Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Perubahan Kehidupan Seks Saat Istri Hamil

Perubahan Kehidupan Seks Saat Istri Hamil

Banyak suami yang mengaku gairah seks selama kehamilan semakin ‘memanas’, namun banyak pula yang justru merasa sebaliknya. Kedua reaksi ini sebenarnya wajar. Bagaimanapun reaksi suami, hanya ada satu hal yang pasti: ketika istri hamil, kehidupan seks Anda pasti akan berubah.

Amankah seks saat hamil?

Banyak pasangan yang berhenti berhubungan seks selama kehamilan karena takut menyakiti bayi. Jika itu alasannya, Anda tidak usah khawatir lagi! Selama melakukan seks, janin akan tetap aman terlindung dalam kantung penuh cairan ketuban.

Namun, ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan Anda dan pasangan tidak disarankan untuk berhubungan seks. Calon ibu harus menemui dokter atau bidan untuk pemeriksaan gangguan kehamilan seperti placenta praevia, perdarahan, atau jika ada riwayat keguguran sebelumnya.

Hasrat seks berubah. Wajarkah?

Berubahnya hasrat untuk melakukan hubungan seksual pada masa kehamilan adalah hal yang wajar. Pada trimester pertama kehamilan, beberapa pria mengaku gairah seksnya lebih hidup dibanding sebelumnya. Banyak pria yang mengungkapkan kedekatan emosionalnya melalui hubungan seksual. Selain itu, tubuh pasangannya sekarang terlihat sebagai sisi feminin yang justru membuatnya semakin menarik.

Di sisi lain, beberapa pria justru merasa trimester pertama (bahkan mungkin selama masa kehamilan) merupakan waktu ketika hasrat seksual mereka menurun. Sebelum hamil, Anda dan pasangan melakukan seks untuk mengeratkan hubungan dan bersenang-senang. Namun setelah hamil, ia akan cenderung mencurahkan perhatian dan segala fungsi tubuh untuk kesehatan pertumbuhan bayi. Perasaan “dinomorduakan” ini mungkin justru mematikan gairah seks Anda.

Selain respon suami, respon istri tentang seks selama kehamilan juga bervariasi. Beberapa istri justru merasa lebih dekat secara emosional daripada sebelumnya. Selain itu, istri mungkin dapat menemukan cara mengembalikan gairah seksnya serta merasa lebih percaya diri dengan tubuh barunya yang lebih montok selama kehamilan.

Namun, beberapa wanita hamil mungkin menghabiskan trimester pertamanya dengan mual-mual atau sakit. Istri mungkin berpikir bahwa ibu hamil seharusnya tidak berhubungan seks karena dapat menyakiti bayi. Selain itu, rasa tidak percaya diri karena merasa gemuk dan tidak menarik mungkin menghantui beberapa istri untuk berhubungan seksual.

Bagi banyak pasangan, tubuh hamil justru semakin membingungkan dan kerap menimbulkan konflik dan kesalahpahaman. Suami merasa tubuh hamil pasangan membangkitkan gairah tetapi mereka tidak ingin berhubungan seks karena khawatir sang istri merasa tidak semenarik dulu. Istri juga mungkin merasa lebih seksi dari sebelumnya tapi tidak ingin melakukan hubungan seksual karena takut sang suami tidak tertarik padanya lagi. Lalu, apa solusinya?

Solusinya hanya satu yaitu komunikasi. Utarakan perasaan, keinginan, dan kekhawatiran masing-masing sehingga kesalahpahaman tersebut dapat diselesaikan.

Selama beberapa bulan terakhir masa kehamilan, kedua pasangan umumnya merasa posisi seks yang biasa dilakukan tidak lagi terasa nyaman atau bahkan tidak mungkin dilakukan. Manfaatkanlah momen ini untuk bereksplorasi dengan mencoba posisi lain yang mungkin lebih nyaman baginya.

Jika ternyata hubungan seks membawa lebih banyak rasa sakit daripada kesenangan, cobalah alternatif lain, misalnya dengan masturbasi, oral seks, atau menggunakan vibrator. Cara-cara ini juga tidak kalah menyenangkan seperti halnya seks penetratif.

BACA JUGA:

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

http://www.babycentre.co.uk/a1005112/how-your-sex-life-will-change-as-a-dad-to-be#ixzz3di7uLeLU

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team