Tak Hanya Segar, Ternyata Ini 3 Khasiat Minum Air Lemon di Pagi Hari

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Air lemon memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, asal diminum dengan cara yang tepat. Air lemon memang boleh diminum kapan saja. Namun, tahukah Anda bahwa minum air lemon di pagi hari, khususnya setelah bangun tidur, dapat membantu mengatasi dehidrasi. Lalu, bagaimana cara tepat minum air lemon di pagi hari? Yuk, simak artikel berikut.

Manfaat utama mengonsumsi air lemon di pagi hari

Sebagian besar orang mungkin takut jika harus minum air lemon di pagi hari. Alasannya, takut menimbulkan sakit perut. Namun nyatanya, bila diminum dengan porsi yang tepat, ada beragam khasiat minum air lemon di pagi hari, lho.

1. Mengatasi dehidrasi

Saat bangun tidur di pagi hari, Anda akan merasa haus dan butuh minum. Sementara, kebanyakan orang enggan minum air mineral yang tidak memiliki rasa.

Maka itu, banyak yang malah minum minuman manis di pagi hari pengganti air putih. Nah, solusi dari masalah ini sebenarnya Anda bisa menambahkan potongan atau sedikit perasan lemon ke dalam air putih.

Hal ini akan membuat air putih Anda memiliki rasa segar. Dengan begitu, air perasaan lemon juga bermanfaat untuk membantu Anda minum lebih banyak air.

2. Mengurangi bau mulut

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat bangun tidur mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi air perasaan lemon. Salah satu manfaat air lemon adalah merangsang air liur, sehingga bau mulut bisa tertutupi dengan air lemon ini.

Selain itu, bau tidak sedap yang tercium dari mulut Anda pada pagi hari juga dapat disebabkan karena mulut kering. Saat mulut kering, bakteri akan muncul dan dapat menyebabkan bau mulut. Oleh sebab itu, dengan ‘membasahi’ mulut dengan air lemon, bau mulut pun akan menghilang.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat air lemon pada pagi hari adalah membantu melancarkan pencernaan. Air lemon memang dipercaya dapat menjadi minuman pencahar alami sehingga mencegah sembelit karena asam yang terdapat pada buah lemon dapat membantu menguraikan makanan di dalam perut.

Dengan begitu, kotoran yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh akan lebih cepat keluar saat mengonsumsi air perasan lemon.

Jika Anda ingin memulai hari dengan hal yang berbeda, mungkin sesekali Anda bisa mencoba minum air lemon sebagai teman sarapan di pagi hari. Bagi Anda yang punya riwayat gejala maag atau gangguan pencernaan lainnya, hati-hati saat minum air lemon di pagi hari.

Untuk beberapa orang, hal ini bisa menyebabkan gejala kambuh, karena minum dalam keadaan perut yang kosong. Maka itu, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter Anda sebelum mencoba kebiasaan ini.

5 cara tepat minum air lemon di pagi hari

Mengonsumsi air lemon di waktu yang tepat, harus dengan cara yang tepat pula agar manfaatnya terasa. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi air lemon di pagi hari.

1. Gunakan perasan lemon segar

Mengonsumsi air lemon di pagi hari dapat membantu Anda mengatasi dehidrasi dan mengurangi bau mulut karena perasan lemon dipercaya dapat menstimulasi saliva atau air liur sehingga dapat menghindarkan Anda dari bau mulut di pagi hari.

Untuk merasakan manfaat dari minum air lemon di pagi hari, gunakan perasan lemon asli, bukan ekstrak atau perasa lemon. Pasalnya, ekstrak lemon mungkin dicampur dengan bahan-bahan lain yang belum tentu bermanfaat bagi tubuh Anda. Sementara, hanya buah lemon asli yang dapat memberikan manfaat air lemon yang sesungguhnya.

2. Gunakan sedotan

Cara paling aman untuk minum air lemon, entah itu di pagi hari atau bukan, adalah dengan menggunakan sedotan.

Hal ini disebabkan lemon mengandung asam sitrat yang jika dikonsumsi terlalu banyak dapat mengikis lapisan luar gigi. Jika dikonsumsi menggunakan sedotan, air lemon akan langsung menuju bagian dalam mulut Anda dan menuju ke dalam kerongkongan.

Dengan begitu, kemungkinan air lemon ‘bertemu’ dengan gigi semakin kecil. Untuk mengurangi pengikisan lapisan gigi ini, sebaiknya segera gosok gigi atau kumur-kumur dengan air setelah mengonsumsi air lemon.

Jadi, Anda akan tetap merasakan manfaatnya dan mengurangi risiko dari mengonsumsi air lemon ini.

3. Minum segera setelah dibuat

Jika Anda memiliki buah lemon dalam jumlah banyak, mungkin Anda ingin memeras semuanya meski tidak dikonsumsi saat itu juga. Padahal, air perasan lemon yang masih mengandung ampasnya, akan lebih baik untuk kesehatan usus karena dapat memperlambat penyerapan gula sehingga dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

Meski begitu, bukan berarti air lemon yang disimpan terlebih dahulu tidak memiliki kandungan manfaat lagi. Jika menyimpannya dengan benar, maka air lemon masih dapat dikonsumsi hingga 4-6 bulan lamanya. Sebaiknya simpan dan bekukan air perasan lemon di dalam freezer jika ingin menyimpannya untuk jangka waktu lama.

4. Minum dengan takaran yang sesuai

Bila Anda ingin mendapatkan semua khasiat yang telah disebutkan sebelumnya, Anda harus minum sesuai dengan takaran yang pas. Takaran yang tepat adalah dengan memeras setengah buah lemon ke dalam 250 mililiter air.

Jika Anda ingin menggunakan membuatnya dalam jumlah besar, gunakan perhitungan yang tepat. Misalnya, jika ingin membuat 1 liter air lemon, peras 2 buah lemon untuk takaran yang sesuai.

Jangan terlalu banyak menggunakan perasan air lemon jika Anda memiliki gangguan pencernaan. Sebaiknya konsultasikan dulu hal ini pada dokter Anda.

5. Tambahkan bahan lainnya

Saat mengonsumsi air lemon, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan-bahan lain yang juga baik untuk kesehatan Anda. Anda bisa menambahkan satu sendok madu asli, atau satu iris jahe, kayu manis, atau bahan sehat lain sesuai dengan ketersediaan dan selera Anda. Bahan-bahan ini dapat menawarkan manfaat lain selain manfaat dari air lemon yang Anda konsumsi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca