3 Khasiat Daun Senna, Tanaman dari Afrika yang Baik untuk Pencernaan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Salah satu tanaman obat yang mesti Anda kenal adalah daun senna. Tak banyak yang tahu seputar tanaman yang berasal dari Afrika utara ini.  Daun senna ternyata sering digunakan sebagai obat tradisional karena memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Apa saja ya manfaat yang bisa diperoleh dari daun senna ini?

Segudang manfaat yang ditawarkan daun senna

Senna merupakan tanaman yang termasuk dalam kategori tanaman herbal dan dikenal sebagai obat pencahar yang cukup efektif. Obat yang berasal dari daun tanaman ini biasa dikonsumsi dalam pil, kapsul, atau diolah menjadi teh. 

Ini dia beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari daun senna.

1. Melancarkan BAB

obat sembelit resep

Ekstrak daun senna yang diminum nyatanya telah terbukti dapat mengatasi konstipasi atau sembelit dalam jangka pendek. Anda dapat menyeduhnya menjadi teh atau memakan daunnya. 

Manfaat ini bisa Anda dapatkan karena daun senna memiliki zataktif yang dapat membuat dinding usus Anda berkontraksi sehingga pencernaan pun lancar. Selain itu, senna dipercaya dapat menghilangkan panas dari usus, membantu membuang sisa makanan yang sudah menumpuk di organ pencernaan tersebut. 

Sebagai obat pencahar alami, senna juga cukup manjur dikonsumsi bersama dengan psyllium atau docusate sodium. Bahkan, untuk para lansia, senna dengan natrium dapat mengobati sembelit lansia yang pernah menjalani operasi anorektal. 

2. Meredakan gejala ambeien

mitos ambeien

Selain dapat digunakan sebagai obat pencahar, manfaat daun senna lainnya juga dapat digunakan untuk meredakan gejala terkait ambeien karena senyawa anti peradangan alaminya. 

Ambeien biasanya menimbulkan rasa sakit saat BAB karena terdapat penyumbatan di anus dan menyebabkan peradangan.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tikus yang diberikan ekstrak daun senna mengalami penurunan radang pada saluran pencernaan. 

3. Mempersiapkan usus sebelum kolonoskopi

Bagi Anda yang akan menjalani kolonoskopi, yaitu tes skrining kanker pada usus besar, dokter Anda mungkin akan menyuruh untuk mengosongkan isi usus besar dan rektum Anda. 

Salah satu caranya ada dengan minum obat pencahar, puasa sebelum pemeriksaan, dan hanya minum air putih saja. Anda bisa memakai obat pencahar alami satu ini, daun senna, untuk melakukan pembersihan usus. 

Hal tersebut dikarenakan daun senna dinilai sama efektifknya dengan obat pembersih usus, yaitu bisocodyl. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa Anda perlu memakai daun senna dengan kombinasi manitol, larutan salin, dan simetikon untuk hasil yang memuaskan. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

Orang yang tidak boleh mengonsumsi daun senna

hamil trimester 3 ketiga

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari daun senna, kini sudah saatnya untuk mengenali efek samping yang ditimbulkan dari obat pencahar herbal ini. 

  • Ibu hamil dan menyusui sangat direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi daun senna dalam jangka waktu panjang karena dapat membahayakan usus dan menimbulkan efek samping dari obat laksatif. 
  • Penderita gangguan elektrolit karena tubuhnya kekurangan zat kalium sehingga mengonsumsi daun ini hanya akan memperparah keadaannya. 
  • Orang yang mengalami diare dan dehidrasi pun dianjurkan untuk tidak menggunakan manfaat daun senna karena sifat laksatifnya akan membuat kondisi semakin parah.

Bagi Anda yang mungkin ingin menggunakan manfaat daun senna sebagai obat herbal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui apakah kondisi tubuh Anda cocok untuk memakai daun senna untuk pengobatan tertentu.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca