Bunga mawar memang seringnya digunakan sebagai bunga lambang cinta. Namun, siapa sangka jika bunga yang memiliki wangi mewah dan feminim ini memiliki manfaat untuk kecantikan kulit? Manfaat tersebut bisa didapati pada air mawar yang terbuat dari penyulingan kelopak bunga mawar. Penasaran apa saja manfaat air mawar untuk kecantikan? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Apa itu air mawar?

Rose water atau air mawar mungkin bukan produk kecantikan yang populer. Padahal, air mawar telah digunakan selama ribuan tahun sebagai ramuan tradisional untuk produk kecantikan dan produk makanan juga minuman. Air mawar dibuat dengan cara melakukan penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.  

Air mawar mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat karena efek relaksasinya pada kulit. Sifat dari air mawar sendiri yang anti inflamasi juga akan meredakan efek ruam atau peradangan pada kulit Anda. Selain itu, air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini dapar bekerja dengan baik di kulit wajah sebagai antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan (aging).

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit

Berikut ini beragam manfaat air mawar untuk kecantikan kulit yang harus Anda ketahui:

1. Toner wajah alami

Manfaat air mawar yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar. Yap! Air mawar sering digunakan sebagai toner atau pembersih wajah yang bisa memberikan efek menyegarkan di kulit wajah. Anda bisa menuangkan air mawar pada kapas, lalu tepuk-tepuk pada permukaan wajah Anda. Lakukan cara ini sebelum tidur secara rutin.

2. Mencegah munculnya jerawat

Antiseptik yang terkandung di dalam air mawar bermanfaat untuk menangani masalah bakteri yang sangat rentan pada kulit berjerawat. Gunakan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare. Dengan cara yang sama, lakukan juga di malam hari. Jika Anda menggunakan secara rutin selama kurang lebih tiga minggu, maka manfaatnya akan cukup baik untuk menangani masalah kulit berjerawat.

3. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat air mawar lainnya adalah untuk mencerahkan kulit. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

4. Mencegah penuaan dini

Formula lain dari air mawar yang bisa diandalkan adalah rose hip seeds. Zat ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Nutrisi yang meresap ke dalam kulit, mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.

5. Meredakan peradangan pada kulit

Air mawar memiliki sifat inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, ataupun masalah kulit lainnya. Selain itu, air bunga mawar ini juga bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori yang yang menyebabkan komedo.

6. Memberikan efek relaksasi

Selain menyegarkan, air mawar juga nyatanya memiliki efek rileksasi atau menangkan. Karena itu, air mawar cocok digunakan sebagai campuran air untuk berendam dengan air hangat. Anda bisa menyampurkan dua gelas ekstrak air mawar untuk merileksasi tubuh ketika mandi setelah lelah beraktivitas seharian.

7. Membantu menghilangkan ketombe

Air mawar dikenal sebagai pengobatan untuk radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Air bunga mawar ini dapat dijadikan sebagai kondisioner alami yang memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca