Definisi

Apa itu tes kehamilan di rumah?

Tes kehamilan rumahan dapat menemukan adanya hormon kehamilan (human chorionic gonadotropin/hCG) dalam sampel urin. Kadar hCG yang tinggi diproduksi selama kehamilan. Tes rumahan memiliki hasil yang sama dengan tes kehamilan dengan urin di kebanyakan kantor dokter jika digunakan tepat sesuai dengan instruksi.

Ketika wanita menjadi hamil, sel telur umumnya dibuahi oleh sel sperma dalam tuba fallopi (konsepsi). Dalam 9 hari setelah pembuahan, telur turun dari tuba fallopi menuju uterus dan menempel pada dinding uterus. Saat sel telur yang dibuahi menempel, plasenta mulai berkembang dan mulai melepaskan hCG ke dalam darah wanita. Beberapa hCG ini juga masuk ke dalam urin. Dalam beberapa minggu pertama kehamilan, jumlah hCG dalam urin semakin tinggi dengan sangat cepat—mengganda setiap 2-3 hari.

Ada dua jenis dasar tes kehamilan rumahan:

Jenis tes kehamilan rumahan paling umum menggunakan stik atau tongkat ukur yang Anda sentuhkan pada dalam aliran urin atau celup ke dalam sampel urin. Area di ujung tongkat ukur atau stik berubah warna bila terdapat hCG, yang berarti Anda hamil.

Jenis kedua menggunakan gelas pengumpul urin dengan alat tes. Untuk menggunakan jenis tes ini, Anda boleh menuang urin ke dalam dasar alat tes atau menaruh alat tes ke dalam urin yang terkumpul dalam gelas. Area alat berubah warna jika terdapat hCG, yang berarti Anda hamil.

Urin pertama di pagi hari (yang telah terkumpul dalam kandung kemih sepanjang malam) adalah yang terbaik untuk digunakan dan memiliki hasil tes yang paling akurat.

Akurasi tes kehamilan rumahan berbeda pada setiap wanita karena:

  • hari siklus menstruasi dan ovulasi wanita bisa berubah setiap bulan
  • hari pasti implantasi sel telur yang dibuahi tidak selalu diketahui
  • setiap perangkat tes kehamilan rumahan memiliki sensitivitas yang berbeda satu sama lain untuk menemukan hCG. Jika kadarnya sangat rendah, urin pertama di pagi hari berpeluang terbesar untuk menunjukkan hasil yang positif

Walaupun beberapa tes kehamilan rumahan mungkin cukup sensitif untuk mendeteksi kehamilan di hari pertama wanita terlambat menstruasi, kebanyakan perangkat tes biasanya lebih akurat jika digunakan sekitar seminggu setelah telat menstruasi.

Kapan saya harus menjalani tes kehamilan di rumah?

Jika Anda berpikir Anda hamil, Anda harus melakukan tes kehamilan di rumah sebelum pergi ke rumah sakit atau menemui dokter.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani tes kehamilan di rumah?

Perangkat tes kehamilan rumahan dapat digunakan pada beberapa hari setelah terlambat menstruasi. Namun, hasil tes akan lebih akurat bila Anda menunggu beberapa hari lebih lama. Jika Anda melakukan tes segera setelah Anda tidak menstruasi dan hasil menunjukkan bahwa Anda tidak hamil (hasil negatif), ulangi tes dalam seminggu bila periode menstruasi belum juga mulai, atau lakukan tes kehamilan di kantor dokter atau klinik.

Sebagian besar wanita akan mendapatkan hasil positif setelah beberapa hari tidak menstruasi tapi beberapa wanita mungkin mendapatkan hasil negatif pada awal kehamilan.

Human chorionic gonadotropin (hCG) bisa ditemukan dalam darah sebelum ditemukan dalam urin. Tes darah dapat memastikan kehamilan sekitar 6 hari setelah implantasi sel telur yang dibuahi ke dalam uterus (bahkan sebelum melewatkan periode menstruasi).

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani tes kehamilan di rumah?

Anda bisa membeli perangkat tes kehamilan rumahan di apotek atau supermarket. Anda tidak memerlukan resep dokter. Perangkat tes umumnya memiliki tongkat ukur atau stik dan instruksi yang menjelaskan cara melakukan tes. Beberapa perangkat memiliki gelas penampung urin dan tongkat ukur yang Anda celupkan dalam urin. Semua perangkat memberi tahu Anda untuk menunggu selama jumlah waktu yang spesifik sebelum membaca hasilnya.

Bagaimana proses tes kehamilan di rumah?

Baca instruksi yang diberikan bersama dengan perangkat rumahan dengan hati-hati. Instruksi akan beragam antara satu perangkat dan perangkat lainnya. Pastikan membaca hasil tes pada waktu yang tepat yang terindikasi dalam instruksi untuk hasil akurat. Jika Anda memiliki perangkat yang meminta Anda mengambil sampel urin di pagi hari, ujilah urin yang telah berada dalam kandung kemih selama setidaknya 4 jam. Sampel urin pertama di pagi hari (yang telah terkumpul dalam kantong kemih sepanjang malam) memberikan hasil tes yang paling akurat. Uji urin dalam 15 menit pengumpulan sampel.

Jika Anda menggunakan alat yang berupa stik ukur, buang air kecil dulu dalam jumlah sedikit, kemudian baru tahan stik ukur di aliran urin setelahnya. Ujilah sampel urin sesuai petunjuk yang berada dalam paket perangkat tes

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani tes kehamilan di rumah?

Dengan tes kehamilan rumahan apapun, jika tes menunjukkan Anda hamil (tes positif), Anda harus menemui ahli kesehatan profesional untuk memastikan tes dan mengatur perawatan selanjutnya. Jika tes tidak menunjukkan Anda hamil (tes negatif), masih ada kemungkinan Anda mungkin sebenarnya hamil. Anda harus mengulangi tes dalam seminggu jika periode menstruasi belum mulai juga. Jika tes ulangan tetap negatif, mungkin Anda memang tidak hamil, tapi Anda harus berbicara dengan ahli kesehatan profesional tentang mengapa Anda tidak menstruasi.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Penting untuk mengetahui apa arti hasil positif atau negatif.

Jika Anda mendapatkan hasil positif, Anda hamil. Ini benar, tidak peduli sesamar apapun garis, warna, atau tanda. Jika Anda mendapatkan hasil positif, Anda mungkin ingin menghubungi dokter untuk berbicara tentang apa yang akan selanjutnya terjadi.

Dalam kasus yang sangat langka, Anda bisa memiliki hasil positif palsu. Ini berarti Anda tidak hamil tapi tes menunjukkan bahwa Anda hamil. Anda bisa memiliki hasil positif palsu jika terdapat darah atau protein dalam urin. Obat-obatan tertentu, misalnya penenang, anti kejang, atau hipnotik, mungkin juga menyebabkan hasil positif palsu.

Jika Anda mendapatkan hasil negatif, Anda mungkin tidak hamil. Namun, Anda mungkin masih hamil jika:

  • alat tes sudah kedaluwarsa
  • Anda melakukan tes dengan cara yang salah
  • Anda terlalu cepat melakukan tes
  • urin terlalu encer karena Anda terlalu banyak minum cairan tepat sebelum tes
  • Anda sedang minum obat-obatan tertentu, misalnya diuretik atau antihistamin

Jika Anda mendapatkan hasil tes kehamilan negatif, coba tes lagi dalam waktu sekitar seminggu untuk mengecek ulang. Beberapa tes kehamilan rumahan menyarankan untuk melakukannya terlepas dari hasil Anda.

Bagaimana jika Anda mendapatkan dua hasil yang berbeda?

Hubungi dokter. Tes darah adalah ide yang bagus untuk memastikan apakah Anda hamil.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.
Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca