home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Air Mineral untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Air Mineral untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, tubuh kita memerlukan cairan salah satunya berupa mineral karena faktanya, tubuh tidak dapat memproduksi mineral sendiri. Mineral ini bisa didapatkan dari sayur, buah dan juga air mineral. Selain supaya membuat kita bekerja secara optimal, ternyata mengonsumsi air mineral, juga merupakan salah satu cara untuk bantu menurunkan atau menjaga berat badan. Benarkah demikian? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat air mineral bagi kesehatan

Kontribusi air pada kesehatan terbilang cukup vital. Kementerian Kesehatan Indonesia menyatakan bahwa kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Rekomendasi konsumsi air untuk orang dewasa rata-rata adalah sekitar 8 gelas berukuran 230 ml atau 2 liter air mineral per hari.

Sebelum masuk ke pembahasan manfaat air mineral untuk menurunkan berat badan , mengutip dari CDC, air mineral membantu tubuh Anda dalam:

  • Menjaga temperatur tubuh
  • Melumasi dan melindungi sendi Menjaga dan melindungi sendi
  • Melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya Mencegah terjadinya masalah pada sendi tulang belakang
  • Bantu membuang kotoran atau racun dari tubuh melalui air seni, keringat, dan feses

Demi menjaga kadar air dalam tubuh, banyak orang mengandalkan AMDK atau air minum dalam kemasan sebagai solusi yang praktis untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh.khususnya air mineral.

Lalu apa kaitan air mineral dengan proses menurunkan berat badan?

berat badan naik setelah puasa

Air mineral tentu bisa menjaga kadar cairan dalam tubuh. Namun, jurnal Clinical Case in Mineral and Bone Metabolism tahun 2017 mengulas dampak lain dari air mineral alami bagi kesehatan. Jurnal tersebut menyatakan bahwa air mineral memberikan manfaat bagi sistem gastrointestinal (pencernaan) dan metabolisme.

Sementara itu laman John Hopkins University menyebutkan bahwa semakin tubuh terhidrasi maka semakin efektif juga tubuh bekerja. Berbagai fungsi tubuh dapat bekerja lebih baik, mulai dari kemampuan berpikir hingga pembakaran lemak.

Berikut beberapa poin tentang bagaimana mengonsumsi air mineral bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Air secara alami mampu menekan nafsu makan

Ketika merasa lapar, hal pertama yang muncul di pikiran adalah makanan. Padahal, makan belum tentu apa yang tubuh Anda inginkan.

Menurut Melina Jampolis, ahli penyakit dalam dan dokter spesialis nutrisi bersertifikat di AS, “Haus akibat dehidrasi ringan sering disalahartikan oleh otak sebagai rasa lapar”. Dengan kata lain, Anda cukup minum air karena terkadang lapar hanya menandakan tubuh butuh air bukan kalori.

Tak hanya itu, Elizabeth Huggins, seorang ahli gizi di AS, juga menambahkan bahwa minum air sesaat sebelum makan dapat membantu mengurangi asupan makanan.

Studi tahun 2015 menemukan orang yang minum dua gelas air sesaat sebelum makan ternyata memiliki porsi makanan 22% lebih sedikit dibandingkan yang tidak minum terlebih dahulu. Para peneliti percaya jika dengan minum sekitar 500 ml air cukup untuk mengirimkan sinyal pada otak bahwa perut sudah kenyang.

Air menstimulasi metabolisme tubuh yang penting untuk menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dengan minum air atau air mineral berhubungan dengan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lambat merupakan salah satu penyebab berat badan naik. Ketika metabolisme baik, berat badan dapat terjaga.

Studi tahun 2013 yang dimuat dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research meneliti 50 wanita dengan berat badan berlebih. Para peserta mengonsumsi dua gelas air setengah jam sebelum sarapan, makan siang dan malam tanpa perubahan menu makan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan berat badan dan perubahan pada BMI (body mass index) dan angka komposisi tubuh dari para peserta tersebut.

Minum air mineral yang cukup dapat mengurangi stres

Studi dari International Journal of Sports Medicine menemukan bahwa dehidrasi meningkatkan produksi hormon stres. Salah satu dampak dari stres di antaranya mengonsumsi makanan tidak sehat. Dehidrasi juga memicu gejala seperti lemas yang bisa menyebabkan Anda malas untuk berolahraga.

Satu hal yang penting adalah pastikan untuk selalu mengonsumsi air mineral. Air mineral bisa menjadi solusi praktis ketika Anda membutuhkan asupan cairan selama beraktivitas. Namun, selalu pastikan untuk memilih air mineral berkualitas yang kaya akan mineral. Selain itu, penting untuk memastikan air mineral yang Anda peroleh memiliki kemasan yang masih tersegel dan terproteksi dengan baik sehingga aman dari pemalsuan dan kontaminasi bakteri atau virus.

Menjaga kadar air dan mencegah dehidrasi merupakan salah satu kunci dari berat badan ideal. Minum air mineral bahkan bisa membantu menurunkan berat badan apabila Anda pintar-pintar mengatur konsumsinya asalkan cermat mengatur kapan waktu minum air yang tepat dengan tujuan agar Anda bisa menekan nafsu makan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Direktorat P2PTM – Kemenkes RI. (n.d.). Berapa takaran normal air agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh ?  http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infograpihc-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/14/berapa-takaran-normal-air-agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh

CDC – Centers for Disease Control and Prevention. (2020, October 12). Water and Healthier Drinks. https://www.cdc.gov/healthyweight/healthy_eating/water-and-healthier-drinks.html

Quattrini, S. (2016). Natural mineral waters: chemical characteristics and health effects. Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism. https://doi.org/10.11138/ccmbm/2016.13.3.173

Johns Hopkins University. (2020, January 15). Yes, drinking more water may help you lose weight. The Hub; HUB. https://hub.jhu.edu/at-work/2020/01/15/focus-on-wellness-drinking-more-water/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x