Ketika asam lambung naik, dinding-dinding kerongkongan akan luka bahkan meradang. Biasanya, hal ini akan membuat Anda merasa sensasi panas di ulu hati hingga sakit pada perut. Tentu Anda tidak mau kondisi ini merusak rencana seharian, kan? Selain obat dari dokter, Anda juga bisa mengandalkan obat asam lambung alami yang cukup ampuh untuk bantu mengurangi nyeri.

Pilihan obat asam lambung alami

Selain dengan obat-obatan dari dokter atau obat yang dijual bebas, asam lambung bisa diatasi dengan menggunakan obat herbal atau pengobatan alami. Beberapa orang menemukan obat herbal dan pengobatan alami lainnya untuk membantu dalam mengobati asam lambung naik dan mengurangi gejalanya.

Berikut beberapa contoh obat asam lambung alami.

1. Teh chamomile

Secangkir teh chamomile memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan. Sebelum tidur, cobalah secangkir teh chamomile, yang dapat membantu menenangkan peradangan perut dan membantu tidur lebih nyenyak.

2. Jahe

Jahe memiliki efek gastroprotektif dengan mencegah asam dan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori. Bakteri tersebut adalah bakteri perut yang biasanya hidup dalam kondisi asam. Kehadiran bakteri tersebut bisa memperparah kondisi Anda.

Tambahkan dua atau tiga potong jahe segar ke cangkir berisi air panas. Biarkan sekitar setengah jam. Kemudian, minum sekitar 20 menit atau lebih sebelum makan.

3. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami dan juga perawatan gangguan pencernaan. Lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat meredakan gejala refluks asam, seperti asam lambung naik.

Minum sekitar setengah cangkir jus lidah buaya sebelum makan.

4. Licorice

Licorice adalah akar Glycyrrhiza glabra. Licorice atau dikenal juga akar manis atau liquorice, terbukti efektif sebagai obat asam lambung naik. Licorice dapat meningkatkan lapisan mukosa dari lapisan esofagus, yang membantunya menahan efek iritasi asam lambung.

5. Obat herbal lainnya

Meski belum cukup banyak penelitian yang membahas obat herbal untuk mengatasi asam lambung naik. Namun, ada beberapa bahan alami lainnya yang memiliki manfaat sebagai obat asam lambung.

Obat herbal asam lambung lainnya seperti peppermint, angelica, jinten, dan celandine.

Perlu diperhatikan bahwa obat herbal belum terbukti aman dan efektif untuk dikonsumsi. Oleh karena itu tetap konsultasikan keluhan Anda kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain itu, lakukan berbagai hal untuk mengurangi asam lambung naik, yaitu melakukan pola hidup sehat seperti hindari makanan yang memicu asam lambung naik, hindari stress, berolahraga teratur dan tidak tidur terlentang setelah makan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca