7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Penyebab bibir hitam bukan hanya karena kebiasaan merokok saja. Ada banyak hal yang dapat membuat bibi Anda hitam. Bibir yang terlihat hitam bisa mengurangi penampilan Anda. Walaupun Anda tidak merokok, bibir Anda bisa saja menghitam dan gelap akibat kebiasaan yang buruk.Apa saja penyebab dari perubahan warna bibir menjadi lebih hitam dan gelap meskipun tidak mempunyai kebiasaan merokok.

1. Bibir kering

Bibir mudah sekali kering jika tidak sengaja Anda lembapkan. Kulit bibir yang selalu terbuka, membuat kelembapannya mudah sekali hilang, apalagi jika di cuaca panas. Bibir yang kering dapat menyebabkan bibir tersebut mengalami pecah-pecah dan berpeluang untuk menggelap secara perlahan.

2. Gaya hidup dan kebiasaan

Selain merokok, kebiasaan lain yang dapat membuat bibir Anda menjadi lebih gelap adalah minum alkohol. Zat asam yang terkandung di dalam alkohol adalah alasannya. Tidak hanya itu, terlalu banyak minum alkohol bisa mengakibatkan Anda mengalami dehidrasi – meskipun alkohol adalah cairan. Sementara, salah satu dampak dehirasi adalah membuat bibir pecah-pecah dan kemudian mengubah warna bibir menjadi lebih hitam.

3. Hiperpigmentasi

Penyebab bibir hitam lainnya adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana melanin di dalam tubuh terlalu banyak sehingga mempengaruhi warna kulit, termasuk warna bibir Anda. Biasanya, melanin terbentuk akibat terlalu sering terkena sinar matahari. Bagian wajah adalah bagian yang paling berpeluang untuk mengalami hiperpigmentasi karena sering terkena sinar matahari langsung.

Oleh karena itu, penting bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan untuk menggunakan tabir surya. Untuk di bagian bibir, biasanya beberapa merek lipgloss atau pelembap bibir mengandung SPF – usahakan untuk menggunakan SPF 30 – yang dapat menjaga bibir Anda menghitam akibat sinar matahari.

4. Miliki kondisi anemia

Anemia bisa menjadi penyebab bibir hitam, kondisi ini disebabkan karena Anda kekurangan hemoglobin – zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah. Zat tersebut yang memberikan warna merah pada darah, sehingga perubahan warna kulit di beberapa bagian, salah satunya adalah bibir bisa menghitam.

5. Sering mengonsumsi kafein

Makanan dan minuman kafein adalah salah satu penyebab bibir hitam yang Anda miliki. Kafein sebenarnya merupakan zat diuretik yang dapat membuat Anda sering buang air kecil. Terlalu banyak zat diuretik di dalam tubuh akan mengakibatkan Anda mengalami dehidrasi, karena cairan terus keluar melalui urin. Sedangkan dehidrasi bisa membuat bibir Anda pecah-pecah, tidak sehat, dan warnanya berubah menjadi lebih gelap.

6. Penggunaan produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa

Bagi wanita, melakukan aktivitas sehari-hari tidak lengkap rasanya jika tidak memakai lipstik. Ya, lipstik adalah penyempurna penampilan wanita. Namun apa jadinya jika lipstik yang Anda gunakan setiap hari justru menjadi penyebab bibir hitam? Beberapa wanita sayang untuk membuang lipstiknya, walaupun sudah kadaluwarsa. Padahal lipstik tersebut tentu saja sudah jelek kualitasnya dan dapat mempengaruhi kesehatan bibir, salah satunya mengakibatkan bibir menjadi hitam.

7. Keracunan

Bibir Anda akan hitam apabila mengalami keracunan. Racun yang bisa menjadi penyebab bibir hitam, yaitu merkuri, perak, tembaga, alkali kuat, dan berbagai jenis logam yang berbahaya lainnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Lama-lama, seks bisa jadi membosankan. Apakah artinya sudah tak saling cinta lagi? Bisakah hubungan suami istri terasa nikmat seperti dulu lagi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Kencing dengan posisi berdiri kerap dilakukan pria, tapi mereka yang mengidap gangguan saluran kemih justru dilarang. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Kandung Kemih 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada Kulit Kepala

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
psoriasis kuku

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit