Tahukah Anda bahwa diabetes adalah ibu dari segala penyakit? Ya, diabetes atau biasa disebut dengan kencing manis merupakan penyakit yang dapat memengaruhi banyak organ dalam tubuh Anda. Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes dapat menyebabkan banyak komplikasi diabetes. Beberapa organ yang bisa terkena dampak diabetes adalah jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, dan sistem saraf.

Hubungan antara kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol

Kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi, ketiganya menjadi ‘biang’ yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Jika Anda menderita diabetes dan Anda tidak mengontrol penyakit Anda, Anda lebih mungkin untuk mengalami tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi.

Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan peningkatan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Penumpukan lemak ini dapat memengaruhi aliran darah, serta juga dapat meningkatkan risiko penyumbatan dan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis). Aterosklerosis ini kemudian dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Selain menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes juga dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Diabetes cenderung dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

Komplikasi yang bisa ditimbulkan oleh diabetes

Diabetes disebut sebagai ibu dari berbagai penyakit karena diabetes bisa menjadi penyebab dari banyak komplikasi penyakit, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit pada mata, penyakit pada kaki, penyakit saraf, dan masih banyak lagi lainnya.

Komplikasi ini bisa timbul karena kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi. Oleh karena itu, jika Anda penderita diabetes dan tidak ingin menderita komplikasi diabetes, Anda diharuskan untuk mengontrol ketiga hal tersebut. Menerapkan pola makan sehat, melakukan olahraga teratur, berhenti merokok dan konsumsi minuman alkohol, dapat membantu Anda terhindar dari komplikasi diabetes.

Diabetes dapat memengaruhi pembuluh darah dan saraf, dengan cara tersebut maka diabetes dapat memengaruhi seluruh bagian tubuh Anda. Diabetes dapat menyebabkan komplikasi, seperti:

1. Penyakit jantung

Diabetes dapat menyebabkan Anda mengalami tekanan darah tinggi dan juga bisa dihubungkan dengan kadar kolesterol tinggi. Gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga penderita diabetes lebih berisiko untuk mengalami serangan jantung dan stroke. Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum pada orang dengan diabetes.

2. Penyakit ginjal

Selain jantung, ginjal juga menjadi organ penting yang bisa mengalami masalah karena diabetes. Penyebabnya juga sama, yaitu karena kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi. Penyakit ginjal bisa terjadi karena kerusakan pembuluh darah kecil di ginjal yang menyebabkan fungsi ginjal menjadi kurang efisien, bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal. Nefropati diabetes adalah istilah yang menggambarkan penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes.

3. Masalah mata

Salah satu masalah mata yang sering dialami oleh penderita diabetes adalah retinopati diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh pembuluh darah di belakang mata (retina) yang mengalami pembengkakan dan pecah. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada penglihatan, bahkan bisa sampai menyebabkan kebutaan. Lagi-lagi, kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi menjadi pemicu retinopati diabetes, sama seperti penyebab komplikasi lainnya.

4. Kerusakan saraf

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf di seluruh tubuh atau biasa disebut dengan neuropati diabetes. Efek diabetes pada saraf dapat menjadi masalah serius karena saraf ada pada semua fungsi tubuh kita, seperti pada kaki dan tangan, sistem pencernaan, sampai dengan organ seks dan reproduksi.

Jika Anda mengalami kerusakan saraf (neuropati), biasanya Anda akan mengalami:

  • Mati rasa atau kesemutan pada tangan atau kaki
  • Kurangnya gairah pada penis atau klitoris
  • Keringat berlebih
  • Kesadaran perut yang sudah kosong menjadi tertunda

5. Masalah pada pencernaan

Diabetes dapat mempengaruhi pencernaan dengan berbagai cara. Saat diabetes sudah menyebabkan kerusakan saraf pada sistem pencernaan, Anda mungkin akan mengalami mual, sembelit, atau diare.

6. Masalah pada kaki

Diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf pada kaki, infeksi pada kaki, dan masalah aliran darah ke kaki. Kerusakan saraf di daerah kaki disebut dengan neuropati perifer. Saat Anda mengalami hal ini, Anda mungkin akan merasakan nyeri, kesemutan, dan mati rasa pada kaki. Hati-hati jika kaki Anda sudah mati rasa karena Anda bisa saja mengalami luka pada kaki tanpa Anda sadari.

Luka di kaki dapat menyebabkan Anda mengalami infeksi serius yang dapat menyebar ke bagian lain pada tubuh, bahkan kaki Anda bisa diamputasi hanya karena masalah ini. Jika Anda mempunyai diabetes, Anda harus secara teratur memeriksa kaki Anda, jangan menyepelekan hal ini.

7. Masalah gigi

Diabetes juga dapat menyebabkan masalah pada gigi dan gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. Jika Anda mengalami masalah ini, biasanya gusi Anda akan menunjukkan tanda-tanda, seperti memerah, bengkak, dan mudah berdarah. Oleh karena itu, jika Anda menderita diabetes, sebaiknya sikat gigi Anda secara perlahan dan selalu jaga kebersihan mulut Anda. Walaupun menurut Anda masalah gigi dan gusi adalah hal kecil, tetapi secara tidak sadar hal ini dapat menjadi besar dan juga dapat memperburuk penyakit diabetes Anda.

 

BACA JUGA

Sumber
Yang juga perlu Anda baca