4 Tips Jitu Mencegah Selangkangan Menghitam Akibat Pakai Pembalut Wings

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Wanita bisa gonta-ganti pembalut 2-4 kali dalam sehari saat haid. Coba hitung berapa banyak pembalut yang Anda bisa habiskan dalam seminggu? Nah jika Anda terbiasa pakai pembalut yang bersayap alias wings, lama-lama selangkangan bisa menghitam karenanya. Kenapa? Adakah cara mencegah selangkangan jadi hitam karena pembalut?

Kenapa pembalut wings bisa bikin selangkangan hitam?

Tidak banyak yang tahu bahwa naik-turunnya hormon selama menstruasi dapat membuat warna kulit sedikit menggelap dari biasanya. Termasuk kulit di area selangkangan. Namun, selangkangan juga bisa tambah hitam karena pembalut wings yang Anda pakai selama menstruasi.

Selangkangan jadi hitam karena sayap pembalut wings yang menempel di kedua sisi celana dalam terus bergesekan dengan kulit paha dalam setiap kali Anda berjalan. Kondisi ini disebut chafing. Gesekan yang berlangsung lama dan konstan pada akhirnya akan membuat kulit Anda terasa panas seperti terbakar hingga mengiritasi kulit. Ketika selangkangan lecet, kulit di selangkangan akan menjadi tipis, terasa gatal, dan berubah warna menjadi gelap.

Efek chafing umumnya terasa lebih nyata selama menstruasi karena area vagina Anda juga terus-terusan dibiarkan lembap dalam waktu lama. Kombinasi dari gesekan antara kulit dan sayap pembalut serta dengan kain celana dalam sementara juga dipengaruhi kondisi area vagina yang terus lembap dapat membuat selangkangan Anda menghitam.

Cara mencegah selangkangan hitam karena pembalut

obat gatal di selangkangan

Berikut cara mencegah selangkangan Anda berubah hitam karena pakai pembalut wings:

1. Jangan pakai baju ketat

Chafing paling sering terjadi akibat gesekan antara kulit dengan bahan pakaian ketat. Maka, sebisa mungkin jangan dulu pakai baju ketat atau celana luar yang terlalu ketat saat mens.

Pakaian yang serba ketat memerangkap keringat sehingga area sekitar vagina jadi lebih lembap. Kondisi vagina yang lembap akan memudahkan gesekan terus terjadi antara kulit dengan sayap pembalut atau dengan bahan pakaian itu sendiri. Hal ini membuat kulit selangkangan jadi hitam.

Sebagai gantinya, kenakanlah pakaian longgar yang berbahan katun. Selain dapat menyerap keringat, bahan katun juga ringan sehingga nyaman untuk dipakai beraktivitas.

Celana dalam yang kesempitan atau kebesaran juga bisa mengiritasi kulit selangkangan.

2. Rutin ganti celana dalam

Celana dalam harus diganti minimal 2 kali dalam sehari. Namun, Anda mungkin harus lebih sering ganti celana dalam saat haid agar selangkangan tidak hitam karena pakai pembalut.

Segera ganti jika celana dalam sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap. Ini menandakan celana dalam Anda sudah lembab dan kotor. Kondisi lembab ini dapat memicu chafing yang dapat menghitamkan selangkangan Anda.

3. Pakai sunblock

Mencegah selangkangan hitam karena pembalut wings juga bisa dengan cara pakai sunblock atau sunscreen ber-SPF minimal 30. Terutama jika Anda sedang pakai gaun, rok, atau celana pendek.

Meski sudah pakai sunblock, sebisa mungkin tetap hindari paparan sinar matahari langsung agar kulit tidak cepat gosong.

4. Jaga vagina tetap kering

Vagina sejatinya bisa membersihkan dirinya sendiri. Namun, Anda tetap harus rutin menjaga kebersihan vagina saat haid. Menstruasi membuat area selangkangan terus terasa lembap. Selain mudah menghitamkan kulit selangkanga, kondisi lembap dapat memicu pertumbuhan bakteri atau jamur penyebab infeksi.

Oleh sebab itu, bersihkan vagina dengan membasuhnya pakai air hangat mengalir setiap kali habis buang air keci. Setelah dibilas, keringkan dengan baik agar tidak lembap.

Pastikan juga Anda mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali. Pembalut tanpa sayap bisa jadi pilihan terbaik agar selangkangan tidak berubah hitam karena sedang haid.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca