Bukan Cuma Wanita, Pria Juga Perlu Perawatan Kulit Wajah. Ini 5 Caranya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Baik itu pria maupun wanita, keduanya perlu melakukan perawatan pada kulit wajah. Pasalnya, perawatan bisa menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Meskipun kulit pria dan wanita berbeda, pada dasarnya perawatan kulit yang dilakukan tak jauh berbeda. Agar tak bingung lagi, simak simak artikel cara merawat wajah pria berikut ini.

Cara merawat wajah pria agar selalu sehat

Kulit wajah merupakan area yang cukup sensitif dibanding kulit lainnya. Kulit ini rentan berjerawat, berubah warna, dan iritasi pada produk tertentu. Untuk itulah kulit wajah Anda butuh perhatian ekstra.

Jika dirawat dengan benar, kulit wajah tentu akan terbebas dari masalah. Dengan begitu, Anda pun tak perlu merasakan sensasi tidak nyaman pada kulit wajah, seperti gatal, panas, atau nyeri. Hal ini pun akan membuat Anda lebih percaya diri, bukan?

Berikut ini beberapa cara penting yang perlu Anda lakukan dalam merawat wajah pria.

1. Ketahui jenis kulit

sabun muka pria dipakai wanita

Menurut American Academy of Dermatology, cara pertama yang harus Anda lakukan untuk merawat wajah pria adalah mengenali jenis kulit wajah Anda. Ingat setiap orang, begitu juga pria, memiliki jenis kulit yang berbeda.

Terlebih lagi, untuk mendapatkan produk skin care yang tepat, Anda perlu mencari produk yang diformulasikan sesuai dengan kondisi kulit.

Ada beberapa jenis kulit yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Kulit sensitif, ditandai dengan munculnya rasa menyengat dan terbakar setelah menggunakan produk tertentu
  • Kulit normal yakni tidak sensitif dan tidak bermasalah
  • Kulit kering ditandai dengan kulit bersisik, kasar, dan gatal
  • Kulit berminyak ditandai dengan pori-pori yang besar dan wajah berkilau
  • Kulit kombinasi, yakni paduan antara kulit berminyak dan kering di area tertentu

2. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit

sabun sirih

Setelah Anda paham jenis kulit, cara merawat wajah pria yang perlu Anda ikuti selanjutnya adalah memilih produk skin care yang tepat. Produk ini meliputi sabun cuci muka, pembersih, dan pelembap.

Jika kulit Anda berminyak dan berjerawat, produk berbasis asam, seperti asam glikolat atau asam salisilat sangat cocok untuk dipilih.

Sementara jika memiliki kulit kering, usahakan untuk menghindari produk yang mengandung alkohol karena bisa memperparah tingkat kekeringan pada kulit.

Bila kulit Anda sensitif, sebaiknya hindari produk yang mengandung alkohol, pewangi, pewarna, dan pilih yang berlabel hypoallergenic (berisiko kecil menyebabkan reaksi alergi).

3. Jangan lupa bersihkan wajah Anda

produk perawatan kulit pria

Setelah menemukan produk perawatan pria yang tepat, cara selanjutnya adalah menggunakan produk untuk merawat wajah secara rutin.

Gunakanlah secara konsisten di pagi hari untuk membersihkan kotoran yang menempel selama Anda tertidur dan malam hari setelah sehatian beraktivitas.

Kuncinya adalah rutin dan disiplin. Bila Anda rajin membersihkan wajah, risiko munculnya jerawat atau komedo akan berkurang. Sebaliknya jika Anda malas, perawatan kulit yang Anda lakukan jadi kurang memuaskan.

4. Pakai pelembap dan tabir surya

perawatan kulit pria

Tak hanya wanita, merawat wajah dengan rajin memakai tabir surya dan pelembap juga jadi cara yang dibutuhkan pria agar kulit tetap sehat. Apalagi jika Anda memiliki kulit yang kering.

Pelembap bisa menjaga kelembapan kulit. Anda bisa menggunakannya lebih dari 2 kali sesuai kebutuhan.

Selain pelembap. Anda juga perlu memakai tabir surya bila Anda bekerja di luar ruangan. Tabir surya bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa memicu penuaan lebih cepat.

5. Konsultasi ke dokter

medical check up yang harus dilakukan pria

Cara terakhir dalam merawat wajah pria adalah konsultasi ke dokter. Jika Anda memang kesulitan menentukan jenis kulit, memilih produk, sekaligus ingin mendapatkan saran perawatan kulit, jangan ragu untuk pergi ke dokter kulit. Dokter akan membantu Anda untuk merawat kulit agar tetap sehat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca