4 Jenis Obat Sinusitis yang Punya Manfaat yang Berbeda-beda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/07/2018 . 3 menit baca
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Sinusitis adalah peradangan pada sinus yang ada di bagian hidung. Banyak yang menganggap bahwa sinusitis adalah gangguan kesehatan yang ringan. Namun sebenarnya, jika kondisi ini tak ditangani dengan baik, infeksinya dapat menyebar ke mata bahkan otak. Sinusitis juga menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri pada wajah, hidung tersumbat, batuk, dan kemampuan indera penciuman berkurang. Maka itu, biasanya dokter akan memberikan berbagai jenis obat sinusitis. Apa saja obat sinusitis tersebut?

Obat apa saja yang digunakan untuk sinusitis?

1. Antibiotik

Jika sinusitis Anda disebabkan terjadinya infeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan obat sinusitis dengan antibiotik. Antibiotik ini hanya membantu menangani infeksi bakteri. Antibiotik tidak membantu jika sinusitis Anda disebabkan oleh virus atau masalah lain, yang bukan penyebab dari sinusitis.

Dilansir dalam laman Medicinenet, Ada 5 bakteri yang paling sering menyebabkan sinus, yakni:

  • Streptococcus pneumoniae
  • Haemophilus influenzae
  • Moraxella catarrhalis
  • Staphylococcus aureus
  • Staphylococcus pyogenes

Antibiotik yang digunakan seperti amoxicillin (Amoxil), atau amoxivillin-klavulanat (Augmentin). Amoxicilin digunakan sebagai obat lini pertama pengobatan sinus yang tanpa komplikasi dan kasusnya ringan.

Ada juga antibiotik lain yang digunakan bagi orang yang alergi penisilin, seperti cefalor (Ceclor), loracarbef (Lorabid), klaritromisin (Biaxin), azitromisin (Zithkromax), ciprofloxin (Cipro), dan antibiotik lainnya sesuai dengan kondisi tiap individu dari dokter.

2. Obat penghilang nyeri

Salah satu gejala yang ditimbulkan dari sinusitis adalah timbulnya rasa nyeri terutama di bagian wajah. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa orang diberikan obat sinusitis untuk meredakan nyeri, seperti ibuprofen, atau acetaminophen.

Untuk menggunakannya, ikuti petunjuk pada label kemasan dan jangan meminumnya lebih dari 10 hari. Konsultasikan pada dokter Anda untuk mengetahui obat pereda nyeri mana yang paling tepat.

3. Dekongestan

Obat sinusitis ini digunakan untuk melegakan saluran hidung yang tersumbat. Obat ini tersedia dalam bentuk pil yang diminum dan bentuk semprotan hidung. Tersumbatnya saluran hidung terjadi karena lendir yang memblokir saluran hidung dan pembuluh darah yang melapisi hidung jadi mengalami pembengkakan.

Dekongestan bersifat vasokontriksi, yakni bisa membuat pembuluh darah jadi menyusu sehingga saluran hidung bisa kembali lega. Selain itu dekongestan juga bekerja dengan memblok histamin yakni zat kimia dalam tubuh yang menyebabkan pembuluh darah jadi membesar, peradangan, atau gatal.

4. Steroid

Dalam beberapa kasus, dokter meresepkan steroid inhalasi untuk menurunkan pembengkakan di bagian membran sinus. Untuk kasus sinusitis kronis yang berat, kemungkinan penggunaan steroid ini dilakukan melalui mulut (oral). Steroid pada dasarnya digunakan untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Steroid yang digunakan melalui hidung seperti flucticasone (Flonase) atau beclomethasone (Beconsane) digunakan untuk melawan peradangan. Steroid oral digunakan biasanya untuk mengurangi polip besar.

Penggunaan steroid oral ini diberikan pada kasus-kasus tertentu saja karena memiliki efek jangka panjang yang serius, seperti kepadatan tulang yang berkurang dan lebih mudah mengalami infeksi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Meski Jarang Terjadi, Ini Komplikasi Sinusitis yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Walaupun jarang terjadi, ternyata ada berbagai jenis komplikasi sinusitis yang tidak banyak diketahui oleh orang. Nah, simak yuk apa saja komplikasinya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 18/05/2019 . 3 menit baca

3 Teknik Pijat Wajah yang Mudah untuk Mengatasi Gejala Sinusitis

Selain dengan semprot hidung, pijat wajah disebut-sebut dapat membantu mengatasi sinusitis, lho! Tapi jangan sembarangan, pelajari teknik amannya disini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Tips Sehat 26/02/2019 . 5 menit baca

Hidung Tersumbat Terus Tanda Alergi dan Sinusitis, Apa Perbedaannya?

Hidung tersumbat bukan cuma pertanda flu, tapi bisa juga gejala alergi atau sinusitis. Sebelum minum obat, cari tahu dulu perbedaan alergi dan sinusitis.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Kanker Sinus

Kanker sinus adalah munculnya sel-sel ganas di rongga hidung. Seberapa berbahaya penyakit ini? Pengobatan apa saja yang bisa dilakukan? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 06/12/2018 . 1 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

pilek flu bersin Pemeriksaan dokter THT

Kapan Anda Perlu Periksa ke Dokter Spesialis THT?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020 . 3 menit baca
menjaga kesehatan hidung

Cara Baru Menjaga Kesehatan Hidung dari Polusi Udara

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . 4 menit baca
penyebab hidung tersumbat

Apa Penyebab Hidung Tersumbat dan Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020 . 4 menit baca
cara menghilangkan sakit kepala

Kenali Penyebab Pilek yang Disertai dengan Sakit Kepala

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 14/08/2019 . 4 menit baca