home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yuk, Buat Masker Yogurt Sendiri di Rumah Tanpa Mahal dan Ribet!

Yuk, Buat Masker Yogurt Sendiri di Rumah Tanpa Mahal dan Ribet!

Tak hanya jadi camilan sehat, nyatanya yogurt bisa Anda jadikan produk kecantikan alami, lho. Ya, katanya masker yogurt memiliki segudang khasiat bagi kesehatan kulit wajah. Penasaran bagaimana cara membuatnya di rumah? Yuk, simak artikelnya berikut ini.

Nutrisi dalam yogurt yang baik bagi kulit

kulit putih belum tentu kulit sehat

Zink

Zink merupakan mineral penting yang terkenal karena sifat antiradang yang dimilikinya. Zink juga dapat membantu mengatur sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Kalsium

Terbuat dari susu, otomatis membuat yogurt kaya akan kalsium di dalamnya. Nah, pemberian ekstra kalsium di kulit bisa membantu dalam meremajakan sel kulit yang sehat dengan mudah. Jadi, kulit Anda tidak akan terasa kering dan dehidrasi lagi.

Vitamin B

Yogurt kaya akan vitamin B, terutama B2, B5, B12. Vitamin B dalam yogurt berfungsi menjaga kulit tetap terhidrasi dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Asam Laktat

Asam laktat adalah salah satu nutrisi utama dalam yogurt yang sering dijadikan campuran dalam produk skin care. Asam laktat diyakini sebagai pelembab kulit alami yang baik. Asam laktat ini juga berfungsi sebagai agen anti-penuaan dengan mengurangi kerutan dan mencegah kerutan baru

Yuk, buat masker yogurt sendiri!

masker mengecilkan pori-pori

1. Masker yogurt lemon

Tidak perlu repot pergi ke klinik kecantikan yang membuat Anda harus merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk satu kali perawatan saja. Anda bisa mengandalkan masker yogurt dengan campuran lemon untuk membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori.

Caranya gampang, kok. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh yogurt tawar atau plain dengan perasan ¼ lemon, dan 1 sendok teh lidah buaya.

Masker ini akan memberikan efek menyegarkan, mencerahkan, mengurangi minyak berlebih tanpa membuat kulit kering. Jangan lupa untuk bilas masker dengan air bersih, ya setelah pemakaian selama 10 menit.

2. Masker yogurt pisang

Masker yogurt pisang dapat jadi solusi bagi Anda yang punya jerawat membandel. Masker ini juga menggunakan madu yang merupakan obat alami untuk jerawat.

Tak sabar membuatnya? Hancurkan setengah pisang ukuran sedang yang sudah matang hingga halus. Kemudian campurkan dengan yogurt tawar kurang lebih 3 sendok makan, dan tambahkan 1-2 sendok makan madu.

Oleskan campuran ini langsung ke kulit wajah. Tunggu selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

3. Masker yogurt oat

Masker yogurt kali ini benar-benar serbaguna, dari menghaluskan wajah hingga mengencangkan wajah. Masker yogurt yang bisa Anda buat kali ini mengandung oat, madu, putih telur, dan tentunya yogurt.

Pertama seduh oat dalam ½ cangkir air panas. Setelah oat matang, diamkan selama 2-3 menit. Campurkan yogurt tawar, 2 sendok makan madu, dan ½ putih telur mentah hingga rata.

Kemudian, oleskan masker tersebut ke wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Radhakrishnan Maanasi. 2018. 8 Amazing Benefits of Yogurt Face Mask. [Online] Tersedia pada: https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-yogurt-face-mask/#gref (Diakses 8 November 2018)

Reader’s Digest. Tanpa tahun. 13 Must-Follow Recipes for the Perfect Homemade Face Mask. [Online] Tersedia pada: https://www.rd.com/health/beauty/homemade-facial-masks-recipes/ (Diakses 8 November 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 23/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x