Hipnotis sering kali dikaitkan dengan perilaku yang negatif, karena banyak orang yang menggunakannya untuk merugikan orang lain. Padahal terapi hipnotis sebenarnya memiliki manfaat yang menguntungkan bagi orang lain. Misalnya, membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, rasa gugup berlebihan, gangguan perubahan mood, serta membantu seseorang untuk berhenti merokok dan mengurangi kecanduan. Anda juga mungkin pernah dengar terapi hipnotis untuk menurunkan berat badan. 

Sekilas, hipnotis untuk menurunkan berat badan terdengar seperti solusi yang sangat mudah dan ampuh. Namun, benarkah terapi ini efektif dan mudah dilakukan? Simak dulu penjelasan berikut ini.

Apa itu hipnotis?

Hipnotis atau hipnosis adalah suatu teknik terapi di mana tenaga ahli akan membuat seseorang berada dalam keadaan rileks dan tenang agar bisa lebih fokus kepada pikirannya sendiri. Dengan begitu, Anda pun lebih mampu merespon dan menanamkan sugesti yang diberikan.

Hipnotis merupakan perubahan kondisi kesadaran di mana Anda masuk ke alam bawah sadar (subconscious). Hipnotis klinis digunakan untuk mengobati masalah fisik atau psikologis. Misalnya, hipnotis digunakan untuk membantu mengendalikan rasa sakit, serta kondisi lainnya seperti masalah berat badan, kelainan berbicara, dan masalah ketergantungan.

Bagaimana dengan hipnotis untuk menurunkan berat badan?

Beberapa penelitian telah mengamati pemanfaatan hipnotis untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 109 orang yang menjalani prosedur untuk menurunkan berat badan, baik dengan atau tanpa hipnotis. Setelah dua tahun, kelompok peserta yang melakukan hipnotis terus menurunkan berat badan. Sementara itu, kelompok kontrol (yang tidak dihipnotis) hanya menunjukkan sedikit perubahan beran badan.

Analisis beberapa penelitian menemukan bahwa menambahkan hipnotis pada prosedur penurunan berat badan menghasilkan hampir dua kali lipat jumlah penurunan berat badan. Namun, penelitian lain menunjukkan hipnotis hanya memengaruhi sedikit dari penurunan berat badan. Rata-rata penurunan berat badan sekitar 2,7 kilogram selama 18 bulan.

Sebagian besar penelitian yang sudah dilakukan, menunjukan manfaat hipnotis untuk menurunkan berat badan dilakukan bersama dengan program penurunan berat badan lainnya. Masih sangat sedikit penelitian yang membuktikan keampuhan usaha menurunkan berat badan jika hanya dengan hipnotis.

mudah dihipnotis

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, hipnotis tetap harus diiringi dengan program diet sehat dan perubahan gaya hidup. Pasalnya, terapi hipnotis tentu saja tidak bisa serta-merta membakar kalori dan lemak berlebih dalam tubuh Anda. Anda sendiri yang harus melakukannya, yaitu dengan olahraga rutin dan menjaga pola makan seimbang. 

Kualitas beberapa penelitian yang kurang efektif, membuat hipnotis masih diragukan untuk menurunkan berat badan. Masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan manfaat hipnotis  untuk menurunkan berat badan. Juga, diperlukan bukti lain bahwa menurunkan berat badan bisa berjalan baik dengan hanya melakukan hipnotis.

Tips melakukan hipnotis untuk menurunkan berat badan

Penurunan berat badan biasanya dapat tercapai dengan melakukan diet dan olahraga. Jika Anda sudah mencoba diet dan olahraga, tapi belum juga tercapai berat badan yang diinginkan. Bicarakan dengan dokter Anda mengenai pilihan lain atau perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan.

Jangan hanya mengandalkan hipnotis untuk menurunkan berat badan, karena hipnotis tidak langsung menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca