Susu Cepat Hamil, Benarkah Efektif untuk Menyuburkan Kandungan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Bila Anda dan pasangan sedang menjalani program hamil, Anda mungkin mudah tergoda untuk menggunakan produk-produk yang menjanjikan kesuburan yang marak dipasarkan. Salah satunya adalah produk susu cepat hamil atau susu untuk program hamil.

Pasalnya, banyak yang bilang ada susu khusus yang bisa jadi solusi bagi pasangan yang ingin segera punya anak. Benarkah wanita perlu minum susu untuk program hamil agar bisa meningkatkan kesuburan? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Fakta tentang susu cepat hamil

Sebenarnya, belum ada solusi yang instan dan mujarab yang bisa membuat wanita cepat hamil, termasuk mengonsumsi susu. Proses kehamilan merupakan proses yang rumit dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh sebab itu, tidak tepat jika percaya bahwa hanya dengan minum susu untuk program hamil, maka Anda bisa segera hamil.

Meski demikian, susu untuk program hamil mungkin memang salah satu faktor yang bisa membantu Anda cepat hamil. Namun, tentu susu ini bukan satu-satunya faktor yang bisa membuat Anda cepat hamil. Melainkan ada banyak faktor lain yang juga harus Anda pertimbangkan.

Pada dasarnya, susu memang memiliki banyak unsur zat gizi di dalamnya. Sebut saja protein, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin D, vitamin B6, fosfor, dan folat. Zat-zat tersebut memang dibutuhkan bagi wanita usia produktif untuk mempersiapkan tubuhnya menyambut kehamilan. 

Di dalam tubuh, susu untuk program hamil memang bisa membantu tubuh agar siap jika Anda cepat hamil. Namun, dengan catatan penyebab Anda belum juga hamil adalah kekurangan berbagai zat gizi yang terkandung dalam susu cepat hamil. Dalam hal ini, susu akan bertindak sebagai suplemen bagi wanita.

Akan tetapi, membantu tubuh agar siap menghadapi kehamilan bukan berarti membuat Anda lebih cepat hamil atau lebih subur. Kedua hal ini harus Anda perhatikan agar tidak salah paham.

Susu untuk program hamil yang dipasarkan saat ini hanya mampu menjaga kesehatan tubuh dan kandungan wanita bila pembuahan terjadi, bukan susu yang sudah pasti dapat membantu Anda bisa cepat hamil. Jadi, fungsinya bukan untuk mempercepat pembuahan.

Apa kandungan susu untuk program hamil yang disarankan?

Untuk mempersiapkan kehamilan dan meningkatkan kesuburan, Academy of Nutrition and Dietetics menganjurkan untuk memilih produk susu yang kaya akan lemak bukan produk susu yang rendah lemak. Pasalnya, keutamaan mengonsumsi susu untuk program agar cepat hamil sebenarnya terletak pada kandungan nutrisi yang terdapat pada susu. 

Sementara, berdasarkan penelitian dalam jurnal Human Reproduction, asupan makanan olahan susu dan susu yang rendah lemak dapat meningkatkan risiko tidak subur, sedangkan makanan olahan susu berlemak tinggi dapat menurunkannya.

Nutrisi penting yang harus dimiliki susu cepat hamil

Nutrisi yang harus ada di dalam produk susu agar cepat hamil, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Protein

Salah satu nutrisi yang terkandung di dalam susu ini dapat meningkatkan kesuburan Anda dengan memberikan nutrisi yang memang dibutuhkan dalam pembentukan hormon. Oleh sebab itu, pilih produk susu untuk program agar cepat hamil yang memiliki kandungan protein.

2. Karbohidrat

Sama halnya dengan protein, karbohidrat juga nutrisi yang sebaiknya ada di dalam susu untuk program agar cepat hamil yang Anda konsumsi. Pasalnya, karbohidrat dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda serat di dalamnya akan bekerja dengan air untuk membantu menghilangkan racun yang berada di dalam tubuh Anda.

3. Vitamin B6

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi vitamin B6 setiap hari dapat membantu Anda memproduksi hormon reproduksi wanita? Anda bisa mendapatkan vitamin ini jika mengonsumsi susu untuk program agar cepat hamil.

4. Vitamin B12

Nutrisi lain yang harus ada pada susu untuk program hamil adalah vitamin B12 atau yang bisa juga dikenal sebagai cobalamin. Vitamin ini sangat penting dikonsumsi untuk mempersiapkan tubuh Anda menghadapi masa kehamilan.

Pasalnya, kekurangan vitamin B12 pada wanita yang sedang melaksanakan program hamil dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi jika berhasil mengandung dan melahirkan. Selain itu, jika seorang wanita kekurangan vitamin B12, kemungkinan terjadinya masalah pada proses ovulasi dan implantasi sel telur yang telah dibuahi semakin besar.

Tidak hanya itu, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Anemia menandakan bahwa jumlah sel darah merah di dalam tubuh terlalu sedikit. Jika sudah demikian, jaringan di dalam tubuh akan kekurangan oksigen yang seharusnya dibawa oleh sel darah merah.

5. Lemak

Wanita yang mengonsumsi satu atau lebih porsi susu tinggi lemak dalam sehari, ternyata lebih subur daripada wanita yang tidak mengonsumsi susu tinggi lemak. Lemak dalam tubuh dibutuhkan untuk merangsang dan menjaga fungsi sistem reproduksi, khususnya ovarium.

Lemak dalam susu bisa mengurangi nafsu makan dan memperlambat pelepasan gula ke aliran darah. Sedangkan produk susu bebas lemak berpotensi mengganggu keseimbangan hormon pada wanita yang menginginkan kehamilan. Susu rendah lemak mengurangi kadar estrogen dan progesteron yang terikat pada lemak sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon untuk mencapai pembuahan.

Namun, sebelum Anda mengonsumsi susu untuk program agar cepat hamil, Anda perlu bijak dalam memilih. Jika Anda sudah minum susu sebanyak satu hingga dua gelas per hari, bukan berarti Anda bisa memilih makan tinggi lemak lainnya setiap saat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih susu untuk program cepat hamil. Namun, jangan meningkatkan asupan kalori harian yang akhirnya mengganggu keseimbangan lemak di dalam tubuh. Pasalnya, kelebihan lemak juga bisa membuat seseorang tidak subur. Apalagi kalau sudah mencapai kelebihan berat badan hingga obesitas.

Disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan serta ahli gizi, sebelum minum susu cepat hamil atau suplemen apa pun untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

6. Vitamin D

Tidak hanya vitamin B12, ternyata kandungan nutrisi yang harus ada pada susu untuk program hamil adalah vitamin D. Pada wanita yang sedang merencanakan program kehamilan, vitamin D dapat meningkatkan kesuburan serta kehamilan yang sehat.

Bahkan, keberadaan vitamin D di dalam tubuh dapat membantu melancarkan serta meningkatkan keberhasilan program kehamilan seperti in vitro vertilization (IVF) yang juga dikenal sebagai program bayi tabung.

Bahkan, sebuah penelitian yang dimuat di dalam jurnal berjudul Fertility and Sterility menjelaskan bahwa seorang wanita yang kadar vitamin D di dalam tubuhnya lebih tinggi memiliki potensi yang lebih tinggi untuk hamil melalui program bayi tabung dibandingkan wanita dengan kadar vitamin D yang lebih rendah.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengonsumsi susu yang dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk program hamil, pilih susu yang memiliki atau telah difortifikasi dengan kandungan vitamin D di dalamnya.

Sebelum Anda membeli susu di supermarket, lebih baik periksa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam susu tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan salah memilih produk susu untuk menemani Anda menghadapi program hamil yang sehat.

7. Kalsium

Selain lemak, kandungan nutrisi yang wajib ada pada susu untuk program hamil adalah kalsium. Berdasarkan sebuah penelitian, kalsium adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk memicu pembentukan embrio.

Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk mengubah pH di dalam saluran reproduksi wanita menjadi basa. Suasana tersebut memudahkan sperma yang masuk ke dalam rahim bergerak menuju sel telur, sehingga mempercepat proses pembuahan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kalsium adalah nutrisi yang cukup penting untuk pembentukan sistem reproduksi yang, proses melahirkan, dan bayi yang sehat. Kalsium paling mudah ditemukan di dalam susu, namun Anda juga bisa meningkatkan asupan kalsium dari yoghurt, bayam, almond butter, dan makanan tinggi kalsium lainnya.

alergi susu saat dewasa

Cara meningkatkan kemungkinan hamil

Seperti dijelaskan di atas, susu cepat hamil mungkin bukan satu-satunya faktor yang bisa membuat Anda cepat hamil. Oleh karenanya, Anda tidak bisa menjadikan susu cepat hamil sebagai jawaban instan untuk pasangan yang ingin segera hamil. Mengonsumsi susu setiap hari mungkin bisa membantu, tapi jangan dijadikan satu-satunya solusi.

Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa cepat hamil selain minum susu? Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan selain mengonsumsi susu setiap hari adalah menjaga kesehatan dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, baik untuk istri maupun suami.

Ini karena selain asupan nutrisi, kehamilan dipengaruhi oleh kesehatan tubuh secara umum. Termasuk berat badan Anda dan pasangan, kondisi genetik, kebiasaan merokok, pola makan sehat, riwayat penyakit yang dimiliki, dan lainnya. Maka itu, jika Anda ingin segera hamil, jangan hanya fokus terhadap susu untuk mempercepat kehamilan. Namun, perhatikan pula kebiasaan-kebiasaan yang seharusnya Anda ubah menjadi kebiasaan yang sehat.

Oleh karena itu, jika Anda sudah rutin minum susu agar cepat hamil, tapi hasilnya tidak kunjung terlihat, segera periksakan diri dan pasangan ke dokter kandungan. Apalagi bila pasangan suami istri sudah mengusahakan kehamilan selama satu tahun dan belum membuahkan hasil juga. Dokter akan membantu Anda mendeteksi masalah dan mencari solusi terbaiknya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 30, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 23, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca