Apa yang Anda lakukan ketika mengalami sakit flu? Sakit flu bisa dialami oleh siapapun dan kapan pun, terutama ketika sistem kekebalan tubuhnya rendah. Flu atau influenza adalah penyakit infeksi yang sangat mudah sekali menular yang diakibatkan oleh infeksi virus. Virus menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga jika Anda sedang kurang fit dan bugar, Anda pasti akan cepat terserang sakit flu.

Banyak orang yang mengatasi sakit flu dengan minum obat-obatan warung untuk meredakan gejala sakit flu, tetapi sebenarnya Anda tidak memerlukan obat-obatan tersebut, karena tubuh manusia ternyata mampu memulihkan keadaannya sendiri. Bagaimana bisa?

Mengapa saya sering sakit flu?

Hampir semua kelompok usia dapat mengalami infeksi virus influenza, tetapi sangat jarang yang menimbulkan komplikasi berat hingga kematian. Tetapi dalam beberapa kasus yang sangat jarang tersebut, virus influenza bisa jadi sangat berbahaya bagi kelompok umur yang rentan, yaitu anak-anak dan lansia. 

Jika Anda merasa sering mengalami sakit flu, bukan berarti kondisi tersebut membuat Anda dalam masalah besar. Hal tersebut tidak hanya terjadi pada Anda, tetapi jutaan orang di belahan bumi lain mungkin mengalami hal yang sama. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal medis PloS Biology menyatakan bahwa setelah usia 300 tahun maka seseorang akan mengalami flu setidaknya 2 kali dalam 10 tahun terakhir. Sedangkan anak-anak akan mengalami flu paling tidak sekali dalam selang dua tahun.

Lalu kenapa Anda sering mengalami sakit flu? Menurut para peneliti, gejala yang Anda rasakan bisa diakibatkan oleh infeksi virus lain yang mirip dengan virus influenza, padahal ada berbagai macam virus yang tersebar dan penularannya juga mudah. Tetapi, tenang saja saat ini telah ada penelitian baru yang menyatakan bahwa tubuh Anda sebenarnya mampu untuk bertahan terhadap virus influenza dan Anda tidak memerlukan lagi konsumsi obat-obatan.

Tubuh manusia dapat secara alami pulih dari sakit flu akibat infeksi virus influenza

Pernyataan ini datang dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Deakin University, menemukan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk cepat sembuh dari flu dan tidak memerlukan obat-obatan untuk mengatasi gejala yang muncul.

Dalam studi ini, para peneliti berusaha untuk memakai kelemahan virus flu untuk dijadikan kekuatan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga dapat mempercepat virus flu hilang dari tubuh. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Biology pada tahun 2016 ini memang tidak melakukan eksperimennya pada manusia, melainkan pada tikus.

Kemudian, tikus-tikus tersebut diperiksa lebih lanjut dan ditemukan bahwa kelompok tikus yang mempunyai enzim ADAMTS5 di dalam tubuhnya tidak mudah sakit daripada kelompok tikus lainnya yang tidak mempunyai atau jumlah enzim ADAMTS5-nya kurang.

Apa itu enzym ADAMTS5? Mengapa mampu melawan sakit flu tanpa bantuan obat?

Hasil penelitian yang dilakukan pada tikus tersebut menunjukkan bahwa tingkat enzim ADAMTS5 di dalam tubuh mempengaruhi sistem kekebalan tubuh terhadap virus flu. Semakin banyak jumlah enzim yang dimiliki, maka tubuh semakin cepat pulih dan sistem kekebalan cukup kuat untuk melawan virus influenza tanpa bantuan obat-obatan dari luar. 

Sebenarnya, enzim ADAMTS adalah enzim alami yang dimiliki manusia dan berperan dalam menghubungkan antara jaringan di dalam tubuh, mencegah peradangan – termasuk arthritis – pembekuan darah, serta mengatur perpindahan sel-sel tubuh.

Sedangkan enzim ADAMTS5 adalah salah satu sub-jenisnya yang dimiliki manusia. ADAMTS5 ini bertanggung jawab atas tugas yang lebih spesifik, yaitu membantu perpindahan dan transportasi sel-sel imun ke berbagai jaringan tubuh.  Fungsi inilah yang bisa dimanfaatkan manusia untuk menghilangkan dan melawan semua virus-virus yang menginfeksi, termasuk infeksi virus influenza. Enzim ini membuat sel-sel imun bekerja lebih efektif di seluruh bagian tubuh.

Meskipun telah ditemukan obat alami yang dihasilkan oleh tubuh sendiri, tetapi masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut terkait apa yang dapat menurunkan atau meningkatkan kadar enzim ADAMTS5 di dalam tubuh manusia.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca