home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Tips Jitu Mencegah Selangkangan Menghitam Akibat Pakai Pembalut

3 Tips Jitu Mencegah Selangkangan Menghitam Akibat Pakai Pembalut

Kebiasaan yang wajib wanita lakukan saat sedang haid adalah rutin mengganti pembalut. Di sisi lain, pembalut dapat mengakibatkan selangkangan menghitam pada sebagian wanita. Apakah Anda sedang mengalaminya? Sebenarnya apa penyebab dan bagaimana cara mencegah selangkangan hitam karena pembalut? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Mengapa pembalut bisa membuat selangkangan hitam?

selangkangan hitam karena pembalut

Setiap orang dapat mengalami kondisi kulit yang berubah pada area tertentu seperti selangkangan hitam. Apalagi, pada wanita yang selalu menggunakan pembalut saat menstruasi.

Walaupun sudah terbiasa menggunakannya, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mengalami ruam, lecet, hingga warna kulit yang menggelap akibat pembalut.

Berikut adalah penyebab dari selangkangan hitam karena penggunaan pembalut.

1. Perubahan hormon

Tidak banyak yang tahu bahwa ketidakseimbangan hormon selama menstruasi dapat membuat warna kulit sedikit menggelap dari biasanya. Ini termasuk kulit di area selangkangan.

Dalam sebuah penelitian yang berjudul Catamenial Hyperpigmentation: a Review pun menjelaskan mengenai hal ini.

Perubahan hormonal selama siklus menstruasi wanita dapat memengaruhi banyak organ, termasuk kulit. Hal ini berhubungan dengan perubahan pigmen kulit, yaitu hiperpigmentasi katamenial.

Jadi, selangkangan yang hitam tidak hanya terjadi karena pembalut, tetapi juga hiperpigmentasi.

2. Lecet pada area selangkangan

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit bahwa penyebab utama dari selangkangan hitam saat menstruasi kemungkinan adalah karena pembalut bersayap.

Selangkangan jadi hitam karena sayap pembalut yang menempel di kedua sisi celana dalam terus bergesekan dengan kulit paha setiap kali Anda berjalan.

Kondisi ini disebut chafing, yaitu gesekan yang berlangsung lama dan konstan pada akhirnya akan membuat kulit Anda terasa panas seperti terbakar hingga mengiritasi kulit.

Ketika selangkangan lecet, kulit pada bagian paha dalam tersebut kemungkinan akan menjadi tipis, terasa gatal, dan berubah warna menjadi gelap.

Efek chafing umumnya lebih terlihat selama menstruasi karena area vagina menjadi lebih lembap. Apalagi, saat beraktivitas dalam waktu yang cukup lama.

Dapat dikatakan bahwa selangkangan hitam saat menstruasi juga dapat terjadi karena gesekan antara kulit dengan sayap pembalut serta area vagina yang lebih lembap dari biasanya.

Cara mencegah selangkangan hitam karena pembalut

selangkangan hitam karena pembalut

Area selangkangan yang hitam tidak hanya mengganggu karena rasa gatal, tetapi juga bisa mengubah penampilan paha dalam Anda.

Berikut adalah cara mencegah kondisi selangkangan hitam karena penggunaan pembalut bersayap yang bisa Anda coba.

1. Hindari pakaian ketat

Chafing paling sering terjadi akibat gesekan antara kulit dengan bahan pakaian ketat. Maka, sebisa mungkin hindari penggunaan baju serta celana yang terlalu ketat saat Anda menstruasi.

Perhatikan pula bahwa pakaian yang serba ketat dapat memicu sekaligus memerangkap keringat sehingga area sekitar vagina jadi lebih lembap.

Celana dalam yang kesempitan atau kebesaran juga bisa mengiritasi kulit selangkangan.

Area vagina yang lembap akan memicu serta mempermudah gesekan terus terjadi antara kulit dengan sayap pembalut atau dengan bahan pakaian itu sendiri.

Maka dari itu, hindari penggunaan pakaian ketat untuk mencegah selangkangan hitam karena pembalut.

Sebagai gantinya, kenakanlah pakaian longgar yang berbahan katun. Selain dapat menyerap keringat, bahan katun juga ringan sehingga nyaman untuk dipakai beraktivitas.

2. Rutin ganti celana dalam dan pembalut

Tahukah Anda sebaiknya berapa kali mengganti celana dalam pada satu hari? Celana dalam harus diganti minimal dua kali dalam sehari.

Apalagi, kalau tubuh Anda cenderung lebih mudah berkeringat terutama saat menstruasi.

Maka dari itu, kemungkinan Anda juga harus lebih sering ganti celana dalam untuk mencegah selangkangan hitam saat haid atau menstruasi.

Segera ganti jika celana dalam sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap karena menandakan celana dalam Anda sudah lembap dan kotor.

Celana dalam yang lembap inilah yang dapat memicu chafing sehingga area selangkangan pun menghitam.

3. Menjaga vagina tetap kering

Vagina mempunyai kemampuan untuk membersihkan areanya sendiri dari dalam tubuh. Akan tetapi Anda tetap harus rutin menjaga kebersihan vagina saat haid.

Hal ini penting karena penggunaan pembalut saat menstruasi membuat area selangkangan terus terasa lembap.

Maka dari itu, Anda perlu menjaga vagina tetap kering karena selangkangan bisa menjadi hitam karena pembalut.

Lalu, kondisi bagian dalam paha yang lembap juga dapat memicu pertumbuhan bakteri atau jamur yang mengakibatkan infeksi.

Pastikan juga Anda mengganti pembalut dalam jangka waktu 3-4 jam sekali. Pembalut tanpa sayap bisa jadi pilihan terbaik agar selangkangan tidak berubah hitam karena sedang haid.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Encyclopedia, M. (2021). Chafing: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 23 March 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/002034.htm

Pezhman Mobasher, N. (2020). Catamenial Hyperpigmentation: A Review. The Journal Of Clinical And Aesthetic Dermatology, 13(6), 18. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7442313/

How to fade dark spots in skin of color. (2021). Retrieved 23 March 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/fade-dark-spots

McGuinness, B. (1961). Skin Pigmentation and the Menstrual Cycle. BMJ, 2(5251), 563-565. doi: 10.1136/bmj.2.5251.563

Topics, H. (2021). Skin Pigmentation Disorders | Hyperpigmentation | MedlinePlus. Retrieved 23 March 2021, from https://medlineplus.gov/skinpigmentationdisorders.html

HYPERPIGMENTATION. American Osteopathic College of Dermatology. (2021). Retrieved 23 March 2021, from https://www.aocd.org/page/Hyperpigmentation

Keeping your vagina clean and healthy. (2018). Retrieved 23 March 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/sexual-health/keeping-your-vagina-clean-and-healthy/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 27/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x