Kupas Tuntas Kandungan Gizi dan 4 Manfaat Sehat Sirup Maple

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Makanan manis merupakan musuh terbesar bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, makanan manis bisa membuat berat badan Anda melonjak drastis bila tidak dikendalikan sebaik mungkin. Sirup maple dapat menjadi salah satu alternatif pemanis alami pengganti gula yang lebih aman untuk Anda. Namun, sudahkah Anda tahu kandungan gizi dan manfaat sirup maple untuk kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan gizi sirup maple

madu vs sirup maple

Sirup maple terbuat dari getah pohon maple yang diolah melalui proses yang alami. Warna sirup maple sangat mirip dengan madu, sama-sama berwarna cokelat dan teksturnya kental.

Karena dibuat secara alami, pemanis yang satu ini diyakini lebih bergizi dan sehat daripada gula. Ini karena sirup maple mengandung sejumlah vitamin, mineral, antioksidan, dan fitokimia yang lebih tinggi daripada gula putih atau sirup jarung tinggi fruktosa.

Untuk mengetahui lebih jelas kandungan gizi sirup maple, mari kita kupas satu per satu di bawah ini.

1. Kalori

Kalori adalah asupan penting yang dibutuhkan oleh semua orang, bahkan bagi Anda yang sedang diet. Kandungan kalori pada sirup maple sangat mirip dengan kandungan kalori pada madu. Dalam setiap satu sendok makan sirup maple mengandung 52 kalori, sedangkan madu mengandung 64 kalori pada takaran yang sama.

2. Zat gizi makro

Makronutrien atau zat gizi makro terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Zat gizi ini diperlukan dalam pertumbuhan, perkembangan, dan menjalankan fungsi tubuh yang normal. Selain itu, tubuh juga membutuhkan makronutrien untuk membentuk energi dan metabolisme tubuh.

Setiap satu sendok makan sirup maple mengandung 13,5 gram karbohidrat, tapi 12,4 gram sendiri berasal dari gula. Selain itu, sirup ini juga mengandung 0,1 gram lemak dalam takaran yang sama.

3. Vitamin dan mineral

Dilihat dari kandungan vitamin dan mineralnya, setiap 100 gram sirup maple mengandung:

  • 7 persen kalsium
  • 6 persen kalium
  • 7 persen zat besi
  • 28 persen zinc
  • 165 persen mangan

Terlihat jelas bahwa sirup maple mengandung sejumlah mineral yang cukup tinggi, terutama mangan dan zinc. Ini artinya, sirup maple dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral harian Anda.

Walau demikian, Anda juga harus berhati-hati dengan kandungan gulanya. Sebab, sirup maple mengandung dua pertiga sukrosa (seperti gula pasir) dan 67 persen gula. Bila dikonsumsi secara berlebihan, hal ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

4. Antioksidan

Dilansir dari Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa sirup maple mengandung 24 zat antioksidan yang berbeda. Beberapa antioksidan utamanya termasuk asam benzoat, asam galat, asam cinnamic, dan berbagai flavanol seperti katekin, epikatekin, rutin, dan quecetin.

Antioksidan bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif inilah yang menjadi dalang timbulnya masalah penuaan dan berbagai penyakit seperti kanker.

Sejumlah manfaat sirup maple untuk kesehatan

sirup maple
Sumber: Dr. Hyman

Nah, kini Anda sudah tahu berbagai nutrisi yang terkandung di dalam sirup maple. Walaupun kadar gulanya cukup tinggi, Anda tetap bisa meraup manfaat sirup maple, lho. Ya, dengan catatan Anda menggunakannya dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

Beberapa manfaat sirup maple untuk kesehatan adalah:

1. Melawan peradangan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada sirup maple dapat membantu Anda melawan sejumlah penyakit akibat peradangan, seperti radang sendi, radang usus, dan penyakit jantung. Tidak hanya itu, kandungan antioksidannya juga dapat mengurangi stres oksidatif, yang bertanggung jawab pada terjadinya penuaan dini dan penurunan kekebalan tubuh.

2. Menurunkan risiko kanker

Lagi-lagi, kandungan antioksidan pada sirup maple memberikan segudang manfaat untuk tubuh, salah satunya dengan melindungi sel dari kerusakan dan mutasi DNA. Seperti yang Anda ketahui, mutasi DNA merupakan asal mula terjadinya kanker dalam tubuh.

Walau demikian, Anda tetap tidak bisa bergantung pada sirup maple saja untuk menurunkan risiko kanker. Namun setidaknya, risikonya dapat diturunkan dengan memilih jenis pemanis alami yang tepat untuk kesehatan Anda.

3. Menjaga kesehatan kulit

Tak jauh berbeda dengan madu, mengoleskan sirup maple ke kulit dapat membantu mengurangi peradangan kulit, kemerahan, flek hitam, dan kulit kering. Manfaat sirup maple ini kian efektif jika dikombinasikan dengan susu, yogurt, gandum, atau madu.

Dengan campuran bahan alami tersebut, Anda bisa membuat masker wajah alami yang dapat melembapkan kulit sekaligus mengurangi bakteri dan tanda-tanda iritasi.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Kebanyakan pemanis yang beredar di pasaran dapat menyebabkan gejala gangguan pencernaan seperti perut kembung, kram, dan sembelit. Kabar baiknya, sebuah studi terbaru dari University of Rhode Island menemukan bahwa masalah pencernaan tersebut dapat dikurangi dengan sirup maple.

Para ahli mengungkapkan bahwa sirup maple mengandung sejenis karbohidrat bernama inulin. Inulin ini tidak dicerna di lambung, tetapi langsung diserap oleh organ usus dan digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik.

Ketika pertumbuhan bakteri baik di usus tetap optimal, maka bakteri tersebut akan membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus merangsang sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh akan lebih mampu melawan penyakit peradangan kronis seperti penyakit Alzheimer.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 28, 2018 | Terakhir Diedit: Juni 4, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca