Jangan Malas Bersih-bersih Rumah, Karena Debu yang Menumpuk Bikin Tubuh Gemuk

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi Anda yang jarang atau malas membersihkan rumah, maka jangan kaget jika angka di timbangan melonjak. Faktanya, debu rumah yang tidak dibersihkan selama beberapa waktu bisa bikin tubuh gemuk. Tidak percaya? Begini penjelasannya.

Debu di rumah bisa bikin tubuh gemuk

Hal ini telah dibuktikan dalam oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science & Technology. Penelitian oleh peneliti dari Duke University ini membutikan bahwa tumpukan debu seberat 3 mikrogram saja mampu membuat tubuh gemuk. Namun memang, penelitian ini masih terbatas dilakukan pada tikus lab.

Mereka mengamati perkembangan sel-sel lemak dan kadar lemak pada tikus setelah membagi tikus dalam dua kelompok: satu ditempatkan dalam kandang bersih, satu lagi dalam kandang yang penuh debu. Hasilnya, penambahan berat badan dan jumlah lemak ditemukan lebih tinggi pada tikus yang ditempatkan di dalam kandang yang berdebu, ketimbang tikus yang ada di dalam kandang bersih.

Semakin banyak debu yang menumpuk, makin banyak lemak di dalam tubuh

Mungkin Anda sering meremehkan tumpukan debu yang ada pada permukaan meja atau kolong tempat tidur Anda. Tetapi, debu-debu tersebut ternyata sangat berbahaya. Mengapa? Jadi, menurut para ahli setiap tumpukan debu sebenarnya mengandung zat kimia yang dapat mengganggu hormon endokrin yang disebut dengan endocrine disrupting chemicals (EDCs).

EDCs biasanya banyak ditemukan pada pestisida atau barang yang berbahan metal. World Health Organization menyatakan bahwa zat ini dapat mengganggu reproduksi wanita maupun laki-laki, menurunkan sistem kekebalan tubuh, bahkan menyebabkan perkembangan mental anak terhambat.

Namun dalam penelitian ini, EDCs dikaitkan dengan penumpukan lemak di dalam tubuh. Disebutkan dalam penelitian tersebut bila kandungan kimia yang terkandung di dalam debu-debu meja atau kursi rumah Anda merangsang tubuh untuk menghasilkan trigliserida yang kian banyak.

Trigliserida adalah cadangan lemak yang dimiliki tubuh, jika seseorang memiliki jumlah trigliserida yang banyak maka cenderung memiliki tubuh gemuk. Ya, sederhananya trigliserida adalah tumpukan lemak tubuh Anda yang membuat timbangan meningkat setiap harinya.

gemuk menyebabkan 13 jenis kanker

Apakah jika sudah sering bersih-bersih, saya tidak akan memiliki tubuh gemuk?

Meski telah dibuktikan bahwa terkena debu dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami obesitas, tetapi hal tersebut tetap saja bukan alasan utama mengapa berat badan Anda terus bertambah.

Penyebab utama dari tubuh gemuk adalah mengonsumsi makanan yang berlebihan dan tidak melakukan aktivitas fisik setiap hari. Jadi, bila Anda tak ingin mempunyai tubuh yang gemuk, Anda harus menyesuaikan kalori dengan kebutuhan tubuh serta melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari.

Sering bersih-bersih rumah memang tak menjamin Anda mempunyai berat badan yang ideal, tetapi kegiatan ini bisa Anda andalkan sebagai salah satu kegiatan rutin setiap hari. Dengan membuat tubuh bergerak tiap hari, maka lemak-lemak Anda pun akan terbakar dan hilang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Kuku yang cantengan tak hanya mengerikan untuk dipandang mata, namun bisa terasa menyakitkan dan mungkin bernanah. Begini cara mengobatinya.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit