home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Manfaat Omega-3 untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan

3 Manfaat Omega-3 untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan

Pernah mendengar pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan si Kecil? Kualitas dari nutrisi pada masa-masa ini sangat krusial untuk kesehatan dan perkembangan selama kehidupan si Kecil, untuk sekarang maupun masa yang akan datang. Dari berbagai nutrisi ini, salah satunya adalah asam lemak omega-3 untuk si Kecil.

Kapan Waktu Untuk Mulai Mengonsumsi Omega-3?

Seribu hari pertama kehidupan artinya mulai dari sejak Ibu mengalami konsepsi hingga si Kecil berusia dua tahun. Omega-3 yang berkualitas tinggi harus sudah menjadi bagian dari suplemen sebelum dan selama Ibu hamil, tidak lupa juga saat memasuki masa menyusui.

Asam lemak omega-3 disebut lemak esensial karena tidak diproduksi oleh tubuh dan harus diperoleh melalui beberapa jenis sumber makanan atau suplemen. Calon ibu harus mempersiapkan setidaknya enam bulan sebelum konsepsi atau pembuahan untuk membangun dan mendapat manfaat omega-3 untuk si Kecil.

Apa Saja Manfaat Omega-3 Untuk si Kecil Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan?

Berikut beberapa manfaat omega-3 untuk si Kecil yang didapat apabila asupan hariannya dapat terpenuhi:

Mengurangi risiko si Kecil lahir prematur

Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatkan asupan asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) selama kehamilan dapat menurunkan risiko si Kecil lahir prematur. Ibu hamil setidaknya harus mengonsumsi DHA (docosahexaenoic acid) 300 mg per hari. Asupan DHA sebanyak 600-800 mg per hari dapat melindungi si Kecil dari lahir prematur.

Memasuki masa menyusui, asupan omega-3 masih dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan si Kecil di masa yang akan datang. Ibu menyusui perlu mengonsumsi 200 mg per hari agar kandungan DHA dalam ASI mencapai 0,3 persen. Jika si Kecil diberi susu formula, kandungan omega-3 dalam formula harus mengandung sebanyak 100 mg DHA dan 140 mg ARA (arachidonic acid) per hari.

Mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil

Dengan asupan harian yang cukup, manfaat omega-3 untuk si Kecil berdampak positif pada pertumbuhan:

  • Otak
  • Mata
  • Daya tahan tubuh
  • Sistem saraf

Mengonsumsi asam lemak omega-3 sangat penting dari mulai sebelum konsepsi sampai masa kehamilan. Bahkan saat Ibu hamil, menjaga tingkat omega-3 lebih penting karena tingkat DHA selama kehamilan akan lebih cepat menurun akibat diberikan pada si Kecil secara selektif.

Memasuki trimester ketiga kehamilan, pertumbuhan otak semakin pesat sehingga kebutuhan DHA semakin bertambah. Untuk itu, asupan omega-3 harus selalu diperhatikan agar terhindar dari defisiensi asam lemak esensial.

Meningkatkan kecerdasan si Kecil

Menurut para peneliti dari University of Kansas, si Kecil dengan ibu yang memiliki tingkat DHA lebih tinggi saat melahirkan, memiliki tingkat konsentrasi lebih baik dan terus berkembang hingga si Kecil menginjak usia dua tahun.

“Tingkat konsentrasi dianggap merupakan komponen penting dalam kecerdasan selama masa awal kehidupan,” ujar John Colombo, Ph.D, peneliti utama dari University of Kansas.

Agar mendapat manfaat omega-3 untuk si Kecil saat hamil, Ibu mungkin akan mengalami sedikit kesulitan. Pasalnya, FDA (Food and Drugs Administration) merekomendasikan asupan sumber makanan seperti ikan dan kerang yang rendah merkuri hanya dua porsi makan dalam seminggu. Sumber omega-3 ini termasuk udang, tuna, salmon, dan lele.

Oleh karena itu, seorang ahli gizi bernama Barbara Levine, PhD, menyarankan untuk menambah asupan omega-3 dari suplemen.

Omega-3 untuk si Kecil merupakan salah satu asam lemak esensial yang perlu diperhatikan selama 1000 hari pertama kehidupan si Kecil. Namun, perlu diingat bahwa tak hanya omega-3 saja, nutrisi lain pun perlu dipenuhi. Ibu dapat selalu berkonsultasi pada dokter mengenai cara memenuhi kebutuhan tersebut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Salynn  Boyles. (2004, July 16). Pregnant? Omega-3 Essential for Baby’s Brain. Retrieved January 26, 2020, from: https://www.webmd.com/baby/news/20040716/pregnant-omega-3-essential-for-babys-brain#1

Troesch, B., & Eggersdorfer, M. (2016). The First 1,000 Days of Life Count: How Micronutrients Impact a Child’s Ability to Grow and Learn – News – Understanding vitamins & more – NUTRI-FACTS. Retrieved January 26, 2020, from: https://www.nutri-facts.org/en_US/news/THE-FIRST-1000-DAYS-OF-LIFE-COUNT-HOW-MICRONUTRIENTS-IMPACT-A-CHILDS-ABILITY-TO-GROW-AND-LEARN.html

American Pregnancy Association. (2013, January 19). Omega-3 Supplementation for the Health of Your Baby. Retrieved January 26, 2020, from: https://americanpregnancy.org/first-year-of-life/omega-3-supplements-baby/

Salynn  Boyles. (2004, July 16). Pregnant? Omega-3 Essential for Baby’s Brain. Retrieved from WebMD website: https://www.webmd.com/baby/news/20040716/pregnant-omega-3-essential-for-babys-brain#1

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal diperbarui 30/03/2020
x