Beragam Jenis Obat untuk Mengatasi Sinusitis Tanpa Operasi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Sinusitis adalah peradangan pada sinus yang ada di bagian hidung. Banyak yang menganggap bahwa sinusitis adalah gangguan kesehatan yang ringan. Namun sebenarnya, jika kondisi ini tak ditangani dengan baik, infeksinya dapat menyebar ke mata bahkan otak. Untungnya, Anda bisa mengatasi penyakit ini dengan obat-obatan alami serta cara rumahan yang sederhana.

Obat sinusitis alami yang mudah ditemukan di rumah

Sinus merupakan rongga yang terletak di belakang dahi, tulang hidung, pipi, dan mata Anda. Rongga tersebut dapat mengalami peradangan, yang sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Peradangan ini yang disebut dengan sinusitis.

Sinusitis menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri pada wajah, hidung tersumbat, batuk, dan kemampuan indera penciuman berkurang. Namun, gejala-gejala ini ternyata dapat Anda kurangi dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, bahkan mungkin sudah tersedia di rumah Anda.

Berikut adalah berbagai bahan alami atau herbal yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gejala sinusitis:

1. Jahe

Jahe kerap kali diolah menjadi minuman sehat yang bisa memberikan efek hangat pada tubuh Anda. Ternyata di balik itu, jahe juga bermanfaat untuk meringankan infeksi sinusitis dengan bantuan anti-inflamasi alami yang mampu mengurangi peradangan di sinus.

Sebuah studi dari International Journal of Preventive Medicine mengungkapkan bahwa jahe mengandung zat antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi, serta diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda ingin mencoba obat sinusitis alami dari bahan dasar jahe, olahan teh jahe bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Sebab uap yang dihasilkan dari teh jahe mampu meredakan rongga pernapasan dari sumbatan lendir.

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu tradisional yang banyak digunakan dalam olahan-olahan makanan. Bahkan rasanya, jarang sekali masakan Indonesia yang tidak menggunakan bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Ternyata, bahan ini juga punya manfaat baik untuk kesehatan Anda sebagai salah salah satu obat sinusitis alami.

Bawang putih tidak hanya berguna untuk meredakan infeksi sinus secara alami, tapi bisa untuk mencegahnya sejak awal. Sebuah penelitian dari The Cochrane Database of Systematic Reviews menyatakan bahwa bawang putih mengandung zat antimikrobial dan antivirus yang diyakini mampu mencegah pilek, salah satu faktor risiko dari sinusitis.

Bawang putih terkenal memiliki rasa pedas dan aroma yang tajam. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan campuran jus tomat dan jus lemon yang dipanaskan dalam panci selama beberapa menit. Konsumsi minuman ini selama dua kali sehari.

3. Asam lemak omega-3

Konsumsi asam lemak omega-3 ternyata juga disarankan bagi Anda yang ingin mengatasi sinusitis tanpa obat-obatan. Memangnya, apa saja manfaat asam lemak omega-3 untuk penderita sinusitis?

Asam lemak omega-3 adalah lemak esensial yang mengandung zat anti-inflamasi, sehingga baik bagi tubuh untuk melawan peradangan. Selain itu, konsumsi lemak jenis ini dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah alergi yang memicu sinusitis.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah:

  • ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan sarden
  • kacang dan biji-bijian, seperti kacang almond, kacang merah, kacang hijau, dan flax seed
  • buah alpukat

4. Minyak esensial

Minyak esensial tertentu dapat menjadi obat sinusitis alami untuk meredakan dan menghilangkan infeksinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai minyak esensial tertentu yang dapat menghilangkan gejala sinusitis.

Salah satu jenis minyak esensial yang dipercaya dapat mengurangi efek peradangan pada sinusitis adalah eukaliptus. Berdasarkan sebuah artikel dari Alternative Medicine Review, minyak eukaliptus kaya akan cineole, yang efektif menangkal berbagai jenis bakteri, virus, serta jamur.

Ditambah lagi, eukaliptus juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi efek peradangan pada tubuh.

Tak hanya minyak eukaliptus, jenis minyak esensial lainnya seperti oregano juga mengandung bahan aktif carvacrol dan isoeugenol yang dipercaya efektif mengatasi peradangan.

5. Madu

Apakah Anda juga mengalami gejala batuk-batuk dan sakit tenggorokan ketika terkena sinusitis? Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh lendir dari sinus yang mengalir ke belakang tenggorokan. Akibatnya, Anda merasakan sensasi tidak nyaman di tenggorokan, yang terkadang disertai dengan batuk dan suara serak.

Ternyata, Anda bisa memanfaatkan madu sebagai obat untuk mengatasi gejala infeksi sinus yang satu ini. Madu dipercaya sebagai supresan alami untuk mengurangi gejala batuk.

Hal ini dikaji dalam sebuah artikel dari Cochrane. Menurut studi tersebut, memberikan madu dapat membantu mengurangi batuk serta meningkatkan kualitas tidur. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas madu untuk batuk pada sinusitis.

Cara alami lainnya untuk mengatasi sinusitis di rumah

Selain dengan memanfaatkan bahan alami atau obat herbal, Anda juga bisa mencoba cara-cara rumahan yang lebih sederhana untuk mengatasi sinusitis. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Minum air yang banyak

Kunci utama untuk mengatasi sinus selain dengan minum obat adalah memenuhi kebutuhan cairan Anda setiap hari. Minum air putih yang banyak dapat membantu mengencerkan lendir atau ingus yang menumpuk di dalam sinus, sehingga Anda bisa mengeluarkannya dengan mudah.

Selain air putih, Anda bisa juga mendapatkan asupan cairan dari jus buah atau sayur yang mengandung banyak air. Hindari minuman beralkohol dan kafein karena hal tersebut justru berisiko menyebabkan Anda mengalami dehidrasi.

2. Kompres air hangat

Anda juga bisa coba mengompres dengan air hangat untuk mengatasi gejala-gejala infeksi sinus tanpa obat. Gunakan handuk atau kain yang telah dibasahi air hangat. Setelah itu, letakkan handuk tersebut di bagian hidung dan dahi Anda.

Tujuan dari kompres air hangat adalah untuk meringankan tekanan di dalam sinus, sehingga rasa sakit di kepala Anda akan berkurang. Selain itu, kompres juga bisa memberikan kelembapan lebih pada rongga sinus. Dengan demikian, lendir di dalamnya akan mencair dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

3. Jaga kelembapan sinus

Sinusitis juga terkadang bisa disebabkan oleh kelembapan udara yang tidak seimbang, misalnya terlalu kering atau lembap. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba memakai humidifier untuk menjaga kelembapan rumah Anda.

Pemakaian humidifier yang tepat juga bisa membantu meringankan kondisi hidung tersumbat akibat sinusitis, tanpa perlu memakai obat-obatan.

Apabila menggunakan humidifier di rumah Anda tidak memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan baskom yang diisi dengan air panas. Nah, uap yang keluar dari air panas tersebutlah yang bisa Anda manfaatkan sebagai pelembap rongga sinus Anda.

Anda juga disarankan untuk menambahkan minyak esensial ke dalam baskom berisi air panas tersebut. Larutkan 2-3 tetes minyak esensial ke dalam air, kemudian dekatkan wajah Anda ke uap dari baskom. Tutupi wajah Anda dengan handuk, lalu bernapaslah melalui hidung Anda. Pastikan Anda menutup mata selama melakukan cara ini.

Obat sinusitis yang bisa Anda dapatkan di apotek

Pengobatan sinusitis yang bersifat alami tentunya tidak akan bekerja secara efektif jika tidak dibarengi dengan obat-obatan medis. Nah, di bawah ini terdapat berbagai macam obat yang bisa Anda beli dengan dan tanpa resep dokter.

1. Air saline

Pemakaian air garam atau saline terbukti efektif mengatasi beragam jenis gangguan hidung, termasuk sinusitis. Fungsi air saline adalah menjaga kebersihan hidung, mengurangi jumlah kuman, serta membilas iritan lainnya yang menumpuk di dalam hidung.

Air saline tersedia dalam bentuk obat semprot dan bisa Anda peroleh di apotek tanpa resep dokter. Namun, Anda juga dapat membuat sendiri air saline di rumah dengan campuran 400 ml air matang, 1 sendok teh baking soda, serta 1 sendok teh garam.

2. Kortikosteroid

Sinusitis juga dapat diatasi dengan obat kortikosteroid. Obat ini biasanya dapat digunakan dalam bentuk semprotan hidung, obat minum, serta obat suntik.

Kortikosteroid efektif mengurangi peradangan dan pembengkakan di sinus. Selain itu, kortikosteroid juga mampu mengecilkan polip hidung, yang sering kali menjadi penyebab sinusitis.

Namun, penting untuk diketahui bahwa obat kortikosteroid hanya bisa digunakan dengan resep dokter. Obat ini umumnya juga diberikan hanya untuk kasus infeksi sinus yang bersifat kronis dan parah.

3. Dekongestan

Apabila Anda ingin mengurangi gejala hidung tersumbat akibat sinusitis, dekongestan adalah pilihan obat yang tepat. Obat ini membantu mengencerkan lendir atau ingus, sehingga udara lebih mudah keluar-masuk melalui hidung dan Anda dapat bernapas dengan lega.

Sama dengan kortikosteroid, dekongestan hanya dapat Anda gunakan dengan resep dokter. Pemakaian dekongestan yang kurang tepat berisiko menimbulkan efek samping yang tentunya tidak Anda inginkan.

4. Obat pereda nyeri

Sakit kepala atau nyeri akibat sinusitis bisa Anda tangani dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek. Anda bisa memilih obat-obatan seperti paracetamol, ibuprofen, dan aspirin.

5. Antibiotik

Jika sinusitis yang Anda derita sudah tergolong kronis, Anda disarankan untuk menerima pengobatan dengan obat antibiotik.

Ingat, obat ini hanya dapat Anda konsumsi dengan resep dokter. Pemakaian antibiotik yang tidak sesuai dengan arahan dokter berisiko menimbulkan gejala-gejala sinusitis kembali kambuh.

Terkadang, pengobatan alami di rumah cukup untuk mengatasi gejala sinusitis yang bersifat ringan dan akut. Akan tetapi, gejala sinusitis terkadang berlangsung lebih lama dari biasanya dan justru semakin parah. Jika cara-cara di atas sudah Anda coba dan gejala sinusitis tak kunjung mereda, segera kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Sinusitis, Mulai dari Obat Medis hingga Alami

Selain dengan semprot hidung, pijat wajah disebut-sebut dapat membantu mengatasi sinusitis, lho! Tapi jangan sembarangan, pelajari teknik amannya disini!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 Februari 2019 . Waktu baca 8 menit

Komplikasi dari Rinitis Alergi yang Tidak Ditangani

Hidung tersumbat bukan cuma pertanda flu, tapi bisa juga gejala alergi hidung. Sebelum minum obat, cari tahu apa saja komplikasi rinitis alergi.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Alergi, Alergi Hidung dan Mata 6 Februari 2019 . Waktu baca 8 menit

Kanker Sinus

Kanker sinus adalah munculnya sel-sel ganas di rongga hidung. Seberapa berbahaya penyakit ini? Pengobatan apa saja yang bisa dilakukan? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 6 Desember 2018 . Waktu baca 8 menit

Komplikasi dan Bahaya Sinusitis Jika Tak Segera Diobati

Pansinusitis adalah kondisi serius yang tidak boleh disepelekan. Masalah kesehatan yang satu ini menimbulkan gejala yang cukup parah dan mengganggu.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 5 Desember 2018 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sinusitis kronis

Berbagai Tips Seputar Pencegahan Sinusitis yang Wajib Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
sinusitis dan rhinitis

Bagaimana Membedakan Sinusitis dan Rhinitis?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
Konten Bersponsor
menjaga kesehatan hidung

Cara Baru Menjaga Kesehatan Hidung dari Polusi Udara

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27 April 2020 . Waktu baca 4 menit
komplikasi sinusitis

Meski Jarang Terjadi, Ini Komplikasi Sinusitis yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18 Mei 2019 . Waktu baca 3 menit