1. Definisi

Apa itu campak?

Dibandingkan penyakit lain yang berhubungan dengan demam dan ruam gatal-gatal, campak adalah yang paling mematikan bagi anak-anak. Penyakit ini menyebar dengan sangat mudah sehingga sangat penting untuk mencegah anak Anda terkena infeksi campak.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Gejala-gejala campak umumnya muncul 7 tujuh sampai 14 hari setelah anak terinfeksi.

Campak biasanya dimulai dengan gejala:

  • Demam tinggi
  • Batuk
  • Pilek
  • Merah, mata berair (konjungtivitis)

Dua atau tiga hari setelah gejala dimulai, bintik-bintik putih kecil mungkin muncul di dalam mulut.

Tiga sampai lima hari setelah gejala dimulai, ruam akan muncul. Biasanya akan muncul bintik-bintik merah datar di area wajah, di garis rambut, dan akan menyebar ke bawah ke leher, lengan, pergelangan kaki, dan kaki. Benjolan kecil juga dapat muncul di atas bintik-bintik merah yang datar. Bintik-bintik tersebut mungkin akan saling tumpang tindih bersama-sama dan menyebar dari kepala ke seluruh tubuh. Ketika ruam muncul, suhu demam akan meningkat lebih dari 40° Celcius.

Setelah beberapa hari, demam akan turun dan ruam kulit memudar.

2. Cara menanganinya

Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda berpikir Anda atau anak Anda mengidap campak, segera hubungi dokter Anda dan jelaskan gejala apa saja yang Anda alami.

Kapan saya harus ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter sesegera mungkin jika Anda merasa bahwa Anda atau anak Anda mungkin terinfeksi campak.

Dokter biasanya akan dapat mendiagnosis campak dari kombinasi gejala yang Anda atau anak Anda alami, meskipun begitu, sampel air liur dapat diuji untuk mengkonfirmasikan diagnosis.

3. Pencegahan

Untuk mencegah campak, anak-anak dan beberapa orang dewasa juga harus diimunisasi dengan vaksin campak, gondok, dan rubella. Diperlukan dua dosis vaksin untuk perlindungan yang baik. Anak-anak harus diberi dosis pertama vaksin campak, gondok dan rubella pada usia  12 sampai 15 bulan. Dosis kedua dapat diberikan 4 minggu kemudian, tapi vaksin ini juga bisa diberikan sebelum mereka mulai masuk TK yaitu pada usia 4 sampai 6 tahun.

Yang juga perlu Anda baca