6 Manfaat Teh Hibiscus (Kembang Sepatu) dan Cara Bikinnya di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Pernahkah Anda coba minum teh hibiscus? Ini adalah teh herbal yang dibuat dari kembang sepatu yang dikeringkan, berwarna merah tua. Teh hibiscus memiliki rasa manis dan asam yang bisa diminum panas atau dingin. Minuman teh herbal ini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan Anda. Sebuah penelitian menemukan berbagai manfaat teh hibiscus, di antaranya mengendalikan tekanan darah dan membantu menurunkan berat badan.

Apa saja manfaat teh hibiscus?

kecanduan teh

1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa minum teh hibiscus dapat menurunkan tekanan darah.

Penelitian ini dilakukan pada 65 orang dengan hipertensi. Peserta dibagi menjadi dua, sebagian diberi minum teh hibiscus dan sebagian lagi tidak. Setelah 6 minggu, peserta yang minum teh hibiscus mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang cukup  dibanding yang tidak minum.

Ulasan dari 5 penelitian lain menemukan bahwa teh hibiscus mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing, dengan rata-rata 7,58 mmHG dan 3,53 mmHG.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat teh hibiscus dalam menurunkan kadar kolesterol ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine. Penelitian ini membandingkan kadar kolesterol pada orang yang minum teh hibiscus dengan teh hitam.

Sebanyak 60 peserta dengan tekanan darah tinggi minum teh hibiscus atau teh hitam setiap dua kali sehari selama 30 hari. Hasilnya menunjukkan terjadi peningkatan kadar kolesterol HDL alias kolesterol baik, sedangkan kadar kolesterol LDL alias kolesterol jahat dan trigliserida menurun pada orang-orang yang minum teh hibiscus.

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang minum teh hibiscus tidak mengalami perubahan kadar kolesterol LDL tapi mengalami peningkatan kadar kolesterol total dan HDL. Namun, masih diperlukan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk memastikan manfaat teh hibiscus pada kadar kolesterol.

4. Membantu menurunan berat badan

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat teh hibiscus dalam membantu menurunkan berat badan. Salah satu penelitian yang dilakukan pada 36 orang dengan kelebihan berat badan dan diberi minum teh hibiscus mengalami perubahan berat badan.

Setelah 12 minggu, peserta yang minum teh hibiscus mengalami penurunan angka berat badan, presentase lemak tubuh, nilai indeks massa tubuh, dan rasio pinggul ke pinggang.

5. Mengatasi peradangan

Teh hibiscus kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat membantu mencegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas.

Teh hibiscus juga mengandung banyak fitokimia seperti polifenol dan antosianin. Senyawa-senyawa ini dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh yang ketikda tidak terkendali dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, diabetes, dan radang sendi.

6. Meningkatkan kesehatan hati

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hibiscus dapat meningkatkan kesehatan organ hati (liver) dan membantu meningkatkan kinerja hati dengan semestinya.

Penelitian ini dilakukan pada 19 orang yang kelebihan berat badan menemukan bahwa minum teh hibiscus selama 12 minggu dapat memperbaiki steatosis hati. Kondisi ini ditandai dengan akumulasi lemak di hati yang dapat menyebabkan gagal hati.

Dari ulasan di atas banyak manfaat yang didapat dari mengonsumsi teh hibiscus. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat dari teh tersebut. Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter jika ingin mengonsumsi teh ini. Pasalnya teh ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan seperti hydrochlorothiazide, chloroquine, paracetamol (acetaminophen) dan obat-obat penurun gula darah.

Membuat teh hibiscus di rumah

Dilansir dari Kompas, Iwan R. Hudaya, seorang konsultan dan pembudidaya hibiscus membagikan resep mengolah hibiscus menjadi teh.

Teh hibiscus dibuat dari kelopak bunga yang sudah dikeringkan dan dipisahkan dari bijinya. Jemur kelopak bunga di sinar matahari selama 1-2 hari untuk memudahkan pemisahan lidah kelopak yang berwarna merah dengan bijinya.

Kelopak yang sudah dipisahkan dengan biji dicuci hingga bersih, lalu dijemur lagi selama 3-5 hari. Kemudian simpan kelopak bunga yang sudah kering dalam wadah tertutup.

Kelopak yang sudah kering akan mudah menjadi bubuk bila diremas. Simpan dalam toples bersih dan tutup rapat. Agar bubuk teh hibiscus lebih tahan lama, tidak berbau, dan bebas jamur, masukkan bungkus silika gel ke dalam toples.

Untuk minum teh hibiscus, seduh dengan air mendidih seperti biasa Anda membuat teh pada umumnya. Tambahkan gula pasir sesuai selera. Teh hibiscus dapat diminum dalam keadaan hangat atau dingin.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca