Semakin Tua, Koordinasi Mata-Tangan Akan Menurun. Yuk, Jaga Dengan 4 Cara Ini!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tahukah Anda mengenai koordinasi mata dan tangan? Ini merupakan kerja sama antara anggota gerak dengan indra, yang erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari. Contohnya, ketika mengetik dan menggambar. Sayangnya, banyak yang tidak menaruh perhatian pada hal ini, kecuali saat Anda mengalami masalah. Sebenarnya, seberapa penting kemampuan tubuh ini?  Apakah bisa ditingkatkan? Simak ulasannya berikut ini.

Pentingnya koordinasi mata dan tangan

Seiring bertambahnya usia, produktivitas Anda akan semakin menurun. Mengapa? Kecepatan dalam mengerjakan suatu tugas akan menurun dan jumlah pekerjaan yang bisa Anda tangani jadi berkurang. Termasuk, menumpulnya ketangkasan dan reaksi Anda dalam memberikan tanggapan. Ya, itu semua erat kaitannya dengan koordinasi tubuh, yaitu mata dan tangan.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa koordinasi mata dan tangan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari menulis, menggambar, menjahit, memotong sesuatu, sampai menangkis bola yang akan mengenai wajah kita, merupakan contoh sederhana koordinasi mata dengan tangan.

Nah, menurunnya koordinasi tubuh ini umumnya disebabkan oleh penuaan. Semakin tua usia seseorang, biokimia otak, struktur, dan fungsi tubuh akan melemah. Hal ini menyebabkan keterampilan motorik, seperti koordinasi mata dan tangan jadi tidak setajam dulu. Ditambah lagi dengan gangguan saraf dan otak, seperti ataksia, multiple sclerosis, atau cedera fisik yang rentan terjadi pada orang tua juga memperburuk fungsi tubuh ini.

Cara menjaga dan meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Menurunnya koordinasi mata dan tangan dapat mengganggu aktivitas. Tenang, Anda bisa menjaga dan meningkatkan fungsi tubuh tersebut dengan beberapa cara, seperti:

1. Olahraga

basket dapat menambah tinggi badan

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk koordinasi mata dengan tangan. Gerakan berulang saat berolahraga bisa meningkatkan volume otak dan melatih ketangkasan tangan untuk bergerak dan mata untuk membidik sasaran.

Olahraga yang mempertajam koordinasi tangan dengan mata, antara lain berenang, tai chi, tenis, bulu tangkis, basket, voli, dan olahraga lainnya.

2. Latih koordinasi lewat permainan

Sumber: Onedio

Tidak hanya olahraga, beberapa permainan juga bisa melatih ketangkasan tangan dan konsentrasi mata untuk mengikuti objek. Biasanya kegiatan ini lebih direkomendasikan pada anak-anak. Namun, orang dewasa juga bisa ikuti memainkan permainan ini bersama keluarga atau teman saat bersantai di taman, seperti:

3. Mengonsumsi makan sehat seimbang

vitamin saat puasa

Memiliki koordinasi mata dengan tangan yang baik, tidak lepas dari pilihan makanan yang tepat. Makanan memberikan nutrisi bagi mata, otot, dan otak supaya tetap sehat dan bekerja dengan normal. Contohnya, ikan, telur, susu, wortel, sayuran hijau, jeruk, kacang-kacangan, dan jeruk.

Selain vitamin dan protein, makanan tersebut juga dikenal mengandung banyak antioksidan yang bisa mencegah peradangan pada otot, sel-sel mata, dan otak.

4. Rutin cek kesehatan ke dokter

penyebab sirosis hati

Koordinasi mata dan tangan sering kali terganggu karena adanya gangguan pada mata, misalnya rabun jauh, rabun dekat, dan silinder. Selain itu, masalah pada otot tangan juga bisa menghalangi kebebasan tangan untuk bergerak lincah.

Jika Anda memiliki kondisi ini, jangan lupa untuk rutin cek kesehatan. Ikuti perawatan yang dianjurkan oleh dokter dan hindari berbagai hal yang bisa memperparah kondisi tersebut.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca