home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Penyebab Munculnya Bercak Putih Pada Feses

4 Penyebab Munculnya Bercak Putih Pada Feses

Pernah menemukan bercak atau bintik putih pada feses Anda? Mungkin Anda mengira kalau ini adalah potongan kecil makanan yang tidak tercerna dengan baik dan akhirnya keluar menjadi feses. Padahal, kondisi ini sebenarnya bisa menandakan ada yang tidak beres dalam tubuh Anda, lho.

Apa itu bintik putih pada feses?

Feses merupakan hasil akhir yang normal dari serangkaian proses pencernaan makanan. Secara tidak langsung, feses berperan dalam menunjukkan bagaimana kondisi tubuh Anda pada saat itu. Normalnya, feses memiliki tekstur lembut disertai dengan warna cokelat yang merata.

Munculnya bercak berwarna putih pada feses merupakan tanda ada masalah tersembunyi pada tubuh yang harus segera Anda waspadai. Bintik putih pada feses ini berkisar dari yang berukuran kecil, sedang, hingga besar.

Jika ini terjadi, akan timbul gejala yang berbeda tergantung dari penyebab awalnya. Dalam beberapa kasus, gejala tambahan mungkin juga muncul. Di antaranya diare, BAB yang berbau busuk, berat badan menurun, perut kembung, feses berlendir, dan sakit perut.

Bedakan kemunculan bercak putih di feses dengan feses yang berwarna putih seluruhnya. Sebab perubahan warna putih pada feses menandakan kondisi medis lainnya seperti gangguan pada kantong empedu, hati, atau pankreas.

Apa penyebab utama terjadinya bintik putih di feses?

berapa kali buang air besar

Beberapa kondisi berikut ini ada hubungannya dengan bercak putih pada feses yang Anda alami:

1. Makanan yang tidak tercerna dengan baik

Tidak semua makanan bisa dicerna dengan mudah dalam sistem pencernaan. Ada beberapa jenis makanan yang masih bisa keluar dari tubuh dalam bentuk agak utuh atau tidak hancur dengan sempurna.

Misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, jagung, sayuran berserat tinggi, maupun makanan lainnya. Tekstur dan bentuk yang sulit dicerna ini ternyata bisa berisiko menimbulkan bercak putih di feses Anda.

2. Konsumsi obat-obatan

Bagi Anda yang harus rutin minum obat, ternyata ada jenis obat-obatan tertentu yang bisa menghasilkan bintik putih pada feses. Ya, contohnya saja obat dalam bentuk kapsul dan kaplet, karena luarnya dilapisi dengan salut yang cukup keras.

Ditambah lagi, tidak semua sistem pencernaan bekerja dengan cara yang sama. Sebagian orang mungkin akan kesulitan untuk mencerna kapsul dengan benar, yang akhirnya menyebabkan feses keluar bersama bercak berwarna putih.

Anda bisa mengonsultasikan hal ini lebih lanjut dengan dokter, terlebih bila mengalami gejala lain seperti mual, demam, dan sakit perut. Jika memungkinkan, dokter dapat mengganti bentuk obat berupa pil atau sirup.

3. Parasit

Cacing pita atau cacing kremi memang bukan kondisi umum yang dialami oleh banyak orang, tapi timbulnya bercak putih di feses Anda bisa jadi salah satu gejala utama dari infeksi parasit dalam tubuh. Bercak ini merupakan potongan tubuh cacing yang biasanya berbentuk datar, pipih, dan berukuran kecil.

Penyebab awal biasanya karena makan makanan mentah atau tidak dimasak dengan baik. Kondisi ini kadang disertai dengan diare, sakit perut, hingga rasa gatal di sekitar anus.

4. Infeksi jamur

Infeksi jamur juga bisa menjadi penyebab lain kondisi ini, misalnya infeksi jamur Candida. Peluang Anda akan semakin besar untuk mengalami infeksi jamur bila punya penyakit ataupun perawatan medis yang menurunkan sistem kekebalan tubuh, meliputi HIV/AIDS dan pasien kanker yang sedang kemoterapi.

Adakah cara untuk mengobati bintik putih pada feses?

berapa kali BAB; buang air besar

Tentu ada. Pengobatan akan tetap disesuaikan dengan penyebab awalnya. Jika disebabkan oleh masalah pada organ hati, pankreas, atau kandung empedu, maka obat-obatan medis mungkin bisa mengembalikan fungsi utama. Sementara untuk makanan yang tidak dicerna dengan baik, Anda perlu melakukan sedikit perubahan dalam pola makan harian.

Sampaikan pada dokter bila kondisi ini terjadi semenjak Anda rutin minum jenis obat tertentu. Dokter mungkin akan memberikan alternatif obat lain atau obat yang sama, tapi dengan bentuk berbeda. Selain itu, jika penyebabnya adalah infeksi dari parasit cacing maka obat minum antihelminth yang sebaiknya Anda minum dengan teratur.

Sebaiknya bersihkan seluruh bagian rumah, tempat tidur, kamar mandi, cuci pakaian secara teratur dan jaga kebersihan pribadi guna menghindari infeksi terulang kembali.

Kapan harus ke dokter?

Segera konsultasikan dengan dokter bila Anda mencurigai kondisi feses berbintik putih yang tidak kunjung hilang. Adanya infeksi cacing dalam tubuh juga jangan disepelekan, karena ada obat khusus yang akan bantu memulihkan kondisi. Terutama ketika warna feses benar-benar memutih seluruhnya, ini merupakan tanda ada masalah pada organ dalam tubuh Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

White Specks in Stool. https://www.healthline.com/health/white-specks-in-stool Diakses pada 31 Agustus 2018.

What Cause White Specks in My Poop? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321280.php Diakses pada 31 Agustus 2018.

White Stool: Should I Be Concerned? https://www.mayoclinic.org/white-stool/expert-answers/faq-20058216 Diakses pada 31 Agustus 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 05/09/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x