Setelah begadang semalaman, keesokan harinya Anda mungkin jadi merasa lemas, tak bertenaga, ingin ngemil, atau lapar terus. Anda memang harus berhati-hati kalau kurang tidur. Selain tubuh tidak cukup beristirahat, ternyata kurang tidur juga bisa membuat Anda jadi lapar terus seharian. Jika dibiarkan terus-terusan, tanpa disadari Anda mungkin mengalami kelebihan berat badan. Simak ulasan berikut ini untuk mencari tahu apa kaitan antara kurang tidur dan nafsu makan yang meningkat.

Dari mana datangnya nafsu makan?

Nafsu makan Anda diatur oleh dua jenis hormon dalam tubuh Anda. Hormon yang pertama, ghrelin, memicu nafsu makan Anda sehingga Anda merasa lapar dan akhirnya makan. Sementara itu, hormon kedua yaitu leptin akan menekan nafsu makan. Anda pun jadi tidak selera ketika melihat makanan.

Dalam kondisi yang ideal, kedua hormon ini akan bekerja sama dengan seimbang. Otak akan memproduksi salah satu hormon yang sedang diperlukan tubuh dan menghentikan produksi hormon yang tidak dibutuhkan. Misalnya kalau kebutuhan gizi Anda sudah terpenuhi, otak akan memerintahkan tubuh untuk menghasilkan hormon leptin. Anda pun jadi merasa kenyang.

Kenapa kurang tidur bisa bikin Anda lapar terus?

Kurang tidur akan memengaruhi fungsi otak Anda. Ketika Anda tidur kurang dari 5 jam sehari, sebuah bagian dari sistem otak yang disebut endocannabinoid akan menjadi lebih aktif.

Menurut dr. Erin Hanlon, seorang pakar metabolisme dari University of Chicago, Amerika Serikat reaksi otak yang muncul kalau Anda kurang tidur mirip seperti orang yang mengonsumsi ganja. Zat kimia dari ganja akan mengaktifkan endocannabinoid dan melepaskan hormon ghrelin. Akibatnya, nafsu makan Anda melonjak meskipun kebutuhan gizi Anda sudah tercukupi.

Juru bicara National Sleep Foundation sekaligus Kepala Lynn Health Science Institute di Amerika Serikat, dr. William Orr juga mendukung teori tersebut. Menurut pengamatannya, orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam menunjukkan kadar hormon ghrelin meningkat sementara hormon leptin berkurang cukup drastis. Anda pun jadi merasa lapar terus meskipun sudah makan seperti biasanya.

Kurang tidur bikin Anda ngidam makanan tak sehat

Kalau Anda kurang tidur, Anda tak akan hanya merasa lapar terus. Anda mungkin akan ngidam makanan yang kadar lemak dan kalorinya tinggi. Menurut penelitian yang dipaparkan pada konferensi American Heart Association tahun 2011, kurang tidur membuat Anda kehilangan kira-kira 70 kalori.

Ketika Anda bangun, otak pun memerintahkan tubuh Anda untuk menambah asupan kalori lewat makanan berlemak. Namun, karena hormon yang mengatur nafsu makan Anda tak lagi seimbang, Anda jadi tak merasa kenyang walaupun Anda terus-terusan mengonsumsi makanan atau camilan yang kadar lemak serta kalorinya tinggi. Kelebihan kadar lemak dan kalori dalam tubuh bisa mengarah pada berbagai penyakit serius seperti obesitas, diabetes, serta penyakit jantung.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca