Yang Perlu Diketahui Seputar Kram dan Nyeri Menstruasi

Oleh

Banyak wanita mengalami kram perut sebelum atau selama menstruasi. Kram perut disebabkan oleh prostaglandin, bahan kimia yang diproduksi pada tubuh wanita dan membuat otot rahim kontraksi. Kontraksi otot membantu mengeluarkan darah melalui vagina wanita selama masa menstruasi.

Menstruasi biasanya datang sebulan sekali. Terkadang, tidak teratur pada perempuan usia muda, sehingga mereka mungkin tidak mengalami menstruasi selama sebulan. Tetapi, saat menstruasi wanita sudah lebih teratur, kram mungkin terjadi.

Kram bisa membuat tidak nyaman hingga sampai terasa sangat nyeri, dan biasanya berlangsung selama beberapa hari. Kram mungkin membuat beberapa wanita khawatir saat pertama kali bila mereka tidak mengetahui bahwa hal ini sering normal selama menstruasi.

Beberapa wanita cenderung mengalami kram, di antaranya:

  • Wanita yang berusia lebih muda saat pertama kali menstruasi
  • Wanita yang mengalami menstruasi lebih lama atau darah yang mengalir lebih banyak
  • Wanita yang kerabat keluarganya memiliki kram menstruasi
  • Wanita yang merokok

Mungkin terlihat aneh bahwa kram bisa bersifat genetik, tetapi kenyataannya betul. Bila wanita pada anggota keluarga Anda sering mengalami kram, Anda mungkin akan mengalaminya juga. Anda mungkin ingin menanyakan kerabat wanita – seperti saudara perempuan, sepupu, ibu, bibi, atau nenek – bila mereka mengalami kram selama menstruasi. Anda masih akan tetap mengalami kram tetapi setidaknya Anda akan tahu bahwa Anda tidak sendiri! Dan berita baiknya, kram sering membaik seiring bertambahnya usia Anda.

Menghilangkan kram dan nyeri menstruasi

Beberapa kram perut terlihat nyata tetapi tidak mengganggu rutinitas. Tapi kadang-kadang bisa membuat seorang wanita merasa kesakitan dan kurang bisa melakukan banyak kegiatan. Untuk kram yang mengganggu, Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri. Periksa dengan dokter untuk mencari tahu pereda nyeri dan pengobatan lainnya yang bisa mengurangi kram.

Jangan biarkan kram mengganggu Anda! Lebih baik memulai menggunakan pereda nyeri di awal sebelum kram terjadi. Anda mungkin ingin meminumnya sebelum pergi ke kantor, misalnya. Dengan menggunakan obat pereda rasa nyeri lebih awal, Anda bisa tetap menjalani hari Anda dengan normal tanpa merasa kesakitan.

Apa lagi yang bisa Anda lakukan? Olahraga! Aktif secara fisik bisa meringankan kram, mungkin karena olahraga mengeluarkan endorphin, zat kimia dalam tubuh yang membuat Anda merasa baik. Makan dengan benar dan tidur cukup juga bisa membuat Anda merasa baik.

Beberapa wanita meletakkan botol air hangat atau mengkompres perut mereka untuk membantu mereka merasa lebih baik saat mengalami kram. Mandi dengan air hangat juga merupakan pilihan lainnya.

Sumber