home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Mengatasi dan Mencegah Infeksi Akibat Tindik di Telinga

Cara Mengatasi dan Mencegah Infeksi Akibat Tindik di Telinga

Bagi beberapa orang, tindik telinga mungkin sudah menjadi suatu keharusan sebagai aksesoris untuk menambah kepercayaan diri. Hanya saja, ternyata terdapat efek samping yang perlu diwaspadai di balik tindik telinga, yaitu infeksi. Gangguan telinga ini bahkan bisa muncul setelah bertahun-tahun melakukan tindik telinga. Apabila hal ini terjadi, Anda perlu segera melakukan cara mengatasi infeksi akibat tindik telinga.

Cara mengatasi infeksi ringan akibat tindik di telinga

bahaya tindik

Infeksi tindik telinga biasanya cukup ringan dan tanda-tandanya mudah dikenali. Gejala dari gangguan telinga yang bisa muncul akibat infeksi terdiri dari:

Selama infeksi yang terjadi akibat tindik telinga tidak parah, seperti munculnya luka bernanah, Anda dapat melakukan perawatan di rumah tanpa harus ke dokter.

Melansir dari Mayo Clinic, coba lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi infeksi tindikan telinga:

  • Cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh, membersihkan, atau melakukan tindakan apapun.
  • Bersihkan area luka tindik telinga yang terinfeksi dengan menggunakan cairan salin yang telah disterilisasi atau air yang dicampur dengan garam, sebanyak tiga kali sehari.
  • Sebagian besar tenaga medis dan ahli tindik profesional menyarankan agar tidak menggunakan alkohol atau hidrogen peroksida karena dapat mengiritasi lalu memperlambat pemulihan luka.
  • Jangan melepas anting-anting karena dapat membuat lubang menutup dan menghalangi infeksi. Usahakan agar anting tidak menempel ke kulit dengan memutar posisinya sesekali.
  • Selalu bersihkan kedua sisi lubang dan keringkan dengan kain atau handuk bersih yang kering.
  • Oleskan salep antibiotik, seperti gentamicin, neosporin, atau bacitracin, tipis-tipis pada bagian yang terinfeksi kemudian biarkan hingga kering.
  • Lanjutkan perawatan hingga infeksi tindik telinga benar-benar sembuh

Jika Anda melakukan tindik di bagian tulang rawan telinga dan terjadi infeksi, segera hubungi dokter.

Infeksi pada lokasi ini lebih sulit untuk disembuhkan sehingga mungkin memerlukan obat sakit telinga khusus atau antibiotik yang harus Anda minum.

Bahkan, beberapa kasus infeksi pada tulang rawan telinga membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Tanda bahwa infeksi perlu penanganan dokter

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, merawat infeksi minor pada telinga dapat Anda dilakukan di rumah.

Di sisi lain, segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalami gejala seperti di bawah ini:

  • Anting-anting tidak bisa bergerak dan terlihat menyatu dengan kulit.
  • Telingan berair dan berbau tak sedap.
  • Infeksi tidak kunjung membaik setelah beberapa hari.
  • Mengalami demam tinggi yang tidak mereda.
  • Infeksi atau kemerahan terlihat mulai menyebar atau meluas.

Cara mencegah infeksi ketika akan melakukan tindik di telinga

merawat luka tindik

Hal pertama yang mungkin sudah Anda ketahui adalah selalu lakukan tindik oleh tenaga profesional dan jangan menindik sendiri di rumah.

Namun, Anda juga tetap harus memperhatikan prosedur pencegahan infeksi sebelum melakukan kegiatan yang satu ini.

Pastikan Anda memastikan dan menanyakan mengenai kebersihan alat yang akan digunakan untuk menindik, misalnya anting-anting yang akan Anda gunakan berasal dari bingkisan baru.

Setelah melalui proses tindik, bersihkan area telinga yang ditindik dua kali sehari dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil.

Hindari memutar atau terlalu banyak menggerakan atau memainkan anting-anting karena ini merupakan penyebab umum infeksi tindik telinga.

Anda juga mungkin perlu berada dalam satu posisi ketika tidur agar tindikan tidak tertindih dan menghambat pemulihan.

Ketika akan mendapatkan tindik baru, meski Anda pernah melakukannya, sebaiknya tetap dilakukan oleh tenaga ahli atau profesional.

Hal ini penting karena terdapat prosedur yang harus diikuti untuk menghindari terjadi efek samping tindik seperti benjolan atau infeksi.

Apabila infeksi terlanjur menyerang, cara mengatasi infeksi yang mudah bisa Anda lakukan di rumah asalkan masih dalam kondisi ringan.

Jika infeksi terjadi di bagian tulang rawan telinga dan tak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera dapatkan bantuan dari dokter.

Anda mungkin perlu mengonsumsi antibiotik selain hanya merawat infeksi dari luar saja.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

U.S. National Library of Medicine. (2021). Piercing and Tattoos | Body Art | Body Piercing | MedlinePlus. Retrieved 23 April 2021, from https://medlineplus.gov/piercingandtattoos.html

Public Health England. (N.d.). Ear and face piercing aftercare. Retrieved 23 April 2021, from https://www.cieh.org/media/1974/tattoo-toolkit_part-c_02-ear-and-face-piercing-aftercare.pdf?id=47226

NHS UK. (2017). Infected piercings. Retrieved 23 April 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/infected-piercings/#Symptoms

Mayo Clinic. (2021). Piercing gone wrong? Tips for minor infections. Retrieved 23 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/ear-piercing-infection/expert-answers/faq-20452841

Healthy Children.org. (2021). Avoiding Infection After Ear Piercing. Retrieved 23 April 2021, from https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/ear-nose-throat/Pages/Avoiding-Infection-After-Ear-Piercing.aspx

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 28/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto