Makanan manis, seperti dessert merupakan jenis makanan yang sangat sulit untuk ditolak. Bentuknya yang unik dan menggoda membuat banyak orang ketagihan dengan makanan satu ini. Tapi hati-hati, jika Anda tidak bisa mengontrol asupan makanan manis dengan baik, Anda bisa saja terkena diabetes sejak dini.

Ingat, diabetes merupakan salah satu penyakit serius yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Bahkan kematian. Itu sebabnya penting untuk mengetahui cara mencegah diabetes dengan tepat.

Tips mudah mencegah diabetes jika Anda suka makanan manis

Langkah-langkah berikut ini bisa jadi salah satu cara ampuh untuk mencegah diabetes bagi Anda yang suka dengan makanan manis.

1. Hindari segala hal yang bisa memicu Anda mengonsumsi makanan manis

Kebanyakan orang cenderung lebih sering mengonsumsi makanan manis saat dirinya sedang stress atau suasana hatinya sedang terganggu. Dengan asumsi, makanan yang manis akan meredakan stres dan memperbaiki suasana hati mereka. Padahal, tanpa Anda sadari konsumsi makanan manis di saat-saat seperti itu akan membuat Anda mengonsumsi makanan manis lebih banyak, loh.

Itu sebabnya, salah satu cara mudah untuk mencegah diabetes bagi Anda yang suka makanan manis adalah dengan menghindari segala hal yang menyebabkan stres. Pilihlah aktivitas yang cenderung mengalihkan perhatian Anda sejenak seperti membaca buku, menonton film, atau sekedar berbicara dengan teman serta keluarga. Dengan mengalihkan perhatian Anda dan mencoba untuk tidak memikirkan makanan yang didambakan, keinginan mengonsumsi makanan manis nantinya secara perlahan akan hilang dan teralihkan.

2. Simpan makanan manis di tempat yang sulit dijangkau

Brian Wansink, PhD seorang penulis Mindless Eating dan direktur Laboratorium Makanan dan Merek Cornell University di Ithaca, mengatakan jika orang yang doyan ngemil (terutama makanan manis) memang cenderung makan di luar kebiasaan mereka. Bukan karena kelaparan tapi umumnya karena “iseng”. Kebanyakan mereka akan memilih makanan apapun yang paling mudah untuk dimakan tanpa menunggu waktu yang lama.

Itu sebabnya, mulai sekarang, simpan segala macam camilan tidak sehat yang mengandung gula tinggi ke dalam sebuah kotak. Lalu kunci rapat kotak tersebut dan taruh di tempat yang sulit diakses Anda. Setelah itu, tempatkan makanan sehat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian di posisi yang paling mudah diakses. Misalnya, kulkas dan ruang TV dan meja makan.

Anda juga bisa mengurangi hasrat ngemil makanan manis dengan cara mengunyah permen karet atau permen mint agar Anda bisa menahan godaan untuk tidak makan camilan. Tentunya, permen karet yang bebas gula, ya!

3. Jangan lewatkan makan

Melewatkan makan atau menunggu sampai Anda benar-benar lapar justru akan membuat gula darah Anda turun drastis, yang menyebabkan Anda akan semakin mendambakan makanan atau minuman manis yang lebih banyak. Makanlah dalam porsi yang sedikit tapi sering setiap tiga sampai lima jam sekali.

Jangan lupa, perhatikan asupan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Buat menu makanan lengkap yang menggabungkan karbohidrat, serat, protein, dan lemak sehat. Asupan makanan yang seimbang akan mempertahankan gula darah dan mencegah keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis-manis secara berlebihan.

4. Waspadai gula tersembunyi

Mungkin Anda berpikir jika gula paling banyak hanya ada di dalam dessert saja. Padahal, tidak demikian. Yogurt yang tidak berlabel “plain”, saus tomat, kecap, salad dressing, jus buah kemasan, buah kaleng, buah kering, roti tawar, merupakan beberapa jenis makanan yang nyatanya mengandung gula tinggi.

Itu sebabnya, penting untuk membaca nilai gizi yang tertera pada kemasan makanan atau minuman yang akan Anda beli. Lihatlah seberapa banyak gula yang terkandung di dalamnya. Terkadang gula di dalam kemasan tidak dituliskan sebagai “gula”. Beberapa nama lain gula yang sering terkandung dalam makanan atau minuman seperti sukrosa, sirup jagung, madu, fruktosa, dekstrosa, maltosa, raw sugar, dan lain sebagainya.

5. Memperbanyak aktivitas fisik

Mengonsumsi makanan manis yang tinggi gula bisa membuat mekanisme otak Anda menghasilkan hormon endorfin secara instan. Endorfin adalah senyawa kimiawi yang bisa membuat Anda senang dan rileks. Sensasi inilah yang membuat tubuh Anda jadi kecanduan dengan apapun yang berbau manis.

Nah, salah satu cara terbaik untuk mengatasi kebiasaan buruk ini adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Dengan aktivitas fisik, tubuh juga akan melepaskan endorfin yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari mengonsumsi makanan manis. Tidak hanya itu, aktivitas pun bisa membantu tubuh menyerap nutrisi makanan lebih baik. Aktivitas ringan seperti jalan kaki, lari, atau sekedar beres-beres rumah bisa membuat ngidam makanan manis menjadi terabaikan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca