Kaki Sakit Akibat Berdiri Lama? Begini Cara Mengatasinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Terkadang pekerjaan atau kegiatan Anda mengharuskan Anda untuk berdiri lama, bahkan seharian. Setelah selesai beraktivitas, Anda mungkin baru merasakan dampaknya, seperti kesemutan, nyeri, dan kaki bengkak.. Lalu bagaimana cara menyembuhkan kaki yang sakit akibat berdiri lama? Berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan semua gejala tersebut.

5 cara mengatasi kaki sakit akibat berdiri lama

1. Obat penghilang rasa nyeri

Apabila memang Anda merasa sakit atau nyeri di bagian kaki, Anda dapat meredakannya dengan meminum obat penghilang rasa sakit. Obat penghilang rasa sakit yang bisa Anda gunakan yaitu jenis obat nonsteroidal anti-inflamasi (NSAIDs), seperti ibuprofen atau naproxen, yang dapat Anda temukan di warung-warung. Untuk aturan pakai, lebih baik Anda lihat di kemasan masing-masing obat. Namun jika nyeri berlanjut, Anda sebaiknya pergi memeriksakan diri ke dokter.

2. Sediakan botol air dingin di sekitar Anda untuk meringankan bengkak pada kaki

Salah satu hal yang bisa meringankan rasa sakit, kesemutan, serta bengkak pada kaki Anda adalah es batu atau botol air dingin. Anda bisa menekan-nekan es batu atau botol air dingin tersebut ke bagian kaki Anda yang sakit selama kurang lebih 20 menit. Bahkan anjuran dari American Academy of Orthopeadic Surgeon, sebaiknya Anda melakukan hal tersebut sebanyak 3-4 kali dalam sehari untuk mencegah timbulnya rasa sakit yang parah.

3. Berbaring sambil menyangga kaki

Untuk mengurangi pembengkakan pada kaki, biasakan untuk meninggikan kaki ketika Anda beristirahat di rumah setelah pulang dari berkegiatan. Sebab, pembengkakan ini mungkin terjadi akibat tidak lancarnya aliran darah, sehingga darah tertahan di bagian kaki dan kemudian bengkak. Posisi tersebut dapat membuat aliran darah Anda kembali lancar dan pembengkakan pun berkurang.

4. Memilih sepatu yang tepat adalah kunci utama

Jenis sepatu yang biasa Anda pakai untuk berkegiatan juga memengaruhi rasa sakit dan nyeri yang timbul pada kaki Anda. Jika Anda salah memilih jenis atau ukuran sepatu, jangan heran bila Anda akan merasakan sakit yang lebih parah setelah berdiri lama.

Pastikan untuk menggunakan jenis sepatu yang nyaman, sesuai dengan bentuk  dan ukuran kaki. Tanda bahwa ukuran sepatu Anda pas, tidak kekecilan atau kebesaran yaitu saat berjalan tumit Anda tidak akan bergeser atau berubah posisi dan masih ada sedikit ruang di antara ujung jari kaki dengan sepatu. Bila aktivitas Anda mengharuskan Anda berdiri lama, maka sebaiknya hindari sepatu high heels.

5. Jangan lupa melakukan peregangan sebelum beraktivitas

Timbul rasa kesemutan atau nyeri, padahal baru saja berdiri selama satu atau dua jam dapat diakibatkan karena Anda tidak melakukan peregangan dulu sebelumnya. Ya, melakukan peregangan sebelum beraktivitas ternyata sangat penting, sebab otot-otot Anda butuh beradaptasi dan dilenturkan. Bila hal ini tidak dilakukan maka otot mungkin saja mengalami kram dan akhirnya rasa sakit muncul.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 29, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 23, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca