Tak Hanya Menghangatkan, Minyak Telon Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Penggunaan minyak telon sehabis mandi memang sering dilakukan oleh orang Indonesia, terutama untuk menghangatkan bayi. Akan tetapi, minyak ini mempunyai manfaat lain selain untuk menghangatkan tubuh. Simak ulasan berikut ini seputar manfaat minyak telon baik untuk orang dewasa dan bayi. 

Manfaat minyak telon yang mungkin belum Anda ketahui

Pada dasarnya, minyak telon merupakan campuran dari minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa sebagai minyak pembawa. Oleh karena itu, sifat dan manfaatnya pun tidak jauh berbeda dengan ketiga minyak tersebut, seperti:

1. Membantu melindungi dari gigitan serangga

mengatasi gigitan serangga

Campuran minyak kayu putih dengan minyak lainnya pada minyak telon membuat minyak ini memiliki aroma yang kuat. Aroma yang kuat tersebut menyebabkan serangga pun enggan mendekati Anda. 

Pada tahun 2011, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak cajuput yang merupakan bahan utama dari minyak kayu putih memiliki aroma yang dapat mengusir serangga.

Maka itu, ketika Anda menggunakan minyak telon yang mengandung kayu putih, serangga pun akan enggan mendekati tubuh Anda.

2. Mengatasi masalah pernapasan

sistem pernapasan manusia

Tidak hanya untuk melindungi dari gigitan serangga, minyak telon juga punya manfaat untuk membantu mengatasi masalah pernapasan. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak kayu putih pada minyak telon bersifat dekongestan, sehingga membantu Anda meringankan gejala, seperti: 

  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung beringus

Maka itu, menghirup aroma minyak telon juga dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah pernapasan yang Anda alami. 

3. Meringankan kejang otot

kejang otot

Jika Anda mengalami kejang otot dengan rasa sakit yang masih dapat ditoleransi, mengoleskan minyak telon ternyata dapat membantu untuk meredakan kejang tersebut.

Hal tersebut dikarenakan campuran minyak kayu putih dan adas pada minyak telon ini mempunyai efek relaksasi pada otot. Selain itu, eucalyptamint pada minyak kayu putih digunakan sebagai obat untuk mengatasi kejang otot dan radang sendi.

4. Meredakan perut kembung

Bagi Anda yang sering mengalami perut kembung, cobalah untuk mengolesi minyak telon pada perut Anda untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak adas pada minyak telon dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada perut. 

Pada sebuah penelitian tahun 2016 ditemukan bahwa campuran minyak adas dan minyak yang mengandung kurkumin dapat mengurangi gejala pada penderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) ringan.

Penelitian tersebut berlangsung selama 30 hari dan hampir semua peserta melaporkan bahwa perut kembung dan nyeri yang mereka rasakan membaik. 

Meski sering digunakan untuk bayi, nyatanya minyak telon juga membawa manfaat untuk orang dewasadengan kondisi tertentu, seperti tergigit serangga, hidung tersumbat, atau perut kembung.

Akan tetapi, cobalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak telon sebagai obat alternatif.

Efek samping pengunaan minyak telon

Campuran minyak kayu putih dan minyak adas ini sebenarnya sangat aman untuk digunakan. Akan tetapi, masih belum ada penelitian yang benar-benar menunjukkan batas aman manfaat penggunaan minyak telon dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, kemungkinan besar bagi beberapa orang minyak telon akan menimbulkan nyeri perut dan usus.

Manfaat minyak telon sebenarnya hampir sama dengan minyak kayu putih. Akan tetapi, karena ada campuran bahan lainnya membuat minyak telon memiliki aroma yang berbeda. Jangan lupa tanyakan kepada dokter Anda apakah kondisi Anda memungkinkan memakai minyak telon untuk penggunaan sehari-hari.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca