5 Pengobatan Mastitis (Infeksi Saluran Payudara) Alami di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Mastitis merupakan peradangan dan infeksi pada satu atau lebih saluran payudara yang menyebabkan penderitanya mengalami rasa nyeri saat menyusui. Terkadang, efeknya bisa saja membuat Anda demam dan menggigil. Kondisi ini tentu akan sangat menghambat pemberian ASI untuk si kecil. Untungnya, ada berbagai pengobatan alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mastitis.

Berbagai pengobatan alami untuk mengatasi mastitis

1. Pengobatan mastitis alami dengan daun kubis

kubis

Selain dikenal mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan janin, ternyata sayur kubis juga bisa membantu untuk mengatasi mastitis. Daun kubis berperan sebagai anti-peradangan alami yang akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit saat menyusui.

Langkah pengobatannya, potonglah beberapa lembar kubis lalu selipkan di dalam bra yang Anda gunakan. Biarkan selama beberapa jam, Anda juga bisa mengganti daun kubis setiap berapa jam sekali. Lebih baik lagi jika daun kubis yang Anda gunakan baru dikeluarkan dari kulkas, sensasi dinginnya akan mengurangi rasa nyeri di payudara.

Selain fokus pada pengobatan dengan daun kubis, Anda juga bisa memperlancar ASI lewat sejumlah sayuran lain seperti daun katuk, bawang putih, hingga brokoli. Semua masuk dalam daftar makanan yang memperlancar ASI.

2. Pengobatan mastitis alami dengan bawang putih

bawang putih untuk obat batuk berdahak

Bawang putih dapat menjadi pilihan pengobatan alami untuk mengatasi mastitis karena mengandung komponen anti-bakteri yang akan meningkatkan imunitas tubuh Anda. Terutama jika dikonsumsi mentah-mentah, semua nutrisi yang masih sangat terjaga akan membuat efeknya jadi lebih ampuh.

Caranya, Anda dapat langsung mengonsumsi satu sampai lima siung bawang putih mentah. Namun, bila tidak suka atau sensitif dengan baunya, Anda juga bisa memasaknya terlebih dahulu atau menggunakan suplemen.

3. Kentang

manfaat kentang

Salah satu gejala yang umumnya terjadi ketika Anda terkena mastitis adalah munculnya bercak kemerahan pada payudara. Tidak hanya mengandung antioksidan, kentang mengandung enzim yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Selain itu, vitamin C yang ada di dalamnya juga membantu mengurangi infeksi.

Untuk menggunakannya sebagai pengobatan mastitis alami, iris kentang tipis-tipis dan rendam dalam air selama 15-20 menit. Lalu, tempelkan irisan kentang pada bagian yang terasa sakit selama 15 menit dan ganti dengan irisan yang baru. Ulangi langkah sebanyak 3 kali atau sampai satu jam.

4. Minyak esensial

manfaat minyak kutus kutus

Minyak esensial sudah sering digunakan sebagai salah satu pengobatan alami untuk berbagai penyakit, tak terkecuali mastitis. Minyak esensial juga dapat berfungsi sebagai detox yang akan mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

Salah satu yang bisa Anda coba adalah minyak lavender. Minyak ini memiliki khasiat untuk mengatasi penyumbatan pada saluran payudara yang dapat menyebabkan rasa sakit. Cara menggunakannya, Anda bisa mengoleskan langsung pada bagian yang sakit atau mencampur 2-3 tetes minyak dengan segelas air untuk diminum.

5. Air hangat

cuci tangan air hangat dingin

Air hangat dapat menjadi pengobatan alami yang paling sederhana untuk mengatasi nyeri saat mastitis. Air hangat dipercaya dapat membantu mendorong sirkulasi darah yang akan memerangi peradangan dalam tubuh. Baiknya lagi, air hangat juga membantu melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Agar pengobatan menjadi lebih efektif, ada baiknya Anda melakukan pijatan lembut pada payudara terlebih dahulu. Lalu, kompres payudara dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Pilihan lainnya, Anda bisa mandi air hangat sebelum atau sesudah menyusui.

Hal yang harus diperhatikan selama pengobatan mastitis

Beberapa ibu mungkin jadi enggan menyusui karena khawatir akan berpengaruh terhadap kualitas ASI. Padahal, air ASI masih tetap aman dikonsumsi bayi walaupun Anda menderita mastitis. Selain itu, menyusui juga akan membantu membersihkan infeksi dari tubuh. Menahan ASI terlalu lama di dalam payudara justru akan merusak kandungan baiknya.

Ketika menyusui, pastikan ASI di dalam payudara sudah terkuras habis. Untuk memastikannya, Anda bisa memompa payudara dengan bantuan kompres hangat. Beri ASI dari satu payudara yang terkena mastitis terlebih dahulu sebelum dilanjutkan pada payudara yang satunya. Disarankan juga untuk mengganti posisi beberapa kali selama menyusui.

Selain melakukan pengobatan alami untuk meringankan gejala mastitis, beristirahat yang cukup pun sangat penting untuk menjaga agar sistem imunitas tubuh Anda tetap sehat.

Jika gejala seperti demam tinggi, muntah-muntah, pembengkakan, kemerahan yang memburuk, dan nyeri payudara yang Anda alami tidak membaik, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Share now :

Direview tanggal: Februari 26, 2020 | Terakhir Diedit: Februari 25, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca