Definisi

Apa itu gangguan TMJ?

Sendi temporomandibular, yang disingkat TMJ (temporomandibular joint), adalah sendi dan otot rahang untuk membuka dan menutup mulut. Terletak pada setiap sisi kepala, sendi TMJ bekerja sama saat Anda mengunyah, berbicara, atau menelan, serta melibatkan otot dan ligamen serta tulang rahang. Sendi ini juga mengendalikan rahang bawah saat bergerak ke depan, ke belakang, dan menyamping.

Setiap TMJ memiliki piringan di antara bola dan soket. Piringan menyokong beban dan membuka rahang dengan lebar, memutar atau menggeser. Adanya masalah yang mencegah sistem kompleks yang terdiri dari otot, ligamen, piringan dan tulang dari bekerja dengan tepat dapat menyebabkan gangguan TMJ yang menyakitkan.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala gangguan tmj?

Tanda-tanda dan gejala dari gangguan TMJ dapat meliputi:

  • Nyeri pada rahang
  • Rasa sakit pada bagian dalam dan sekitar telinga
  • Kesulitan atau rasa tidak nyaman saat mengunyah
  • Nyeri pada wajah
  • Terkuncinya sendi, menyebabkan mulut sulit membuka dan menutup

Gangguan TMJ juga dapat menyebabkan suara klik atau sensasi kasar saat Anda membuka mulut atau mengunyah. Namun, apabila tidak ada rasa sakit atau batasan dari pergerakan yang terkait dengan klik pada rahang, Anda mungkin tidak memerlukan perawatan untuk gangguan TMJ.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mengobati gangguan TMJ?

Menyadari kebiasaan yang terkait dengan tensi, seperti menegangkan rahang, menggertakan gigi, atau kebiasaan menggigit-gigit benda seperti pensil, dapat membantu Anda mengurangi frekuensi gangguan. Tips berikut dapat membantu Anda mengurangi gejala dari gangguan TMJ:

  • Hindari penggunaan otot rahang yang berlebih. Konsumsi makanan yang lembut. Potong makanan menjadi potongan-potongan kecil. Hindari makanan lengket atau kenyal, seperti permen karet.
  • Lakukan peregangan dan pijat. Dokter, dokter gigi atau terapis dapat menunjukkan cara latihan untuk meregangkan dan memperkuat otot rahang, serta bagaimana memijat otot Anda sendiri.
  • Panas atau dingin. Menempelkan panas yang hangat dan lembap atau es pada bagian samping wajah dapat meringankan rasa sakit.

Kapan harus diperiksakan ke dokter gigi?

Segera cari perhatian medis apabila Anda memiliki rasa sakit yang tidak kunjung hilang pada rahang, atau jika Anda tidak dapat membuka atau menutup rahang dengan sempurna. Dokter, dokter gigi atau spesialis TMJ dapat membahas kemungkinan penyebab dan perawatan untuk masalah Anda.

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah gangguan TMJ?

Untuk mencegah gangguan TMJ:

  • Jika Anda cenderung memiliki serangan rasa sakit pada rahang, hindari mengunyah permen karet atau menggigit benda-benda, seperti pulpen atau kuku. Hindari makanan keras atau kenyal. Saat Anda menguap, sokong rahang bawah dengan tangan Anda.
  • Kunjungi dokter gigi apabila Anda menggertakkan gigi pada malam hari. Dokter gigi dapat membuatkan semacam bidai untuk Anda.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 14, 2017 | Terakhir Diedit: Juli 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan