4 Tips Mencegah Penyakit Jantung Jika Punya Kolesterol Tinggi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Makanan berkolesterol katanya bisa memicu penyakit jantung. Makanan berlemak tinggi seperti gorengan, fast food, atau junk food, disebut-sebut sebagai penyebab naiknya kadar kolesterol dalam darah. Ya, kolesterol yang tinggi memang bisa memicu penyakit jantung. Nah, supaya tidak mengalami penyakit jantung akibat kolesterol tinggi, Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan sehat berikut ini.

Cara mencegah penyakit jantung akibat tingginya kolesterol

Tidak salah memang jika penyakit jantung bisa muncul akibat makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Namun sebenarnya, tak semua jenis kolesterol itu buruk, lho. Ada dua jenis kolesterol dalam darah, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Biasanya, penyakit jantung dipicu oleh tingginya kolesterol jahat dalam darah. Hal ini karena adanya penumpukan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah tak lancar.

Bila dibiarkan lama-kelamaan akan mengganggu fungsi jantung dan akhirnya gejala penyakit jantung pun muncul. Anda bisa kok mencegah penyakit jantung akibat kolesterol jahat ini, dengan melakukan kebiasaan berikut ini.

1. Terapkan pola makan sehat dari sekarang

makanan sehat kunci kesehatan mental

Makanan adalah penentu utama yang memengaruhi kadar kolesterol baik dan kolesterol jahat Anda. Biasanya, kolesterol jahat alias LDL banyak ditemukan di berbagai makanan olahan dan makanan yang digoreng.

Kandungan lemak trans tinggi juga bisa membuat kadar kolesterol jahat meningkat pesat. Maka itu, hindari mkanan yang mengandung lemak trans tinggi seperti:

  • Cemilan manis, donat, kue tart, dan kue kering
  • Jenis daging merah, olahan, dan berlemak.
  • Makanan yang digoreng
  • Susu, mentega, keju, dan krim

Selain meningkatkan kolesterol jahat, makanan di atas juga dapat membuat berat badan naik dan Anda berpeluang untuk obesitas. Nah, obesitas meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit jantung akibat kolesterol jahat tinggi, Anda bisa memperbanyak makanan yang mengandung lemak baik, seperti:

  • Kacang kedelai
  • Ikan sarden, salmon, atau ikan kembung
  • Minyak zaitun
  • Terong
  • Kacang-kacangan, seperti almond

Cara memasak juga bisa pengaruhi kadar kolesterol dalam makanan lho. Mengolah dan memasak makanan dengan cara yang sehat juga bisa jadi solusi untuk mencegah penyakit jantung akibat kolesterol tinggi. 

Berikut tips mengolah makanan supaya kadar kolesterol jahat tidak begitu banyak di dalam makanan:

  • Kurangi menggoreng bahan makanan. Cobalah untuk memanggang atau membakar.
  • Gunakan minyak canola atau sunflower atau safflower sebagai pengganti mentega
  • Hindari mengoleskan cairan berlemak ke makanan Anda

2. Membatasi asupan alkohol

tes alkohol

Alkohol bisa meningkatkan tekanan darah Anda dan menambah berat badan Anda. Keduanya bisa menjadi pemicu penyakit jantung, sehingga lebih baik membatasi asupan alkohol.

Para pria dianjurkan untuk tidak minum lebih dari dua gelas per hari, sedangkan wanita hanya diperbolehkan satu gelas saja.

3. Berolahraga

olahraga jogging

Jangan tunda olahraga, apalagi jika Anda sudah didiagnosis memiliki kadar kolesterol tinggi. Sebagai permulaan, Anda bisa memulai olahraga selama 30 menit.

Hal ini bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan menjaga berat badan. Cobalah olahraga pagi dengan jogging atau menghabiskan waktu Anda di treadmill jika malas keluar rumah.

4. Minum obat untuk mengatasi kolesterol tinggi

minum obat kolesterol

Mengubah gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Namun, terkadang gaya hidup sehat saja tidak cukup ampuh sehingga dibutuhkan obat-obatan untuk membantu menurunkannya. 

Nah, karena yang sedang dialami adalah kolesterol lemak yang tinggi, tentu saja pengobatan yang sesuai dengan Anda adalah obat untuk menurunkan tingkat kolesterol. Biasanya, terdapat syarat dan ketentuan untuk mendapatkan pengobatan tersebut.

Seberapa tinggi kolesterol dan berapa usia Anda. Orang yang terkena kolesterol tinggi umumnya sering mengonsumsi statin dan niacin untuk mengatasi hal ini. Selalu konsultasikan kepada dokter sebelum Anda mengonsumsi obat kolesterol. Anda juga harus tetap melanjutkan gaya hidup sehat meskipun dibantu dengan obat-obatan.

Sekarang, tahu kan kenapa mengatasi kolesterol tinggi hampir sama dengan cara kita mencegah penyakit jantung akibat kolesterol? Mulailah gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca