Hipertensi dan diabetes adalah dua penyebab gagal ginjal yang paling umum pada orang dewasa dan usia lanjut. Namun bukan berarti orang-orang muda, bahkan anak kecil sekalipun, bebas risiko gagal gagal ginjal. Kebiasaan makan yang tidak sehat menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan, sehingga tak menutup kemungkinan makin banyak anak muda yang rentan terhadap penyakit ini.

Berbagai penyebab gagal ginjal di usia muda

Penyebab agal ginjal di usia muda umumnya dipicu oleh kelainan bawaan atau penyakit yang sudah ada. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Hemolitik Uremik Sindrom (HUS)

Hemolitik uremik sindrom (HUS) adalah gangguan ginjal akibat adanya infeksi pada sistem pencernaan, sehingga ginjal memproduksi zat beracun yang merusak sel-sel darah merah. Sel darah merah yang rusak menyumbat sistem penyaringan pada ginjal, yang akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal yang mengancam jiwa. Kondisi ini merupakan penyebab utama terjadinya gagal ginjal mendadak pada anak kecil.

HUS biasanya berkembang pada anak-anak setelah lima sampai 10 hari diare dan seringkali berdarah. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri bakteri Escherichia coli.

2. Penyakit Ginjal Polikistik (PKD)

Penyakit ginjal polikistik (PKD) adalah gangguan genetik yang ditandai dengan pembentukan kista (tumor jinak) dalam ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal membesar dan kehilangan fungsinya secara berkala. Kista di ginjal ini juga dapat sewaktu-waktu berkembang sampai ke organ hati.

3. Goodpasture’s syndrome

Goodpasture’s syndrome adalah kelainan paru langka yang dapat menyerupai pneumonia. Goodpasture’s syndrome menyebabkan perdarahan di paru-paru serta glomerulonefritis. Kondisi ini bisa terjadi pada seseorang yang memiliki faktor genetik dan disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti merokok, infeksi, paparan hidrokarbon serta debu logam, dan sebagainya.

Glomerulonefritis (GN) adalah peradangan pada glomerulus, yaitu struktur pada ginjal yang terbuat dari pembuluh darah kecil. Glomerulus mengeluarkan cairan, elektrolit dan zat sisa berlebih dari aliran darah dan mengeluarkannya melalui urin. Jika glomerulus Anda terganggu, ginjal akan berhenti bekerja dengan benar dan Anda dapat mengalami gagal ginjal.

4. IgA Nefropati

IgA nefropati adalah kondisi yang timbul akibat adanya endapan protein imunoglobulin A (IgA) dalam saluran glomerulus dalam ginjal. Glomerulus biasanya berfungsi sebagai penyaring limbah dan kelebihan air dari darah dan mengirimkannya ke kandung kemih sebagai urin. Namun, protein IgA mencegah proses penyaringan ini.

Hal ini dapat mengakibatkan darah dan protein dalam urin, serta pembengkakan di tangan dan kaki. Gejala yang paling umum adalah adanya darah dalam urin. Penyakit ini dapat diderita semua umur, namun biasanya kondisi ini dapat menjadi penyebab gagal ginjal pada pada usia muda.

5. Refluks nefropati

Penyakit ini disebabkan karena semua zat yang telah melewati proses penyaringan dalam ginjal dan keluar bersama urine kembali masuk ke bagian ginjal. Hal ini bisa terjadi karena kandung kemih mengalami masalah sehingga katup yang seharusnya menuju ureter tidak bisa bekerja. Penyakit ini akan menyebabkan gagal ginjal secara perlahan. Kelainan ini sering menjadi salah satu kondisi bawaan lahir dan banyak terjadi pada anak-anak.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca