Berbagai Sumber Makanan Tinggi Likopen untuk Mengatasi Masalah Kesuburan Pria

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 5 April 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sekitar 30% kasus sulit hamil dipengaruhi oleh masalah kesuburan pria. Banyak hal yang dapat menyebabkan pria usia produktif tidak subur, terutama radikal bebas yang Anda dapatkan dari makanan tidak sehat dan polusi udara yang dapat merusak kualitas sperma. Nah, periset menyakini bahwa beberapa makanan tertentu dapat membalikkan dampak negatif tersebut. Sejumlah studi melaporkan bahwa jenis makanan untuk kesuburan pria terbaik adalah yang mengandung tinggi likopen, antioksidan pemberi warna cerah pada beberapa buah dan sayuran.

Bagaimana makanan dan lingkungan merusak sperma pria

Sel sperma butuh sekitar 75 hari untuk bertumbuh dan matang. Nah, ada tiga faktor penting yang menjadi perhatian ketika kita membicarakan kualitas sperma, yaitu jumlah sperma, bentuk, dan gerakannya. Jika ada satu saja kelainan dari ketiga faktor ini, risiko pria tidak subur atau bahkan mandul bisa meningkat.

Radikal bebas yang Anda dapat dari makanan tidak sehat dan lingkungan sekitar dalam jangka panjang dapat menurunkan kualitas sperma. Pasalnya, radikal bebas dalam tubuh bersifat merusak sel-sel sehat, termasuk juga sel sperma.

Kerusakan yang ditimbulan oleh radikal bebas terhadap sel sperma dapat mengganggu komposisi DNA, protein, dan membran lemak dari sel sperma sehingga mengacaukan bentuk sperma dan pergerakan atau motilitas sperma. Paparan radikal bebas dalam jangka waktu panjang juga mempersingkat usia hidup sel sperma. Padahal, sel sperma harus memiliki bentuk yang sempurna, kuat, dan bisa berenang cepat agar dapat membuahi sel telur perempuan.

Makanan untuk kesuburan pria harus yang tinggi likopen

Beberapa tahun terakhir, peneliti berlomba-lomba untuk menemukan berbagai macam penangkal radikal bebas. Sejumlah besar bahan makanan pun diteliti sehingga didapatkan beberapa zat yang berpotensi sebagai antioksidan. Salah satu kandungan yang banyak diteliti yaitu likopen. Zat ini merupakan salah satu pembentuk karotenoid, yang dikenal sebagai pigmen pemberi warna cerah pada sayur maupun buah.

Setelah berada di dalam pencernaan, tubuh akan menyerap 20–30 persen dari total likopen yang masuk, kemudian disebar ke beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian yang paling banyak mendapat jatah likopen adalah testis, tempat di mana sperma diproduksi. Likopen akan bereaksi dengan oksidan-oksidan bebas karena potensinya yang terbilang kuat dan sifatnya yang lebih stabil. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa zat ini dapat meningkatkan sistem imun manusia.

Likopen merupakan senyawa yang hanya diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan. Artinya, manusia harus mendapatkan likopen dari luar tubuh karena badan seseorang tidak memproduksinya. Zat ini terbilang murah dan mudah untuk didapat karena banyak terkandung dalam beberapa jenis makanan yang sehari-hari kita temui. Likopen banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna cerah, antara lain:

Akan tetapi, Anda tidak bisa semata-mata hanya mengandalkan asupan likopen saja untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi. Diperlukan juga hal-hal lain guna mengurangi risiko terbentuknya radikal bebas, antara lain gaya hidup sehat, olahraga dan istirahat yang cukup, serta mengelola stres.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan untuk Hamil?

Apakah Anda khawatir puasa pengaruhi kesuburan Anda dan suami? Sebelum Anda menebak-nebak, baca dulu artikel ini jika Anda sedang mengusahakan kehamilan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 29 April 2020 . Waktu baca 3 menit

Fakta Seputar Masa Subur Wanita & Pria yang Penting Diketahui

Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat hamil adalah pada masa subur. Namun, tahukah bagaimana tanda atau ciri Anda telah memasuki masa subur?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 8 April 2020 . Waktu baca 12 menit

Benarkah Wanita yang Jadi Perokok Pasif Berisiko Susah Hamil?

Rokok bukan hanya membahayakan kehamilan, tapi juga dapat membuat perokok pasif susah hamil atau meningkatkan risiko mandul pada wanita perokok pasif.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesuburan, Kehamilan 16 September 2019 . Waktu baca 6 menit

4 Manfaat Tomat Cherry yang Tak Boleh Dilewatkan

Meskipun tidak sepopuler tomat pada umumnya, tomat cherry nyatanya menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Apa saja ya, manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 3 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

premarital check up

Kenapa Perlu Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Pranikah (Premarital Check Up)?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
makan toge

Makan Taoge Bikin Pria Lebih Subur, Fakta atau Mitos?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Kapan kehamilan bisa terdeteksi

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 11 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit
buah untuk berbuka puasa

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 14 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit