Kebanyakan orang, khususnya wanita, saat menemukan celana jeans yang biasa dipakai kekecilan atau sudah tidak muat lagi pasti akan cepat-cepat melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Hmmm.. tapi tunggu dulu! Sebelum Anda memutuskan untuk menurunkan berat badan karena hal sepele, pastikan jika Anda memang memiliki alasan menurunkan berat badan yang tepat.

Masing-masing orang memiliki berat badan ideal yang berbeda-beda. Namun banyak orang yang terlalu takut jika saat menimbang berat badannya naik satu atau dua kilogram. Padahal kenaikan berat badan tersebut tidak selalu menyebabkan Anda overweight atau kelebihan berat badan, loh!

Nah, jika Anda salah satu orang yang menggebu-gebu ingin menurunkan badan, baiknya Anda mempertimbangkan alasan yang tepat sebelum memutuskan untuk melakukan hal tersebut. 

Pertimbangan sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) menemukan bahwa orang-orang yang memiliki indeks massa tubuh dalam kategori kelebihan berat badan sebenarnya memiliki risiko kematian lebih rendah daripada orang-orang dalam kelompok dengan berat badan normal.

Jadi apakah ini berarti orang yang memiliki kelebihan berat badan tapi tidak obesitas, tidak harus melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan? Nah, untuk mengetahui jawaban tersebut, simak beberapa pertanyaan berikut ini yang bisa jadi pertimbangan dan alasan menurunkan berat badan Anda. 

1. Apakah selama ini Anda sudah menjalankan gaya hidup sehat?

Aktivitas fisik yang teratur dan pola makan yang sehat itu penting dan harus dilakukan oleh semua orang baik yang tua maupun muda. Hal ini agar memastikan kesehatan Anda bisa terjaga dengan baik setiap harinya. Jadi tidak peduli seberapa berat badan Anda atau indeks massa tubuh Anda, menjalankan gaya hidup sehat dalam keseharian adalah sebuah keharusan.

2. Bagaimana kondisi kesehatan Anda?

Sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengetahui dulu tanda-tanda kelebihan berat badan yang sering terjadi. Misalnya napas pendek, cepat lelah, kolesterol tinggi, ataupun sering merasakan punggung sakit. Jika Anda merasakan semua ini, maka program diet bisa membantu.

Namun, jangan pernah membuat program diet asal seperti HANYA makan satu apel per hari, atau malah justru tidak makan sama sekali. Pasalnya diet yang baik bukan hanya untuk menurunkan berat saja, namun untuk mendukung hidup yang lebih sehat. Betul, kan? Itu sebabnya, Anda bisa berkonsultasi pada ahli gizi atau dokter yang bisa memberikan solusi, jadwal, dan menu diet Anda nantinya.

3. Bagaimana ritme kenaikan berat badan Anda?

Jika berat badan Anda selalu naik secara konsisten dari tahun ke tahun, ada baiknya Anda mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, bisa jadi penyebab kenaikan berat badan Anda selama ini karena Anda menerapkan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Selain itu, jika Anda sebelumnya memang pernah mengalami kelebihan berat badan, pasti Anda akan lebih sulit untuk bisa mempertahankan berat badan yang ideal. Temukan angka berat badan yang sehat pada timbangan Anda dan pastikan jika Anda tidak memiliki berat badan yang kurang dari angka tersebut. Hal ini dikarenakan, untuk apa melawan kelebihan berat badan jika hanya untuk menjadi kekurangan berat badan?

4. Berapa ukuran pinggang Anda?

National Institutes of Health telah menetapkan bahwa lingkar pinggang lebih dari 100 centimeter pada pria dan lebih dari 90 centimeter pada wanita menandakan risiko kesehatan seseorang. Terutama pada orang dengan yang memang memiliki obesitas. Itu sebabnya, ukuran baju bukan indikator berat atau kesehatan yang baik, karena ukuran baju setiap orang berbeda-beda tergantung dari pabrik yang memproduksi baju tersebut.

Meski begitu, Anda bisa menggunakan pakaian Anda sendiri – mungkin sepasang celana favorit – sebagai ukuran pribadi untuk memastikan jika berat badan Anda masih dalam batas wajar.

5. Apa alasan Anda menurunkan berat badan?

Jika alasan menurunkan berat badan Anda karena ingin hidup yang lebih sehat dan jauh dari penyakit, hal tersebut adalah jawaban paling tepat. Namun jika Anda ingin turun 10 kilogram agar dianggap lebih cantik? Ummm.. coba pikir lagi, deh!

Masalah kepercayaan diri memang merupakan salah satu hal berbahaya. Pasalnya, kepercayaan diri secara tidak langsung mampu mendorong orang untuk melakukan apapun demi menurunkan berat badan. Bahkan tidak sedikit orang yang lebih memilih kelaparan karena melakukan diet ketat. Namun sayangnya, diet yang dilakukan diterapkan dengan cara yang salah.

Belajar untuk mencintai diri sendiri apa adanya dan berhenti membanding-bandingkan dengan orang lain adalah salah satu cara yang paling benar untuk mensyukuri segala yang ada pada diri Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca