home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara yang Bisa Menghilangkan Ngantuk yang Efektif Saat Belajar

6 Cara yang Bisa Menghilangkan Ngantuk yang Efektif Saat Belajar

Mengantuk adalah salah satu hambatan utama bagi kebanyakan orang saat sedang fokus belajar. Setelah beberapa menit membaca materi pelajaran, mata langsung terasa berat disertai dengan menguap yang tak kunjung berhenti. Lalu, bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat belajar? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Penyebab cepat mengantuk saat belajar

kenapa masih mengantuk padahal sudah cukup tidur

Mengantuk saat belajar sangat umum terjadi pada semua orang dari berbagai kelompok usia. Rasa ngantuk dapat terasa tak hanya ketika sedang belajar sendirian, tetapi juga saat belajar bersama dalam ruang kelas.

Banyak hal yang mendasari fenomena yang terjadi pada tubuh ini. Akan tetapi, tingkat konsentrasi pelajar cenderung menurun karena mengantuk setelah sekitar 10 menit pertama dalam kelas.

Nah, sebelum mencari tahu cara menghilangkan ngantuk saat belajar, Anda perlu memahami terlebih dahulu, apa saja kondisi yang dapat menyebabkan hal ini terjadi, seperti makan terlalu berlebihan.

Umumnya, mengantuk setelah makan merupakan hal yang wajar dan Anda tak perlu merasa khawatir karena hal tersebut. Pasalnya, rasa kantuk ini biasanya akan hilang setelah beberapa saat.

Saat porsi makanan yang dikonsumsi terlalu banyak, Anda akan merasa kekenyangan, sehingga memicu timbulnya rasa mengantuk saat belajar yang sulit hilang.

Selain itu, jika sering merasa mengantuk saat sedang belajar, mungkin Anda mengidap hipersomnia. Ini adalah kondisi saat seseorang terus mengantuk sepanjang hari atau menghabiskan waktu terlalu lama untuk tidur.

Setiap menjalani aktivitas yang memerlukan konsentrasi, pengidap hipersomnia akan langsung merasakan rasa kantuk yang amat sangat. Bahkan, meskipun pada malam sebelumnya telah tidur dengan waktu yang cukup.

Nah, salah satu dari kondisi tersebut memiliki potensi menjadi penyebab rasa kantuk yang hadir saat sedang belajar. Untuk mengatasinya, Anda perlu memahami berbagai cara menghilangkan ngantuk saat belajar berikut ini.

Cara menghilangkan ngantuk saat belajar

Belajar saat jam sekolah, ketika bekerja, maupun mengerjakan sesuatu sampai harus begadang pada malam hari pasti tak luput dari serangan rasa kantuk. Coba beberapa cara berikut ini agar dapat menghilangkan ngantuk saat belajar secara alami:

1. Berdiri lalu bergerak

Mungkin, cara ini agak sulit untuk Anda lakukan ketika sedang belajar di ruang kelas. Akan tetapi, cara untuk menghilangkan ngantuk ini bisa Anda coba saat belajar mandiri.

Cara ini dapat meningkatkan energi, membantu Anda tetap terjaga, dan membantu melepaskan stres yang mungkin Anda rasakan saat belajar, khususnya menjelang ujian.

Dengan bergerak seperti berjalan-jalan berkeliling kelas atau halaman rumah, jantung dapat memompa darah lebih cepat. Alhasil, energi yang hilang akan kembali dan konsentrasi Anda akan semakin meningkat.

2. Gunakan cahaya yang memadai

Tubuh kita dapat memberikan respons terhadap sinyal yang berasal dari lingkungan, seperti cahaya dan kegelapan. Jika Anda terbiasa tidur dalam kondisi gelap, tak heran jika belajar dengan pencahayaan yang kurang berpotensi mengundang rasa kantuk.

Sementara itu, tubuh mungkin akan menangkap sinyal berbeda dari cahaya terang benderang. Artinya, Anda mungkin akan lebih mudah terjaga karena tubuh menerima sinyal untuk tetap terjaga saat ada cahaya.

Hal ini bisa saja terjadi karena protein dalam tubuh yang teraktivasi saat tubuh terpapar oleh sinar. Oleh sebab itu, jika ingin belajar, cobalah untuk menggunakan cahaya yang memadai. Cara ini dapat membantu Anda menghilangkan rasa ngantuk saat belajar.

3. Duduk yang tegak

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa ngantuk saat belajar adalah duduk dengan tegak. Ya, alih-alih duduk sambil bersender atau duduk setengah tidur, lebih baik duduklah dengan tegak saat sedang belajar.

Hal ini sedikit banyak dapat membantu Anda untuk tidak mudah mengantuk. Apalagi, jika belajar sambil berbaring, aktivitas pada sistem saraf parasimpatetik yang berfungsi untuk beristirahat akan meningkat.

Sementara, jika duduk dengan tegak, aktivitas pada saraf simpatetik yang berfungsi mengontrol agar tetap fokus lah yang akan meningkat. Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu duduk dengan tegak saat belajar.

4. Konsumsi makanan sehat

Anda tentu tidak akan merasa keberatan dengan cara menghilangkan ngantuk saat belajar yang satu ini. Akan tetapi, perlu ketelitian dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi.

Sebagai contoh, cokelat dapat menjadi pilihan ketika Anda merasa kadar gula darah menurun. Namun, jumlahnya tidak boleh berlebihan, atau lebih baik secukupnya saja.

Lalu, Anda juga bisa mengonsumsi yoghurt dan buah-buahan segar sebagai alternatif pilihan camilan sehat untuk melawan rasa mengantuk saat belajar.

5. Perbanyak minum air

Saat cairan dalam tubuh tetap terjaga, darah dapat terus membawa oksigen dan berbagai nutrisi yang otak butuhkan. Alhasil, Anda akan tetap bisa fokus saat belajar.

Masalahnya, sedikit saja tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, Anda akan langsung merasakan kelelahan, cepat merasa emosional, dan tentu saja mengantuk saat belajar atau berkonsentrasi.

Oleh sebab itu, saat sedang belajar, pastikan untuk minum air yang banyak. Hal ini penting, khususnya bagi Anda yang aktif berkegiatan agar tetap bisa fokus belajar.

6. Tidur yang cukup

Kurang tidur dan berbagai gangguan tidur lainnya dapat menyebabkan Anda mengantuk pada siang hari, termasuk saat sedang belajar. Oleh sebab itu, salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar adalah dengan tidur yang cukup.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan menjaga kualitas tidur pada malam hari. Namun, tak hanya itu saja, Anda juga bisa mencoba untuk tidur pada siang hari.

Selain dapat membantu Anda mengembalikan energi, menurut salah satu peneltian tahun 2019, tidur siang juga dapat membantu meningkatkan memori belajar.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Muehlhan, M., Marxen, M., Landsiedel, J., Malberg, H., & Zaunseder, S. (2014). The effect of body posture on cognitive performance: a question of sleep quality. Frontiers in human neuroscience8, 171. https://doi.org/10.3389/fnhum.2014.00171

Mualem, R., Leisman, G., Zbedat, Y., Ganem, S., Mualem, O., Amaria, M., Kozle, A., Khayat-Moughrabi, S., & Ornai, A. (2018). The Effect of Movement on Cognitive Performance. Frontiers in public health6, 100. https://doi.org/10.3389/fpubh.2018.00100

Cousins, J. N., Wong, K. F., Raghunath, B. L., Look, C., & Chee, M. (2019). The long-term memory benefits of a daytime nap compared with cramming. Sleep42(1), zsy207. https://doi.org/10.1093/sleep/zsy207

 

 

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Annisa Hapsari pada 13/05/2021
x