backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi
Konten

Manfaat Bangle untuk Ibu Hamil dan Tips Mengonsumsinya

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

Manfaat Bangle untuk Ibu Hamil dan Tips Mengonsumsinya

Bangle adalah salah satu tanaman herbal yang telah turun-temurun digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Nah, salah satu hal yang yang kerap menjadi pertanyaan adalah apakah bangle aman untuk ibu hamil? Simak jawabannya dalam pembahasan di bawah ini.

Apa itu bangle untuk ibu hamil?

Bangle atau yang memiliki nama ilmiah Zingiber cassumunar Roxb. adalah salah satu rimpang dari suku temu-temuan yang masih satu keluarga dengan jahe.

Di beberapa daerah, tanaman herbal ini memiliki sebutan yang berbeda, misalnya panglai (Sunda), bengle (Jawa), padhiyang (Madura), plai (Thailand), dan bulei (Tiongkok).

Menurut sebuah artikel yang dimuat pada jurnal Molecules (2021), bagian akar atau rizom dari bangle mengandung beberapa senyawa aktif, seperti fenilbutenoid dan kurkuminoid.

Nah, senyawa aktif ini dimanfaatkan dalam metode pengobatan tradisional karena punya sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan analgesik yang dapat mengatasi berbagai keluhan.

Sementara itu, belum ada penelitian yang spesifik membahas manfaat dan risiko penggunaan bangle untuk ibu hamil. 

Penggunaan bangle saat hamil perlu dilakukan secara hati-hati. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bangle maupun obat herbal apa pun.

Mitos bangle untuk ibu hamil

Aroma bangle yang lebih menyengat dipercaya membantu ibu hamil terhindar dari gangguan roh jahat dan makhluk halus. Mitosnya, ibu sebaiknya mengaitkan potongan bangle ke baju dengan peniti atau mengoleskan parutan bangle pada kulit.

Apa saja manfaat bangle untuk ibu hamil?

minum teh saat haid

Beberapa studi telah meneliti potensi manfaat rimpang bangle untuk kesehatan berdasarkan kandungan senyawanya. Secara umum, berikut ini adalah beberapa khasiat bangle untuk ibu hamil.

1. Membantu meredakan nyeri saat hamil

Salah satu khasiat utama rimpang bangle berasal dari kandungan senyawa fenilbutenoid yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang kuat.

Sifat dari kedua senyawa tersebut dapat membantu meringankan keluhan umum pada ibu hamil, seperti nyeri otot dan sakit punggung.

Efek anti-inflamasi dari bangle juga memiliki potensi untuk mencegah dan mengobati gangguan terkait peradangan, seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, hingga asma.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Banyak ibu hamil mengalami morning sickness yang ditandai dengan mual dan muntah.

Masalah pencernaan lainnya, seperti perut kembung, bergas, diare, dan sembelit, juga lebih mungkin terjadi selama Anda menjalani masa kehamilan.

Senyawa gingerol dalam rimpang yang sekeluarga dengan jahe ini membantu mempercepat pengosongan lambung sehingga rasa mual dan ingin muntah berangsur hilang.

Selain itu, sifat karminatif dan stimulan pada bangle dapat merangsang gerakan usus sehingga meredakan perut bergas, diare, serta sembelit pada ibu hamil.

3. Menyamarkan stretch mark

Salah satu perubahan kulit yang umum terjadi saat hamil adalah stretch mark. Kondisi ini dapat muncul seiring dengan bertambahnya berat badan Anda.

Sebuah studi menemukan bahwa minyak esensial pada bangle berpotensi untuk menyamarkan stretch mark pada ibu hamil.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Industrial Crops and Products (2019) ini menemukan bahwa ekstrak rimpang Zingiber cassumunar Roxb. dapat merangsang produksi kolagen.

Dengan meningkatnya produksi kolagen, proses perbaikan kerusakan kulit dapat berjalan dengan lebih optimal. Secara tidak langsung, hal ini juga membantu menyamarkan stretch mark

4. Menjaga kesehatan kulit ibu hamil

Penurunan kekebalan tubuh selama masa kehamilan bisa membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit kulit saat hamil yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

Hasil penelitian menemukan bahwa minyak esensial dari rimpang bangle mampu menghasilkan efek antibakteri dan antijamur yang cukup kuat.

Minyak esensial ini diketahui efektif untuk melawan beberapa spesies bakteri dan jamur, seperti Streptococcus pyogenes, Propionibacterium acnes, dan Candida albicans.  

Tips aman menggunakan bangle saat hamil

teh jahe bangle

Sebelum mengonsumsi bangle, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan untuk memastikan dosis dan cara penggunaan yang aman.

Hindari mengonsumsi bangle dalam jumlah berlebihan saat hamil. Biasanya, batas amannya adalah 1 gram per hari (kira-kira setengah sendok teh bangle bubuk atau 1 sendok teh bangle segar parut).

Sama halnya dengan mengonsumsi jahe untuk ibu hamil, berikut ini adalah cara membuat rebusan bangle untuk ibu hamil.

  1. Cuci bersih bangle, lalu kupas dan iris tipis-tipis.
  2. Rebus irisan bangle dengan 1–2 gelas air hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan selama 10–15 menit.
  4. Saring air rebusan bangle kurang-lebih hingga satu cangkir.
  5. Kemudian, tambahkan madu secukupnya dan minum selagi hangat.

Sementara untuk pengobatan topikal (langsung pada kulit), Anda dapat memarut bangle segar dan membalurkannya pada area tubuh yang membutuhkannya.

Apabila Anda mengalami mual berlebihan, sakit perut, diare, atau gejala lainnya setelah menggunakan bangle, hentikan penggunaan dan segera hubungi dokter Anda.

Kesimpulan

  • Bangle (Zingiber cassumunar Roxb.) adalah rimpang yang masih satu keluarga dengan jahe yang memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil.
  • Beberapa manfaat bangle untuk ibu hamil yakni meredakan nyeri, mengatasi morning sickness, meredakan diare dan sembelit, hingga menyamarkan stretch mark.
  • Sebelum mengonsumsi bangle atau obat herbal apa pun, konsultasikan dengan dokter atau bidan untuk menentukan dosis dan aturan pemakaian yang aman.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan