home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

9 Manfaat Face Mist yang Bikin Wajah Tampak Segar

9 Manfaat Face Mist yang Bikin Wajah Tampak Segar

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembapan wajah, termasuk mengandalkan produk skincare. Salah satu produk yang kini tengah populer guna melembapkan kulit yaitu face mist. Simak kandungan dan manfaat face mist di bawah ini.

Apa itu face mist?

botol face mist

Face mist adalah produk perawatan kulit (skincare) berisi cairan yang dapat disemprotkan ke kulit wajah.

Isi produk skincare ini bukan sekadar air biasa, melainkan cairan yang mengandung zat untuk mengunci kelembapan kulit, seperti gliserin atau asam hialuronat.

Cara menggunakan face mist pun tergantung kebutuhan dan manfaat yang ingin Anda peroleh.

Selain untuk menghidrasi kulit, face mist dapat digunakan di sela-sela langkah menjaga kesehatan kulit Anda, entah setelah dibaluri kosmetik atau tidak.

Manfaat face mist

Pada dasarnya, fungsi utama face mist yakni menjaga kelembapan kulit wajah. Namun, Anda bisa memperoleh manfaat lainnya dari semprotan ini tergantung kandungan di dalamnya.

Di bawah ini sejumlah manfaat face mist yang tentu sayang Anda lewatkan.

1. Melembapkan kulit

Manfaat face mist yang utama yakni membantu melembapkan kulit. Ada banyak hal yang menyebabkan kulit menjadi kering, seperti cuaca dingin dan terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Alhasil, kulit pun mengering dan bisa terasa bersisik.

Face mist bisa Anda gunakan untuk menjaga kelembapan tersebut. Hal ini dibuktikan melalui studi dari Skin Research and Technology.yang menemukan face mist efektif menghidrasi lapisan terluar kulit, terutama di tengah cuaca atau musim dingin.

2. Mengunci kelembapan ekstra

Selain melembapkan kulit, kegunaan lain dari face mist yakni membantu mengunci kelembapan ekstra di wajah. Anda bisa menggunakan produk skincare ini diantara perawatan kulit dan saat merias wajah agar kulit tetap halus dan kenyal.

Sebagai contoh, cobalah menyemprotkan face mist setelah menggunakan pembersih dan sebelum memakai serum. Dengan langkah ini, face mist mengunci kelembapan yang mungkin hilang saat menggunakan make up.

3. Menyerap minyak berlebih

Beberapa kandungan pada face mist diklaim dapat menyerap minyak berlebih. Alih-alih menggunakan produk bedak translucent, Anda bisa memilih face mist berbahan silk powder atau silika untuk menyerap minyak pada kulit wajah.

Zat-zat tersebut pun dapat membantu memberikan kelembapan ringan. Bila memungkinkan carilah face mist dengan kandungan niacinamide untuk mengatur produksi minyak saat kulit terhidrasi.

4. Meredakan kulit sensitif

Bagi Anda pemilik tipe kulit sensitif, tidak perlu khawatir. Face mist dapat membantu mengurangi tanda kulit sensitif, seperti kemerahan, iritasi, dan mengembalikan kelembapan yang hilang. Namun, Anda tentu membutuhkan kandungan yang tepat.

Usahakan untuk menghindari senyawa alkohol dan wewangian pada produk skincare ini. Sebagai gantinya, cobalah face mist yang mengandung bahan-bahan alami nan lembut, seperti lidah buaya dan air yang kaya akan mineral anti-peradangan.

5. Membantu penyerapan produk skincare lainnya

Siapa sangka bahwa kulit yang lembap dapat menyerap produk apa pun yang Anda pakai dengan cepat. Artinya, kelembapan yang ditawarkan dari kegunaan face mist mungkin dapat memaksimalkan fungsi dari losion, toner, dan produk skincare lainnya.

Jadi, Anda bisa menggunakan face mist sebelum memakai produk skincare. Hal ini bertujuan agar kulit wajah dapat menyerap senyawa bermanfaat dari losion atau serum yang dipakai.

6. Mencegah jerawat

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat dan salah satunya dengan memanfaatkan face mist. Anda bisa memilih clarifying face mist yang biasanya mengandung senyawa exfoliant asam ringan, seperti:

  • asam salisilat,
  • betaine salisilat, atau
  • air kulit pohon willow.

Ketiga bahan tersebut dinilai efektif membersihkan pori-pori dan mencegah jerawat. Untuk itu, pilihlah jenis face mist yang sesuai dengan kondisi kulit sebagai salah satu langkah merawat kulit berjerawat.

7. Membantu membuat riasan tampak natural

Banyak orang yang mungkin menyelesaikan riasan mereka dengan bedak translucent (jenis yang transparan atau tidak berwarna). Sayangnya, produk itu terkadang membikin kulit kering. Face mist hadir untuk membuat riasan tampak natural.

Namun, manfaat face mist ini baru berguna ketika digunakan dengan cermat. Sisa-sisa bubuk bedak yang dipakai akan dilarutkan bersama dengan face mist demi menghasilkan riasan yang tampak natural.

8. Menyegarkan kulit wajah

Bila Anda malas merias ulang wajah, face mist bisa jadi penyelamat. Face mist dapat menyegarkan kembali kulit wajah karena melembapkan dan Anda tidak perlu lagi repot-repot mengulang riasan yang mungkin agak luntur.

Cobalah untuk menyemprotkan produk ini pada wajah, lalu gunakan ujung jari atau kuas guna memperbaiki riasan.

9. Menyiapkan wajah sebelum pakai riasan

Ada produk lain yang pas untuk menyiapkan kulit sebelum memakai make up, yakni setting spray. Meski begitu, Anda masih bisa memanfaatkan face mist untuk memperoleh kulit yang lembap sehingga dapat bantu mempertahankan riasan.

Kandungan alami pada face mist dianggap lebih bersih dan mungkin tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga iritasi pada kulit pun bisa dihindari.

Cara memilih face mist

Bila Anda ingin memakai face mist, ada beragam pilihan yang bisa dicoba. Pilihan ini dapat dilihat sesuai kebutuhan berdasarkan jenis air dan bahan dasar yang terkandung di dalamnya.

Di bawah ini beberapa tips memilih face mist sebelum menggunakan pada kulit wajah Anda.

  • Mempertimbangkan jenis air yang dipakai, seperti air dengan kandungan mineral yang berbeda, air laut, atau air murni biasa.
  • Melihat kandungan face mist, seperti herbal, minyak, atau ekstrak yang disebut dapat menyegarkan hingga mengencangkan kulit.
  • Memilih face mist dengan minyak esensial atau ekstrak herbal bila menyukai aromaterapi.

Meski face mist menawarkan segudang manfaat bagi kulit, Anda tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Ada kemungkinan produk skincare ini tidak cocok bagi tipe kulit Anda.

Bila bingung dengan pilihan-pilihan yang tersedia di pasaran, konsultasikanlah dengan dokter kulit atau ahli dermatologi untuk menemukan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ohno, H., Nishimura, N., Yamada, K., Shimizu, Y., Nishimura, R., & Iwase, S. et al. (2014). Water nanodroplets make a greater contribution to facial skin moisture levels in air-conditioned rooms during winter than in summer. Skin Research And Technology, 21(2), 207-213. doi: 10.1111/srt.12178. Retrieved 23 June 2021. 

Scardelli, L. (2019). The Uplifting, Hydrating Power of Rose Water Mists. Healthline. Retrieved 23 June 2021 from https://www.healthline.com/health/beauty-skincare/rose-water-spray-benefits 

Sentry, S. (n.d). Facial Mist Sprays. How Stuff Works. Retrieved 23 June 2021, from https://health.howstuffworks.com/skin-care/cleansing/products/facial-mist-sprays.htm 

Weiner, Z. (2018). Why Face Sprays Are the Must-Have Summer Skin-Care Product of It-Girls Everywhere. Well and Good. Retrieved 23 June 2021, from https://www.wellandgood.com/face-sprays-benefits-from-plants-flowers/ 

Villet, M. (2019). What Is Face Mist: How It Can Help Your Skin and Makeup, Plus the 13 Different Ways You Can Use One. The Skincare Edit. Retrieved 23 June 2021, from https://theskincareedit.com/what-is-face-mist

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 05/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro