health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Ditinjau oleh dr. Damar Upahita pada 02/04/2022

Iklan

Info

Apakah Kalkulator Hari Perkiraan Lahir (HPL) ini akurat?

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir (HPL) menghitung perkiraan seberapa jauh Anda dalam kehamilan sekaligus kapan Anda akan melahirkan. Meskipun didasarkan pada perhitungan hari pertama menstruasi terakhir Anda dan rata-rata panjang siklus menstruasi Anda atau saat Anda hamil, perlu diketahui bahwa hasilnya tidaklah menjamin 100%.

Apakah Kalkulator Hari Perkiraan Lahir (HPL) akurat untuk program bayi tabung?

Dalam beberapa hal, kalkulator ini lebih akurat untuk ibu yang sedang hamil bayi tabung. Namun, HPL tetap dapat bervariasi tergantung sejumlah faktor. Yang terbaik tetaplah berkonsultasi dengan dokter kandungan jika Anda memiliki kekhawatiran.

Berapa lama masa kehamilan?

Masa kehamilan mengacu pada lamanya waktu ibu hamil dari pembuahan (konsepsi) hingga kelahiran. Kehamilan normal berkisar 38 – 42 minggu. Waktu terbaik untuk bayi lahir yakni antara 39 – 40 minggu. Ketika bayi lahir sebelum 37 minggu, kelahiran dianggap prematur. Kelahiran setelah 42 minggu dianggap postmatur.

Apa itu usia kehamilan?

Usia kehamilan menggambarkan seberapa lama kandungan terus tumbuh dan berkembang. Usia kehamilan saat ini diukur dari hari pertama siklus menstruasi terakhir wanita tersebut dan berkaitan dengan tahap perkembangan janin, seperti apakah tangan dan kaki telah terbentuk.

Berapa durasi (dalam minggu) kehamilan cukup bulan?

Kehamilan cukup bulan rata-rata sekitar 40 minggu. Bayi prematur atau bayi yang lahir sebelum 39 minggu berisiko mengalami masalah pernapasan, gula darah rendah, masalah makan, penyakit kuning pada bayi baru lahir, dan mungkin akan tinggal di rumah sakit lebih lama.

Apakah saya berisiko melahirkan prematur?

Wanita hamil yang mengandung anak kembar dua atau tiga memiliki risiko kelahiran prematur lebih tinggi. Faktor lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, merokok, minum alkohol, jarak antarkehamilan yang singkat, riwayat infertilitas (termasuk wanita yang hamil dengan bayi tabung), serta kurangnya perawatan prenatal juga dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Bagaimana saya memastikan kehamilan yang normal dan sehat?

Kelahiran prematur terkadang tidak dapat dihindari. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah kelahiran sebelum HPL. Tetap bahagia dan sehat selama kehamilan Anda dapat memastikan kelahiran normal. Penting untuk mencari perawatan prenatal segera untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan. Jika Anda gemar minum minuman alkohol atau merokok, segeralah berhenti. Jika Anda merasa tidak sehat, cari bantuan dari penyedia layanan kesehatan Anda sehingga mereka dapat segera mendiagnosis kondisi Anda.