yang susah makan, tapi juga bisa menjadi cara untuk menekan keinginan lansia untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

3. Ajak mereka berolahraga

Cara mengatasi lansia yang susah makan selanjutnya ini, pasti tidak pernah Anda duga, yakni olahraga. Anda bisa memilih olahraga yang aman untuk lansia, seperti jalan santai, yoga, atau latihan peragangan untuk lansia.

Selain membantu menguatkan tulang dan otot, olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan pada lansia, lho. Yang terpenting, sesuaikan dengan kesanggupan orangtua Anda, ya. Pastikan mereka merasa nyaman dan terpacu untuk rutin olahraga, supaya kebugaran tubuhnya kian terjaga.

5. Ciptakan suasana makan yang hangat dan menyenangkan

membujuk lansia supaya mau makan

Lansia kerap kali enggan makan, karena ia hanya makan sendirian dan merasa kesepian. Nah, cara ampuh untuk mengatasi lansia yang susah makan ini adalah dengan mengajaknya makan bersama anggota keluarga yang lain. Bisa juga dengan mengundang tetangga di sekitar yang usianya seumuran.

Selain mempererat silaturahmi, hal ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan lansia, lho. Semakin baik suasana hati para lansia, mereka akan semakin mudah untuk menyantap makanan yang disajikan di depannya.

6. Ikuti perawatan dokter

Jika nafsu makan menurun akibat masalah kesehatan, seperti masalah gigi atau gangguan kejiwaan, perawatan ke dokter sangat perlu lansia jalani. Membiarkan kondisi ini bisa memperburuk nafsu makan, sekaligus kesehatan tubuh. Jadi, pastikan mereka mengikuti pengobatan secara rutin.

Kesehatan mulut lansia juga bisa Anda tingkatkan dengan rajin menyikat gigi, dan membatasi atau menghindari makanan manis yang sering menyangkut di sela-sela gigi.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Topics, H. (2021). Nutrition for Older Adults: MedlinePlus. Retrieved 19 March 2021, from https://medlineplus.gov/nutritionforolderadults.html.

Pilgrim, A. L., Robinson, S. M., Sayer, A. A., & Roberts, H. C. (2015). An overview of appetite decline in older peopleNursing older people27(5), 29–35. https://doi.org/10.7748/nop.27.5.29.e697.

staff, f. (2021). Preventing Malnutrition in Older Adults – familydoctor.org. Retrieved 19 March 2021, from https://familydoctor.org/preventing-malnutrition-in-older-adults/.

Senior health: How to prevent and detect malnutrition. (2021). Retrieved 19 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/caregivers/in-depth/senior-health/art-20044699.

Strategies to improve nutrition in elderly people – Prescription foods. (2021). Retrieved 19 March 2021, from https://bpac.org.nz/BPJ/2011/May/elderly.aspx.

Caring for the elderly. (2021). Retrieved 19 March 2021, from https://www.dentalhealth.org/caring-for-the-elderly.

The National Council on Aging. (2021). Retrieved 19 March 2021, from https://www.ncoa.org/economic-security/benefits/food-and-nutrition/senior-nutrition/.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 12/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x